by

8 Tips Cepat Bangun Pagi

Bangun pagi menjadi rutinitas yang sulit bagi sebagian orang. Berbagai alasan dijadikan tolak ukur cepat atau lambatnya seseorang bangun di pagi hari. Namun, tahukah anda berapa banyak keuntungan yang didapat dari bangun pagi?

Cara cepat bangun pagi
Cara cepat bangun pagi (Ilustrasi/pixabay)

Matahari terbaik ada di pagi hari dan tubuh manusia membutuhkannya. Sedangkan metabolisme secara optimal juga terjadi di pagi hari. Tubuh akan memproduksi energi lebih banyak di pagi hari dibandingkan pada waktu lainnya. Terlebih bagi seorang ibu rumah tangga, tentunya menjadi rutinitas membangunkan si buah hati untuk bersiap-siap berangkat ke sekolah. Tapi tak semudah itu, para ibu kesulitan membangunkan sang anak. Apalagi jika anak-anak asik bermain di siang hari, mereka pasti akan tidur lelap saat malam hari.

Para pelajar pun kewalahan jika membahas seberapa cepat mereka bangun pagi. Bagaimana tidak, setelah disibukkan dengan kegiatan sekolah, mereka juga harus bertarung dengan tugas-tugas yang menumpuk. Belum lagi jika ada acara jalan-jalan bersama teman-teman. Tak kalah sulitnya bagi seorang pekerja atau karyawan. Terkadang mereka harus lembur sampai tengah malam. Tapi demi sebuah tujuan, mereka harus membuang jauh-jauh rasa ngantuk di pagi harinya.

Semakin besar tanggung jawab seseorang, maka semakin besar pula motivasi seseorang untuk tetap bangun pagi. Seperti halnya seorang ibu rumah tangga. Mereka bertanggung jawab untuk menyiapkan sarapan untuk anak-anak dan suami mereka. Hal itu menjadi sebuah tanggung jawab besar baginya, itulah sebabnya mereka lebih mampu mengendalikan diri untuk terus bangun pagi. Berbeda halnya dengan seorang pengangguran. Mereka akan sulit bangun pagi karena tidak memiliki tanggung jawab atau motivasi. Sungguh sangat disayangkan, karena sebenarnya manfaat dari bangun pagi itu sangat luar biasa.

Semangat dapat dengan mudah timbul dalam diri kita jika membiasakan tubuh untuk bangun pagi. Terlebih jika memang kita telah memiliki tujuan. Hendak kemana, melakukan apa, bersama siapa, bahkan tujuan jangka panjang.
Namun lebih dalam dari itu semua, bertujuan atau tidak, kita tetap harus bangun pagi demi kesehatan tubuh sendiri.
Ada beberapa tips yang dapat membantu untuk lebih cepat bangun pagi, yaitu:

1. Niat

Niat adalah hal utama sebelum melakukan sesuatu. Semua diawali dengan niat. Jika ingin lulus ujian, maka kita harus rajin belajar. Jika ingin kaya, maka kita harus bekerja keras. Jika ingin menulis buku, maka kita harus belajar kepenulisan dan mulai menulis. Segala sesuatu harus diawali dengan niat. Semakin kokoh niat, semakin besar pula kesungguhan kita dalam mencapainya.

Bagi seorang pelajar, niat sangat dibutuhkan. Bahkan sangat penting. Dengan sebuah niat yang kuat, seorang pelajar akan semakin mudah menggapai cita-cita. Niat yang kuat akan timbul jika kita memiliki tujuan. Tujuan menjadi motivasi untuk mengokohkan niat.
Penting bagi seseorang untuk mengetahui jelas apa tujuan dalam hidupnya. Saat ia tahu apa tujuannya, maka akan semakin gigih ia mendaki setiap tangga kesuksesan, salah satunya ialah dengan bangun pagi.

2. Doa

Doa merupakan pelengkap dari sebuah usaha. Tanpa doa, semua hanya harapan tak bertuhan. Karena sebenarnya mengharapkan kasih sayang Tuhan adalah kodrat manusia. Sudah selayaknya, manusia menggantungkan diri pada-Nya. Namun, bukan hanya sekedar doa. Doa juga harus selalu diiringi dengan usaha. Usaha tanpa doa merupakan sebuah kesombongan.

3. Tidur Tepat Waktu

Kebanyakan dari kita melupakan ini. Tidur tepat waktu merupakan salah satu cara untuk bangun tepat waktu pula. Kebanyakan orang menyibukkan diri dengan kegiatan yang tidak penting di malam hari. Seperti menonton bola dan main game. Memang, sesekali tubuh juga butuh hiburan seperti itu. Tapi ingat, hanya sesekali saja. Jangan berlebihan karena akan berakibat fatal bagi kesehatan. Tidur terlalu larut menyebabkan kantung mata menghitam dan badan mudah masuk angin. Apalagi jika ditambah dengan makanan yang kurang bergizi. Jelas, ini akan sangat berpengaruh. Jika kualitas tubuh melemah, tentu akan semakin banyak alasan untuk tidak bangun pagi.

4. Jauhi Handphone dan Alat Elektronik Lainnya.

Bukan berarti anda tidak boleh menggunakan handphone lagi. Handphone, tablet, atau laptop merupakan alat yang sangat penting. Terutama di era globalisasi seperti sekarang ini. Namun, berdasarkan penelitian, sinar handphone atau alat komunikasi lainnya menjadi salah satu faktor tidak dapat tidur tepat waktu. Oleh karena itu, sebaiknya jauhi diri dari benda tersebut saat jam istirahat. Agar tubuh dapat lelap seutuhnya.

5. Minum Air Putih

Minum air putih secara teratur dapat memperlancar sistem metabolisme tubuh. Minum air putih sebelum tidur akan mengembalikan stamina tubuh di pagi hari sehingga kita akan lebih mudah untuk bangun di pagi hari.

Masih ada tips yang bisa membantu Anda untuk bisa bangun pagi yang dapat Anda baca di halaman berikutnya

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- tinggi badan brandon routh - cara bangun pagi cepat - cara bangun pagi dng di awali kegiatan - mengapa seorang wanita garus membiasakan bangun pagi dan rajin - Nem terbesar di Indonesia - tips bangun pagi seorang ibu

Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − 3 =