by

Algoritma Baru Satelit, Deteksi Kemiskinan Dari Luar Angkasa

MEDIA MONITORING CLUB – Mencoba untuk mencari dan membantu orang-orang yang tinggal di bagian miskin dunia, bisa dibuat lebih mudah dengan menggunakan citra satelit dan algoritma pembelajaran mesin, menurut sebuah studi baru para peneliti di Stanford University, yang dipublikasikan dalam jurnal Science.

Dikutip dalam situs Red Orbit, kelompok bantuan internasional melakukan survei door-to-door, untuk merekam data pada pendapatan lokal di negara-negara berkembang. Tetapi, Marshall Burke sebagai penulis studi dari Stanford Institute for Economic Policy Research menjelaskan, metode ini bisa mahal dan memakan waktu. Mereka percaya, bahwa mereka telah menemukan alternatif yang lebih efisien.

Pencahayaan Malam di Dunia - NASA
Pencahayaan Malam di Dunia (NASA Earth Observatory/Robert Simmon)

Menurut BBC News dan Christian Science Monitor, apa yang mereka lakukan merupakan mengembangkan algoritma pembelajaran mesin, menggunakan sistem komputer untuk mencari jutaan gambar satelit, penentuan tanda-tanda kemiskinan seperti pencahayaan malam hari yang buruk dan jalan kurang terawat di lima negara Afrika (Tanzania, Uganda, Malawi, Nigeria, dan Rwanda).

“Jika anda memberikan komputer yang cukup data, dapat mengetahui apa yang harus dicari. Kami dilatih dalam model komputer, untuk menemukan hal-hal sebagaimana prediksi kemiskinan, ” ujar Burke.

Data malam, digunakan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi fitur yang berbeda dalam gambar siang hari, termasuk jalan, lahan pertanian, dan perkotaan.

Membandingkan temuan algoritma untuk data survei yang tersedia, mereka menemukan bahwa komputer yang efektif memprediksi distribusi kemiskinan. Para peneliti yakin, bahwa teknik baru tersebut bisa membantu pemerintah dalam menyalurkan dana secara efisien dan juga menghilangkan kebutuhan untuk door-to-door program identifikasi survei yang lebih mahal.

“Kertas kami, menunjukkan kekuatan pembelajaran dalam konteks mesin ini,” ujar Stefano Ermon, asisten profesor di Computer Science of Stanford Woods Institute.

Sumber Video: Neal Jean

Tentang Penulis: Alan Saumulandi Rosan

Tim Blogger Media Monitoring Club, Founder & First Leader in Rancah Astronomy Club (RAC) - Ciamis - Jawa Barat
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + 20 =