7 Tips Sukses Memulai Wirausaha

Di negara padat penduduk seperti Indonesia, jumlah angka pengangguran semakin naik saja dari tahun ke tahun. Persaingan yang ketat antara usaha satu dengan usaha lainnya membuat pekerjaan semakin sulit didapatkan. Saat inilah wirausaha menjadi sesuatu yang perlu dicoba. Sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan untuk memulai sebuah usaha sendiri. Dengan modal yang cukup dibarengi tekad yang kuat kita semua bisa memulai sebuah wirausaha sendiri. Lalu, apa saja tips-tips yang dapat digunakan oleh wirausahawan baru? Berikut kami ulas untuk Anda.

1. Memulai Usaha Dengan Bidang Yang Anda Senangi

Semua hal yang kita lakukan akan terasa lebih ringan jika kita menyukainya dari lubuk hati. Langkah awal Anda memulai sebuah usaha ialah Anda harus menyukainya dari hati terdalam Anda.

Cara memulai usaha
Cara memulai usaha (Ilustrasi/pixabay)

Carilah sebuah usaha yang Anda ketahui seluk–beluknya, apalagi jika Anda memiliki kemampuan dalam hal tersebut. Kemampuan ini merupakan modal awal Anda memulai sebuah usaha. Anda bisa memilah–milah sendiri usaha yang kiranya Anda mampu. Namun ingat, setiap usaha pasti memiliki kelemahan dan kelebihannya masing–masing.

2. Memperkirakan Peluang Usaha

Selanjutnya yang harus kita pikirkan ialah seberapa besar peluang yang tersedia untuk memulai usaha baru. Perhatikan lingkungan sekeliling Anda, kira–kira apakah usaha yang akan Anda pilih mampu bersaing dengan produk lain yang lebih dahulu ada? Apakah konsumen akan tertarik dengan produk Anda? Apakah produk Anda mampu memenuhi kebutuhan para konsumen?

Untuk menjawab pertanyaan–pertanyaan ini Anda dapat mencoba hal–hal berikut:

  • Bertanya kepada teman atau orang yang sudah memulai usaha tersebut lebih dahulu. Anda dapat bertanya bagaimana cara menyiasati kendala yang ada, cara memenuhi kebutuhan pasar, dan cara mengembangkan usaha Anda.
  • Mencari referensi lain dengan berjalan ke kota atau ke tempat–tempat lain dimana usaha yang Anda pilih berada. Setelah itu, buatlah catatan ringkas mengenai kekurangan dan kelebihan usaha di masing–masing tempat tersebut. Hal ini akan membantu Anda dalam menentukan usaha Anda di masa depan.
BACA JUGA  10 Tips Sukses Membuka Usaha Baru

3. Memilih Partner Yang Dapat Dipercaya

Setelah memilih usaha yang tepat untuk Anda, saatnya memikirkan perkembangan usaha Anda ke depannya. Jika kita tidak punya modal yang cukup untuk memulai sebuah usaha, kita bisa mencari mitra kerja. Mitra Anda ini harus seseorang yang dapat dipercaya, lebih bagus lagi jika Anda telah mengenalnya dalam waktu lama dan Anda dalam hubungan yang baik dengannya.

Di jaman yang serba maju ini, banyak orang yang tidak dapat dipercaya meskipun kita telah mengenal orang itu sejak lama. Kemungkinan buruknya, ketika usaha Anda telah berjalan cukup lama dan karyawan–karyawan Anda telah lihai dengan kemampuannya, karyawan Anda akan meninggalkan kerja samanya dan mendirikan usaha sendiri.

Kemudian, soal keuangan, kalau bisa Anda sendiri yang memegangnya. Karena di zaman ini, banyak orang yang mudah dibutakan oleh uang. Kalaupun tidak memungkinkan, sebaiknya Anda memilih anggota keluarga sendiri yang memegang keuangan usaha Anda.

4. Mempertimbangkan Lokasi dan Tata Letak

Lokasi juga menentukan keberhasilan seseorang dalam membuat sebuah usaha. Contohnya saja untuk membuat warung makan, Anda harus menempatkan usaha Anda di tempat yang ramai dan kira–kira akan banyak pengunjungnya seperti di tempat wisata atau dekat kantor dan sekolah. Selain itu, dekorasi ruangan yang unik juga akan membuat para pengunjung tertarik membeli produk Anda. Kalau sudah punya pelanggan, usaha akan berjalan lebih lancar.

5. Pembeli Adalah Raja

Pelayanan yang baik juga termasuk dalam faktor penting mendirikan usaha. Kalau usaha Anda sudah memiliki banyak pengunjung, jangan lupakan pelayanan terbaik Anda. Pengunjung yang merasa nyaman akan datang lagi karena mereka menilai Anda merupakan pemilik usaha yang dapat menghargai pelanggannya.

BACA JUGA  10 Tips Sukses Membuka Usaha Baru

6. Taktik Pemasaran

Untuk memperbesar usaha Anda dibutuhkan taktik pemasaran pun diperlukan agar semakin banyak orang mengenal usaha Anda. Berikut beberapa cara yang dapat kami berikan:

  • Membuat baliho, spanduk, pamflet, dan brosur. Spanduk ini dapat Anda tempelkan di depan lokasi usaha Anda.
  • Menyebarkannya dari mulut ke mulut. Cara ini merupakan yang paling mudah dilakukan.
  • Membuat iklan di internet, koran, majalah atau kalau perlu di televisi lokal. Saya sarankan untuk usaha yang baru saja berdiri untuk membuat iklan di internet dan sosial media. Kita dapat memanfaatkan sosial media seperti Twitter, Facebook, Instagram, Line. Dan BBM. Kemudian, website jual–beli juga dapat kita manfaatkan seperti Tokopedia.

7. Bangga Terhadap Pekerjaan Anda

Tips terakhir untuk Anda, jangan lupa bahagia. Emosi yang kacau akan membuat Anda sulit fokus terhadap pekerjaan Anda. Jadi, jangan terlalu mencemaskan apa yang akan terjadi di masa depan, fokuslah dengan apa yang ada di depan mata Anda sekarang. Rencana itu perlu, namun buatlah rencana yang seperlunya saja dan nikmati pekerjaan Anda sekarang.

Selamat mencoba, semoga sukses!

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- pekerjaan pekerjaan yang cocok untuk seorang pelajar - tips org sukses

Artikel Terkait dan Link Sponsor

7 Tips Sukses Memulai Wirausaha Post in | Last updated: September 13th, 2016 - 167 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × two =