7 Program TV anak yang dinilai mendidik

2 92

7 Program TV anak yang dinilai mendidik7 Program TV anak yang dinilai mendidik – KOMISI Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat tengah gencar mengamati program anak.

KPI telah memberikan teguran tertulis terhadap Bima Sakti, Little Krisna dan Tom & Jerry karena dianggap mengandung adegan kekerasan. KPI juga memberikan lampu kuning (kategori hati-hati) untuk Crayon Sinchan dan Spongebob Squarepants.

KPI menilai kartun anak “Bima Sakti”, “Little Krisna”, dan “Tom and Jerry” masuk kategori berbahaya dan merekomendasikan penyelenggara siaran menghentikan tayangannya. Sedangkan kartun yang masuk kategori membutuh dampingan orangtua adalah kartun “Crayon Sinchan” dan “Spongebob Squarepants”.

Tak hanya memberikan sanksi pada kartun yang dianggap berbahaya, KPI juga mengapresiasi sejumlah tayangan yang dianggap memberikan nilai positif. Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menyatakan bahwa ada tujuh tayangan kartun yang ramah anak dan direkomendasikan untuk tontonan anak-anak.

Berikut tujuh program anak dan kartun yang menginspirasi dan kaya muatan edukasi:

  1. Dora The Explorer – Global TV
  2. Adit Sopo Jarwo – MNC TV
  3. Laptop Si Unyil – Trans 7
  4. Curious George – ANTV
  5. Thomas and Friends – Global TV
  6. Unyil Keliling Dunia – Trans 7
  7. Disney Junior – MNC TV

Menurut Komisioner KPI Bidang Pengawasan Agatha Lily di Jakarta, Jumat, ketujuh kartun tersebut adalah “Dora The Explorer”, “Adit Sopo Jarwo”, “Laptop Si Unyil”, “Curious George”, “Thomas and Friends”, “Unyil Keliling Dunia” dan “Disney Junior”.

7 Program TV anak yang dinilai mendidik
7 Program TV anak yang dinilai mendidik (Ilustrasi)

“Kami mengapresiasi tayangan dan kartun-kartun yang memuat unsur edukasi dan membantu tumbuh kembang anak dengan sehat,” katanya saat jumpa pers di Kantor Komisi Perlindungan Anak di Jakarta.

Ia mengatakan KPI juga sudah menyurati televisi atau lembaga penyiaran untuk menghentikan tayangan dan kartun yang tidak ramah anak.

KPI juga merilis hasil kajian dan pemantauan intensif tentang kartun-kartun yang berbahaya bila ditonton oleh anak-anak.

“Kami bahkan membuat kategorinya, berbahaya atau lampu merah dan berhati- hati artinya perlu dampingan orangtua,” ucapnya.

Menurut dia, KPI sudah berkomunikasi dan melayangkan surat teguran ke lembaga penyiaran atau stasiun televisi yang menayangkan kartun berbahaya bagi anak-anak tersebut.

Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Asrorun Niam Sholeh mengatakan seiring perkembangan bisnis dan teknologi, masih banyak tayangan dan kartun yang bermuatan negatif, yang mengandung kekerasan fisik, adegan berbahaya, serta sikap dan sifat negatif.

Dilansir situs KPI, Jumat (26/9/2014), KPI juga mengimbau bagi pengelola televisi agar ikut bertanggung jawab dalam memikirkan dampak dari tayangan TV terhadap perkembangan mental anak-anak. (Bintang Online/Antara)

2 Komen
  1. Kuncoro berkata

    Admin mau tanya nih, menurut saya, tayangan Laptop Si Unyil dan Si Unyil Keliling Dunia Trans7 dinilai tidak seru, tidak mendidik dan tidak bermutu untuk anak-anak miskin dan sampah. Dunia Hand Made Global TV Seru dinilai mendidik dan bermutu untuk anak-anak kaya dan megah. Terima kasih

    1. Summase Sanjaya berkata

      Terima kasih atas tanggapannya

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.