by

Beberapa Posisi Tidur Ibu Hamil 5 Bulan yang Baik Untuk Janin

5/5 (4)

Pada masa kehamilan, terutama posisi tidur ibu hamil 5 bulan harus sangat di perhatikan. Tidak jarang ibu hamil berkeluh kesah merasakan sakit saat tidur dengan posisi yang salah, karena saat kehamilan menginjak bulan ke-5 banyak perubahan yang terjadi. Bukan hanya perubahan fisik, tetapi juga perubahan mental sang ibu. Seorang ibu yang tengah hamil 5 bulan harus memperhatikan perubahan yang terjadi agar tidak panik dalam menghadapinya. Perubahan-perubahan tersebut antara lain : Cukup sering mimpi buruk, Perut buncit semakin jelas, Lebih sering buang air kecil, Tendangan bayi yang lebih kuat, Rasa nyeri pada beberapa bagian sendi sehingga membuat ibu hamil kurang nyaman dan aman. Seorang ibu hamil harus memperhatikan posisi tidurnya, karena tidur merupakan hal yang utama untuk beristirahat dengan rileks dan baik untuk sang ibu juga baik untuk janin yang dikandungnya.

Terkadang, ibu hamil mengalami sakit perut pada usia kehamilan sekitar 4-6 bulan pertama masa kehamilan. Ketika mengalami kendala tersebut, sebaiknya ibu hamil langsung periksakan ke dokter, agar jelas sebab akibat sakit itu terjadi. Pada kehamilan bulan ke-5, ibu hamil hendaknya semakin berhati-hati dalam beraktivitas, agar kandungan terjaga dengan baik. Meskipun ibu hamil merasa sangat nyaman pada kehamilan bulan ke-5, karena pada bulan ke-5 kehamilan seorang ibu tidak lagi mengalami mual dan muntah, tapi tidak sedikit dari ibu hamil yang merasa kurang nyaman dengan posisi tidurnya.

Tips Tidur Ibu Hamil 5 Bulan Agar Lebih Nyaman dan Baik Untuk Janin

  • Tidur 8 jam per hari, ibu hamil harus membiasakan tidur dengan jumlah jam tidur yang rutin selama kehamilan. Kehamilan pada bulan ke-5, ibu hamil harus rutin tidur dalam 8 jam per hari. Tidur selama 8 jam sehari menjadi jumlah yang sangat cukup untuk masa kehamilan.
  • Menghindari kesulitan tidur (Insomnia), untuk menghindari hal ini ibu hamil harus mengurangi aktivitas-aktivitas yang berlebihan terutama menonton Televisi. Menonton dapat dijadikan sebagai hiburan untuk ibu hamil, tetapi menonton dalam jangka waktu yang lama dan berlebihan juga tidak baik. Karena dapat membuat ibu hamil menjadi kesulitan tidur. Jadi, hindari menonton Televisi berlebihan
  • Hindari makanan-makanan Pedas, saat menjelang tidur, ibu hamil dilarang mengonsumsi makanan pedas. Karena saat mengonsumsi makanan pedas ketika hendak tidur, dapat menyebabkan perut mulas. Ketika perut mulas, akan menyebabkan gangguan yang berpengaruh terhadap posisi tidur yang kurang nyaman, dan akan mengganggu janin yang ada di dalam kandungan.
  • Jagan lupa: 9 Amalan Yang Baik Dilakukan Sebelum Tidur.

Beberapa Posisi Tidur Ibu Hamil 5 Bulan yang Baik

  1. Posisi Tidur Miring

Posisi ini merupakan posisi yang paling baik untuk posisi tidur ibu hamil 5 bulan. Posisi yang sangat dianjurkan ialah posisi tidur miring ke Kiri. Posisi ini akan membuat ibu hamil lebih merasa nyaman, begitu juga dengan janin yang bisa bergerak leluasa di dalam kandungan. Selain itu, pasokan oksigen, aliran darah dan nutrisi ke plasenta juga lebih lancar, karena vena cava inferior yang terletak di sebelah kanan tulang punggung tidak tertekan. Posisi tidur miring ke kiri sangat bermanfaat untuk perkembangan janin, pada posisi ini, ginjal sang ibu menjadi lancar dan dapat melakukan fungsinya dengan baik.

Posisi tidur miring ke kiri memang yang paling baik untuk posisi tidur ibu hamil 5 bulan, tetapi posisi tidur miring ke kanan juga sangat baik untuk ibu hamil. Posisi tidur miring ke kanan dapat dijadikan pilihan kedua agar ibu hamil lebih nyaman dan tidur dengan nyenyak. Posisi tidur miring ke kanan sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW yang sangat dianjurkan untuk dilakukan.

  1. Posisi bersandar

Posisi ini dapat dilakukan saat ibu hamil ingin beristirahat sejenak ketika menjelang tidur. Posisi ini dapat dilakukan dengan menaruh bantal dengan dua tumpukan atau lebih yang menyangga belakang kepala, leher, juga punggung. Posisi ini dapat membuat ibu hamil lebih rileks, nyaman dan tenang untuk istirahat. Posisi ini dapat dijadikan pilihan lain jika ibu hamil merasa bosan atau lelah dengan posisi tidur miring yang sering dilakukan. Tidak sedikit ibu hamil yang mengeluh karena posisi tidur miring yang kurang nyaman, posisi tidur ibu hamil 5 bulan dengan bersandar dapat dijadikan pilihan selanjutnya.

  1. Posisi Meninggikan Kaki

Posisi ini dapat diterapkan dalam salah satu posisi tidur ibu hamil 5 bulan. Posisi ini dilakukan dengan menaruh kaki di atas tumpukan bantal, cara ini dapat memperlancar aliran darah balik dari kaki menuju jantung, sehingga dapat mencegah terjadinya pembengkakan pada kaki.

Pada masa kehamilan, kaki merupakan bagian yang sensitif, karena posisinya yang terletak jauh dari jantung, sehingga aliran darahnya terhambat. Saat perut ibu hamil semakin membesar, maka hal tersebut membuat kaki menopang beban tubuh yang semakin berat, dengan meninggikan posisi kaki, akan memperlancar aliran darah ke otak, sehingga mengurangi rasa nyeri dan pusing yang sering di alami ibu hamil.

Di atas merupakan beberapa posisi tidur ibu hamil 5 bulan yang baik dan dianjurkan. Posisi tidur yang harus dihindari ialah posisi tengkurap dan posisi telentang, karena posisi tersebut akan membuat tidak nyaman dan tidak baik untuk perkembangan janin di dalam kandungan. Kandungan yang sehat tidak hanya didapatkan dengan menerapkan posisi tidur tersebut, melainkan ibu hamil juga harus rutin periksakan kehamilan ke bidan atau dokter kandungan, dan harus dibiasakan olahraga atau senam yoga.

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- posisi tidur ibu hamil 5 bulan - posisi janin 5 bulan - posisi tidur yang baik untuk ibu hamil 5 bulan - posisi janin 5 bulan yang baik - https://monitoringclub org/beberapa-posisi-tidur-ibu-hamil-5-bulan-yang-baik-untuk-janin/ - amaalan selama masa hamil 5 bulan - posisi tidur saat hamil 5bulan - posisi tidur hamil 5 bulan - posisi tidur yang nyaman untuk ibu hamil 5 bulan - posisi tidur yang aman untuk ibu hamil 5 bulan

Tentang Penulis: Miaditya Putri - JV

Miaditya Putri - JV
Tim Blogger Media Monitoring Club Kuningan Jawa Barat
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 − seven =