by

Apa itu istidraj?

5/5 (2)

APA ITU ISTIDRAJ ? Mungkin kita pernah berpikir, kok kenapa ya orang itu tidak pernah shalat hidupnya sejahtera dan berkelimpahan rezeki? Nah, kali ini, kita akan membahas tentang Istidraj. ISTIDRAJ itu ialah azab yang diundur oleh ALLAH, namun ALLAH tetap memberikan kepada orang tersebut, kenikmatan dan rejeki:

  1. HARTA YANG BERLIMPAH; padahal tidak pernah bersedekah.
  2. REZEKI BERLIPAT-LIPAT; padahal jarang shalat, tidak senang pada nasehat ulama, dan terus berbuat maksiat..
  3. DIKAGUMI, dan DIHORMATI; padahal akhlak bejat.
  4. DIIKUTI, DITELADANI dan DIIDOLAKAN; padahal bangga mengumbar aurat dalam berpakaian.
  5. SANGAT JARANG DIUJI dengan SAKIT; padahal dosa-dosanya membukit dan menggunung.
  6. TIDAK PERNAH DIBERIKAN MUSIBAH; padahal gaya hidupnya sombong, meremehkan orang lain, angkuh, dan bedebah.
  7. ANAK-ANAKNYA SEHAT-SEHAT, dan CERDAS-CERDAS; padahal diberikan makan dari harta yang diperoleh dengan cara yang haram, seperti menipu, korupsi, riba, dan lain-lain
  8. HIDUPNYA BAHAGIA PENUH CANDA dan TAWA; padahal banyak orang ternoda dan terluka karenanya.
  9. KARIRNYA TERUS MENANJAK; padahal banyak hak yang diinjak-injak
  10. SEMAKIN TUA SEMAKIN MAKMUR; padahal hidup dalam kubangan dosa seumur hidupnya.

Nah, kita harus berhati-hati jika mendapatkan hal di atas, karena itulah yang dinamakan ISTIDRAJ.

ALLAH SWT berfirman:

Artinya:

“Maka Tatkala Mereka Melupakan Peringatan yang telah diberikan kepada mereka, KAMI pun Membukakan Semua Pintu-Pintu Kesenangan Untuk Mereka; Sehingga apabila Mereka Bergembira Dengan Apa yang Telah Diberikan Kepada Mereka, KAMI Siksa Mereka Dengan Sekonyong-Konyong, maka ketika itu mereka terdiam berputus asa.”
(QS. AL-‘AN’?M : 44 )

RASULULLAH SAW bersabda:

“Jika Kamu Melihat ALLAH Memberikan Dunia Kepada Seorang Manusia Pelaku Maksiat, Dengan Sesuatu YANG ia (pelaku maksiat) Sukai,
Maka Sesungguhnya Itu adalah ISTIDRAJ.”
(HR. AHMAD )

Maka janganlah silau dengan kesuksesan dan kemegahan yang ditampilkan seseorang, hendaknya waspada, karena bisa jadi orang tersebut mengalami ISTIDRAJ.

Dan pada Saatnya Nanti, ALLAH SWT tiba-tiba mencabut semua kenikmatan yang diberikan kepada orang tersebut tanpa dia sadari.

Jadi kalau kita sudah beramal saleh, namun kita masih diberikan ujian, dan cobaan, maka itulah tanda kasih sayang ALLAH kepada hamba-hamba-NYA yang saleh berupa pembersihan dan pengampunan atas dosa-dosa yang pernah kita lakukan.

Demikianlah artikel singkat mengenai Apa itu istidraj, semoga bermanfaat dan kita diberikan keselamatan dari istidraj tersebut. Amin

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575