7 Tips Menghilangkan Komedo di Wajah dengan Alami

Tips menghilangkan komedo
5/5 (1)

Tips Menghilangkan Komedo di Wajah dengan Alami – Punya masalah dengan komedo? Masalah wajah yang satu ini hampir menyerang semua orang.

Penyebab Komedo

Umumnya, komedo disebabkan oleh minyak berlebih yang diproduksi oleh wajah yang tertampung selama berhari–hari, bercampur bakteri, mengeras, dan mengakibatkan benjolan. Komedo sendiri timbul karena produksi hormon yang mengalami peningkatan, khususnya untuk hormon test*steron pada remaja pria. Meningkatnya hormon inilah yang mendorong produksi minyak menjadi aktif dan berlebihan.

Namun penyebab komedo muncul bisa juga berasal dari pola hidup yang kurang sehat, seperti merok*k, konsumsi alko**l, makan gorengan, begadang, dan faktor lainnya juga memicu munculnya komedo di wajah.

Cara menghilangkan komedo secara alami dan permanen
Cara menghilangkan komedo secara alami dan permanen (Ilustrasi/By LBPics (Own work) [GFDL  or CC BY-SA 3.0 ], via Wikimedia Commons)

[better-ads type=’banner’ banner=’9931′ ]

Langkah-langkah menangani Komedo

  • Gunakan pembersih ringan yang larut dalam air pada permukaan yang lembut dan bersih. Gunakan untuk mengelupas permukaan kulit dengan lembut.
  • Pilih produk perawatan kulit yang berbentuk gel atau lotion cair ringan kapan pun Anda bisa melakukannya. Lotion dan krim yang tebal dapat menyumbat pori-pori.
  • Setiap hari, gunakan exfoliant yang baik yang mengandung asam salisilat (juga disebut BHA).
  • Hilangkan sebum yang berlebihan. Serap sebum dengan menggunakan masker tanah liat secara teratur pada bagian wajah yang berminyak.

Bagi anda yang selalu memiliki masalah dengan komedo, ada banyak bahan alami untuk mengurangi atau menghilangkan komedo di wajah anda, yaitu :

Tips Menghilangkan Komedo di Wajah dengan Alami

Berikut ini Tips Menghilangkan Komedo di Wajah dengan Alami

Lemon

Ternyata lemon mengandung vitamin C dan zat asam yang dapat membantu mengangkat komedo. Terutama untuk membantu menghilangkan komedo hitam yang membandel. Caranya yaitu dengan membelah 1 buah lemon segar menjadi 2, kemudian bilas wajah dengan air hangat agar pori terbuka dan rileks. Gosokkan potongan lemon tadi ke seluruh area wajah, terutama pada area komedo. Diamkan selama 5-10 menit, setelah meresap, lalu bilas dengan air dingin hingga bersih.

Pepaya

Buah yang satu ini ternyata juga dapat bermanfaat untuk merawat kulit, termasuk menghilangkan komedo. Caranya yaitu dengan menghaluskan daging buah pepaya matang sekitar 1 cangkir dicampur dengan 1 sdt kopi sampai membentuk adonan pasta. Kemudian oles ke seluruh bagian wajah, terutama area komedo. Diamkan sampai terasa kaku, kemudian bilas dengan air hangat.

Putih Telur.

Sudah tidak diragukan lagi khasiatnya. Putih telur memang sudah dikenal sangat sering digunakan untuk masker wajah yang dapat bermanfaat mengencangkan kulit. Namun, kandungan proteinnya ternyata juga dapat berkhasiat untuk menghilangkan komedo. Caranya yaitu kocok putih telur sampai berbusa dan dicampur sedikit perasan jeruk nipis agar bau amisnya tidak menyengat. Kemudian oleskan ke seluruh wajah, tepat di bagian komedo. Setelah agak terasa kaku di wajah, bilas dengan air hangat, jika ingin bau amisnya hilang, anda juga bisa membersihkannya dengan facial foam.

Lidah Buaya.

Selain untuk menyuburkan dan menghitamkan rambut, lidah buaya dapat bermanfaat untuk menghilangkan komedo. Ini merupakan cara yang paling mudah, yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya ke area yang berkomedo, diamkan sampai kering, dan bilas dengan air hangat. Usahakan ambil lidah buaya yang baru dipetik.

Pasta Gigi.

Pasta gigi ternyata juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan komedo. Hal ini dapat dicoba dengan mengoleskan pasta gigi yang mengandung herbal atau mint, kemudian diamkan sampai keras dan mengering, setelah itu bilas dengan air dingin sampai bersih.

Uap Panas.

Uap panas dapat membantu terbukanya pori–pori wajah. Jika sudah terbuka, maka komedo dan kotoran di dalamnya akan sangat mudah hilang. Caranya yaitu dengan mendidihkan air bersih sampai mengeluarkan buih–buih. Lalu tuang air mendidih ke dalam baskom. Dekatkan wajah tepat diatas air panas hingga terkena uapnya. Sambil didekatkan, gosok perlahan ke area wajah terutama hidung, bilas dengan air dingin sampai benar–benar bersih.

Minyak kelapa

Ini mungkin baru Anda dengar, tetapi minyak kelapa sangat baik untuk menghilangkan komedo. Minyak kelapa mengandung asam laurat, agen antimikroba. Terlepas dari bahan-bahan ini, minyak kelapa juga menyehatkan kulit dan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dengan cepat dan mudah.

Bahan-Bahan:

Beberapa tetes minyak kelapa murni organik

Caranya:

  1. Oleskan minyak kelapa pada bagian yang berkomedo dan pijat dengan baik.
  2. Biarkan karena akan secara alami diserap ke dalam kulit.

Lakukan cara ini setiap hari sebelum tidur.

Ramuan ini cocok Untuk Kulit kering, dan kulit kombinasi.

Baca juga: 3 Tips untuk menghilangkan komedo dengan cepat.

Demikianlah Tips Menghilangkan Komedo di Wajah dengan Alami, semoga bermanfaat.

1 Komen
  1. doni nurdiansyah berkata

    6 tips itu kan perawatan dari luar. Lalu bagaimana perawatan dari dalamnya? Apa yg harus saya makan dan apa yag harus saya hindari?? Terima kasih.
    Jngan lupa mampir ke blog saya juga ya kak.
    Segerwarasweb.wordpress.com

Ruangan komen telah ditutup.