by

5 Tips Merawat Kosmetik

Wanita dan kosmetik merupakan dua benda yang tak bisa dipisahkan keberadaannya. Dimana ada wanita, disitu pasti ada kosmetik, setidaknya pasti ada bedak.  Meski begitu, harga kosmetik tidak selalu murah dan butuh perawatan khusus. Bagaimana merawat kosmetik agar tetap awet dan tidak gampang rusak? Berikut tipsnya.

  1. Simpan di Tempat Aman

Setelah selesai digunakan, simpan kosmetik dan peralatan make-up Anda di tempat yang aman dan bersuhu sejuk dan kering. Jangan sampai terkena radiasi panas matahari karena lama-kelamaan kosmetik seperti lipstik bisa meleleh. Juga jangan tempatkan di tempat yang lembab karena dapat mempengaruhi tekstur kosmetik sehingga rusak dan tidak dapat dipakai lagi. Beberapa kosmetik, seperti maskara, cat kuku, dan krim mata, lebih baik disimpan di tempat yang dingin seperti lemari es. Karena suhu dinginnya dapat membantu mempertahankan formula aktif dari kosmetik tersebut. Sebelum dimasukkan dalam kulkas, sebaiknya simpan dulu kosmetik dalam wadah bersih yang tertutup. Baru Anda dapat meletakkannya dalam lemari es tanpa perlu khawatir terjadi hal buruk pada kosmetik tersebut.

Tips Merawat Kosmetik
Tips Merawat Kosmetik (Ilustrasi/pixabay)
  1. Bersihkan Kosmetik Setiap Habis Dipakai

Peralatan make-up, seperti kuas dan spons, dapat dengan mudah terkontaminasi oleh kuman, bakteri, maupun sel kulit mati yang menempel. Keadaan ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit kita.

Lalu bagaiman menghindari hal tersebut? Sebaiknya gunakan peralatan make-up sehari 2 kali saja. Kemudian, gunakan cairan pembersih make-up atau sabun wajah ketika akan membersihkan make-up yang masih menempel pada wajah.

Kuas yang terbuat dari bulu alami dapat dibersihkan menggunakan shampo bayi. Lalu, bilas dengan air hangat sampai bersih dan jemur hingga kering secara alami. Sebaiknya lakukan pembersihan ini sehari sekali setelah kuas digunakan.

  1. Raut Dengan Hati–Hati

Beberapa jenis kosmetik perlu diraut dulu sebelum digunakan, seperti lipstik pensil atau pensil alis. Sebaiknya, raut kosmetik tersebut ketika dalam kondisi keras agar hasilnya memuaskan. Caranya, sebelum dipakai masukkan pensil alis atau lipstik pensil ke dalam lemari es kira-kira setengah jam. Setelah itu, baru keluarkan dan raut dengan hati–hati peralatan tersebut.

  1. Periksa Tanggal Kadaluwarsa

Jangan lupa untuk memeriksa tanggal kadaluwarsa kosmetik. Hal ini penting karena kosmetik yang telah kelewat tanggal dapat menyebabkan iritasi, radang, atau penyakit lain pada kulit kita.

  1. Jangan Pelit

Kosmetik memang mahal harganya. Namun, jangan segan-segan  untuk membuang kosmetik apabila telah masuk tanggal kadaluwarsa. Selain itu, bila terdapat masalah atau efek lain akibat penggunaan kosmetik, sebaiknya dibuang saja atau mungkin bisa dipakaikan ke orang lain. Kemungkinan efek tersebut muncul karena kulit Anda tidak cocok memakai kosmetik tersebut.

Selain itu, coba cium bau kosmetik Anda. Umumnya, kosmetik diberi pengharum agar wangi. Tetapi jika baunya sudah tidak wangi, maka saatnya Anda meninggalkan kosmetik tersebut.

Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − ten =