by

7 Kelebihan Android

Sebagian besar dari kita, barangkali merupakan pengguna Android. Mungkin anda bertanya, apa itu Android? Android merupakan sebuah sistem operasi (Operating System atau OS) yang saat ini tengah mendominasi. Sebagian besar pemain dalam industri perangkat mobile lebih memilih Android ketimbang sistem operasi lainnya.

Kelebihan android
Kelebihan android (Ilustrasi/pixabay)

Secara umum, Android merupakan sebuah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Kemudian perusahaan Google Inc. membeli Android Inc. untuk dikembangkan lagi.

Perkembangan Android

Menurut Wikipedia, Android telah mengalami banyak perkembangan dimulai dari versinya yang paling awal.

  1. Android beta, dirilis Pada Novemver 2007
  2. Android 1.0, dirilis pada September 2008
  3. Android Cupcake (1.5)
  4. Android Donat (1.6)
  5. Android Éclair (2.0 – 2.1)
  6. Android Froyo (2.2 – 2.2.3)
  7. Android Gingerbread (2.3 – 2.3.7)
  8. Android Honeycomb (3.0 – 3.2.6)
  9. Android Ice Cream Sandwich (4.0 – 4.0.4)
  10. Android Jelly Bean (4.1 – 4.3)
  11. Android KitKat (4.4+)
  12. Android Lollipop (5.0)

Dari semua versi Android yang ada, yang paling banyak digunakan sampai sekarang adalah versi Jelly Bean. Sekalipun Android telah diperbarui, tapi Jelly Bean tetap berjaya dengan jumlah pemakai terbanyak. Berdasarkan laporan Google, versi Android ini digunakan sebanyak 46 persen dari total penggunaan di seluruh dunia.

Kemudian diikuti oleh KitKat sebanyak 30,2 persen instalasi (data 2014). Bahkan, Januari 2015, angka penggunaan Lollipop, versi Android yang paling baru, masih 0,1 persen. Entah apa yang kurang dengan versi yang paling baru ini, hingga sepertinya kekurangan peminat.

Mungkin, versi Android Jelly Bean lebih disukai karena fitur yang memuaskan penggunanya, juga kelebihan Android yang tidak dimiliki oleh sistem operasi lainnya.

Tetapi meskipun demikian, secara umum sistem operasi Android memang lebih disukai karena beberapa hal. Saya Akan bahas poin-poinnya.

  1. Sistem operasi Android bersifat open source, dengan kata lain kode sumber yang terbuka. Keadaan ini memungkinkan para pengguna Android untuk membuat software sendiri, juga dapat dikembangkan oleh siapa saja.
  2. Tampilan Android yang elegan, membuat pengguna Android tidak mudah bosan. Ditambah lagi, tersedia tema-tema lain. Juga dapat meng*un*duh tema lagi di Google Play Store.
  3. Notifikasi yang akan selalu muncul jika ponsel Android menerima sesuatu. Ini sangat memudahkan kita, jika kita tidak sedang memegang ponsel. Selain notifikasi, LED indikator pun akan berkedip-kedip. Misalnya saja, saat ada pesan baru, panggilan tak terjawab, atau notifikasi dari sosial media. Bahkan, pada versi Jelly Bean tersedia pengaturan untuk mengubah warna LED sesuai keinginan kita. Keren bukan?
  4. Android tambah keren lagi dengan kemampuan face unlock. Fitur ini mendukung untuk membuka kunci layar dengan mendeteksi wajah kita. Tapi kekurangannya ialah layar akan tetap bisa terbuka jika ada seseorang yang benar-benar mirip dengan anda. Misalnya saja saudara.
  5. Android dapat melakukan multitasking, yang memungkinkan pengguna melakukan beberapa hal sekaligus pada ponsel Android. Misalnya, anda dapat melakukan browsing sambil mendengarkan musik juga sambil membalas pesan. Kemampuan multitasking juga dipengaruhi oleh processor pada tiap handphone yang tentunya berbeda-beda.
  6. Dukungan lain yang bisa kita dapatkan dari Android ialah Google. Sistem operasi Android mendukung penuh semua layanan Google. Contohnya, fitur perintah suara atau Google Assistant, yang bisa mengubah suara anda menjadi teks dalam handphone. Fitur ini sudah terdapat di versi Jelly Bean. Contoh lain ialah Google Now, memungkinkan bagi kita untuk mengakses semua informasi. Seperti cuaca, berita terbaru dan lain-lain. Juga yang tak kalah seru ialah layanan Google Play Store. Namanya saja sudah Play Store, maksudnya itu ialah gudang aplikasi-aplikasi mulai dari yang gratis sampai yang berbayar. Anda bisa meng*un*duh apa saja di sana.
  7. Puncak dari kepopuleran Android, juga karena sistem operasi ini tidak terikat pada satu merk saja. Jika dibandingkan dengan sistem operasi lain, misalnya saja iOS yang hanya terikat pada Apple dan iPhone. Tetapi tidak dengan Android. Hal ini membuat para calon pemakai mempunyai banyak pilihan, berupa merk yang ingin digunakan bahkan spesifikasinya juga. Bandingkan lagi dengan iOS, kita semua tahu bentuk iOS tidak memiliki cukup banyak varian dalam handphonenya.

Ke 7 poin di atas, hanyalah hal-hal menonjol yang merupakan kelebihan Android. Tetapi bukan berarti Android merupakan sistem operasi yang paling baik. Android juga memiliki kekurangan dan kelemahannya tersendiri, sama seperti iOS.

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- android 3 0 kelebihan - aplikasi google play store 2 3 7 - kelebihan android 2 1 - kelebihan android 3 2 reeeezz - kelebihan android 4 0 4 - Kelebihan android Honeycomb - keunggulan android 4 0 4 - versi android 2 3 7 apakah kelebihan

Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven + 5 =