by

7 Tips Sehat Menghindari Penyakit Paru–Paru Basah

Paru–paru basah merupakan salah satu penyakit paling mengerikan yang telah banyak merenggut jiwa manusia di seluruh dunia. Penyakit paru–paru basah atau yang dalam bahasa kedokteran dinamakan pneumonia merupakan sebuah radang infeksi pada alveolus paru–paru yang mengakibatkan batuk dan demam.

Faktor Penyebab Penyakit Paru–Paru Basah

Penyakit paru–paru basah tidak ditularkan secara turun temurun, jadi penyakit ini bukan penyakit keturunan. Melainkan, penyakit yang disebabkan karena munculnya virus atau jamur. Virus atau jamur ini menyebabkan paru–paru meradang hingga berisi cairan nanah. Cairan inilah yang menyebabkan kemampuan paru–paru untuk menyerap oksigen menjadi berkurang.

Paru-paru basah
Paru-paru basah (Ilustrasi/By Häggström, Mikael. “Medical gallery of Mikael Häggström 2014”. Wikiversity Journal of Medicine 1 (2). DOI:10.15347/wjm/2014.008. ISSN 20018762. (All used images are in public domain.) [Public domain], via Wikimedia Commons)
Selain virus dan jamur, faktor yang dapat menyebabkan penyakit paru–paru basah ialah kelembapan udara. Kelembapan udara yang cukup tinggi membuat virus dan jamur berkembang lebih cepat. Udara yang lembab bisa disebabkan oleh ventilasi udara yang kurang memadai ataupun karena faktor cuaca. Dengan kondisi udara yang lembap, seseorang dapat berpotensi tinggi terkena penyakit paru–paru basah.

Gejala Penyakit Paru–Paru Basah

Gejala awal dari penyakit ini yaitu pilek disertai batuk berdahak dalam jangka waktu yang lama. Jika penyakitnya sudah parah, biasanya dahak yang dikeluarkan penderia akan berwarna seperti nanah atau darah. Itu merupakan kemungkinan besar seseorang sudah terkena penyakit pneumonia.

Selain batuk dan pilek, penderita juga akan mengalami demam yang menyebabkan naiknya suhu badan. Daya tahan tubuh penderita akan melemah dan penderita akan merasa sulit bernapas dan dadanya terasa sesak.

Cara Mencegah Penyakit Paru–Paru Basah

  1. Kurangi penggunaan kipas angin dan AC saat tidur karena udara yang dingin dapat menyebabkan udara menjadi lembap.
  2. Buatlah ventilasi yang memadai di semua ruangan agar terjadi pergantian udara dalam ruangan dan cahaya matahari bisa masuk ke dalam ruangan.
  3. Olahraga rutin seperti jogging, bersepeda, atau push-up.
  4. Terapkan pola hidup sehat dan teratur seperti makan makanan 4 sehat 5 sempurna dan istirahat yang cukup
  5. Hindari rok*k dan minum minuman ker*s.
  6. Tidur selalu gunakan alas karena lantai merupakan sarangnya kuman. Jika kita tidur di lantai tanpa alas, para kuman dan bakteri dapat dengan mudah melakukan kontak dengan tubuh kita.
  7. Pastinya, selalu jaga kebersihan lingkungan sekitar kita.

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- apakah penyakit paru-paru turun temurun - cara menghindari paru paru basah

Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 + 16 =