by

Bagaimana Simulasi Kehidupan Planet Mars di Hawai?

Enam ilmuwan yang tinggal selama setahun di dalam kubah pada gunung Hawai. Muncul pada hari Minggu dari percobaan, dimaksudkan untuk mensimulasikan perjalanan ke Mars.

Dilansir dalam situs USA TODAY, penelitian yang didanai Badan Antariksa Amerika (NASA) merupakan terpanjang kedua dari jenisnya, setelah misi Rusia yang berlangsung 520 hari.

Simulasi Kehidupan Planet Mars
Simulasi Kehidupan Planet Mars (Ilustrasi/By The Mars Society [CC BY-SA 3.0 ], via Wikimedia Commons)
Selama simulasi yang dijalankan oleh University of Hawaii, para ilmuwan hanya bisa pergi ke luar saat mengenakan pakaian antariksa, karena mereka bekerja untuk membantu para peneliti memahami bagaimana isolasi misi luar angkasa akan mempengaruhi manusia.

Para peserta misi, diantaranya: Carmel Johnston, Christiane Heinicke, menghormati Sheyna E. Gifford, Andrzej Steward, Cyprien Verseux dan Tristan Bassingthwaighte. Mereka hidup bersama, selama 12 bulan dengan kontak terbatas dari teman, keluarga, dan dunia luar.

Percobaan berlangsung pada tempat terisolasi, berbatu Mauna Loa di pulau terbesar negara Hawaii. Ini bagian dari HI-SEAS (Hawaii Space Exploration Analogue and Simulation) program. HI-SEAS merupakan misi keempat dan terpanjang sampai saat ini.

Kim Binsted, peneliti utama HI-SEAS ‘, mengatakan kepada The Associated Press bahwa para peneliti melihat ke depan untuk masuk ke laut, makan produk segar dan makanan lain yang tidak tersedia di kubah.

Selama percobaan, peserta hampir seluruhnya mandiri, menggunakan pasokan terbatas makanan dan kebutuhan lainnya. Bahkan komunikasi rutin antara kru dan dunia luar terdapat penundaaan 20 menit, untuk meniru keterbatasan berkomunikasi dengan ruang dalam.

Para awak kapal mengatakan, mereka menghadapi beberapa tantangan, termasuk perlunya sumber daya penjatahan terbatas dan kerusakan pipa yang meninggalkan mereka mandi dengan ember selama dua minggu.

HI-SEAS berencana untuk mengirim awak ke dalam simulasi, selama delapan bulan pada suatu waktu di tahun 2017 dan 2018.

Sumber Video: CCTV News

Tentang Penulis: Alan Saumulandi Rosan

Tim Blogger Media Monitoring Club, Founder & First Leader in Rancah Astronomy Club (RAC) - Ciamis - Jawa Barat
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − ten =