by

BARU! HARGAI – Hari Game Indonesia Telah Ditetapkan

Kabar gembira bagi para gamers Indonesia, karena diperingatinya hari game nasional pada tanggal 8 Agustus 2016. Hari game Indonesia atau bisa disingkat HARGAI ditetapkan sebagai upaya keberpihakan pemerintah kepada pebisnis industri game yang saat ini sedang laku keras di kalangan remaja, anak–anak, maupun orang dewasa. Pada bulan juli 2016 lalu, Menkominfo Rudiantara menyatakan bahwa hari game Indonesia diadakan untuk memberi dukungan terhadap perkembangan komunitas maupun industri game tanah air.

Hari Game Indonesia
Hari Game Indonesia (Gambar: Kominfo)

“Industri Game Online di tanah air memiliki potensi yang baik ke depannya. Saya berharap aplikasi game buatan anak Indonesia bisa dikenal di kancah dunia,” ujar Menkominfo Rudiantara dalam sebuah momen kejuaraan game di Jakarta, tahun lalu. Ditargetkan industri game di Indonesia akan meraih market share lokal tidak kurang dari 50% pada tahun 2020.

Event HARGAI merupakan kerjasama dari beberapa pihak, antara lain pengembang, penerbit, solusi pembayaran, boardgame, dan media di Indonesia. Dan didukung pula oleh Badan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perindustrian beserta Google Play. Event tahunan ini akan memberikan wadah bagi pecinta game di tanah air untuk dapat mendukung dan berpartisipasi dalam pengembangan game di Indonesia. Dan diharapkan juga bagi kaum pemudi pemuda untuk menjadi pelopor pembuatan game asli Indonesia. Event ini diselenggarakan tiap tanggal 8 Agustus.

Penyelenggara utama HARGAI ialah Asosiasi Game Indonesia (AGI) bersama dengan pebisnis game lainnya. Tujuan utama HARGAI ialah sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat yang telah ikut mendukung industri game di Indonesia. Kemudian, diharapkan dengan adanya hari peringatan ini masyarakat umum menjadi lebih peduli terhadap pengembang game lokal beserta karya yang dibuat.

“Dan tentunya ini adalah apresiasi kepada masyarakat Indonesia yang telah mendukung dan mendorong industri game di Indonesia. Besar harapan kami agar masyarakat Indonesia menghargai dan mencintai game-game di Indonesia,” tutur Andi Suryanto, ketua umum AGI. Ia juga berharap HARGAI dapat menyatukan seluruh pecinta game di Indonesia.

Logo HARGAI memiliki makna tersendiri yang mendalam bagi beberapa generasi gamers. Logo HARGAI terdiri atas ikon yang mewakili 4 generasi gamers, yaitu ular tangga, kontroler konsol, mouse, dan mobile phone.

Pertama ular tangga, permainan yang menggunakan papan dan pion ini populer di kalangan gamers yang kira kira sekarang telah berusia 50–70 an. Meski begitu, permainan papan ini masih tetap populer dimainkan. Cara mainnya, kita akan menjalankan pion kita terhadap papan main yang terdiri dari tangga dan ular. Jika pion kita tepat berhenti di tangga, kita bisa naik beberapa tingkat lebih tinggi. Sedangkan, jika pion kita berhenti di ular, kita harus turun beberapa langkah dari posisi kita. Tujuan permainan ini idalah mencapai puncak akhir papan. Ketika bermain, kita harus bergiliran dengan lawan kita. Seberapa jauh langkah kita untuk maju ditentukan oleh angka yang keluar dari dadu yang kita lempar.

Kedua, kontroler konsol atau joystick. Ikon ini mewakili gamers di era 80-an. Konsol game merupakan pelopor game modern yang paling populer di Asia dan Indonesia pada eranya. Game konsol saat ini masih sangat populer di kalangan gamers meskipun beberapa gamesnya dapat dimainkan di PC ataupun HP Android. Game konsol yang terkenal saat ini ialah Playstation, yang sampai sekarang telah mengalami perkembangan dan menghasilkan beberapa jenis Playstation, antara lain PS Vita, PS 4 sampai PS 1, PS portable.

Ikon yang ketiga ialah mouse yang mewakili game PC. Ikon ini mewakili gamers di era 2000-an. Baik game online maupun offline dapat dimainkan di PC. Pebisnis game Indonesia telah berani terjun ke dalam dunia game online. Game online yang terkenal di Indonesia antara lain, Ragnarok Online, Point Blank, Dragon Nest, dan lain-lain.

Ikon keempat ialah HP Android. Ikon ini mewakili gamers di era sekarang. HP Android memiliki beberapa kelebihan dibanding yang lain. Salah satu kelebihannya ialah mudah dibawa kemana–mana sehingga kita dapat memainkan game di HP Android dimana pun kita berada. Salah satu permainan terkenal yang saat ini sedang booming di seluruh dunia ialah Pokemon GO yang dapat dimainkan di HP Android.

Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 1 =