by

Aturan Baru Film Import

Aturan Baru Film Import 1
Foto: Yahoo!
Film import yang bakal masuk ke Indonesia nanti akan dikenakan beleid baru pajak film import. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Bambang Brojonegoro. Dalam hal pengenaan pajak baru film import ini, Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang sudah diterbitkan pada 13 Juli 2011. PMK ini memastikan tidak ada penundaan pajak film import sampai dua tahun ke depan. Selain itu, aturan baru ini akan mengenakan hitungan nilai tertentu dalam pengenaan pajak pertambahan nilai (PPN) film import.

Nilai yang menjadi patokan pengenaan PPN adalah sebesar Rp. 12 juta per copy film impor, laku atau tidak. PPN ini pun akan dikenakan pada awal film masuk. Sementara, di beleid yang lama, patokan nilai PPN berdasarkan perkiraan omzet film. Beleid yang baru ini lebih sederhana dan mudah dalam pemungutannya, karena patokan PPN dihitung seragam.

Sumber: Inilah.com

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 9 =