by

5 Tips Mempercepat Karir Yang Sering Dihindari Karyawan

5 TIPS MEMPERCEPAT KARIR YANG SERING DIHINDARI KARYAWAN – Siapa yang tak ingin memiliki karir dalam pekerjaannya di perusahaan ? Ya, semua orang yang berstatus karyawan pasti menginginkan karir yang pasti dan cemerlang. Tapi tak semua orang “menyadari” bahwa ada beberapa “tips” menuju pencerahan karir yang justru banyak dihindari oleh sebagian besar karyawan yang biasanya merasa dirinya ahli dan penting. “Tips” unik ini biasanya terjadi di perusahaan yang masih menerapkan sistem manajemen tradisional (belum menerapkan sistem manajemen mutu yang berstandar internasional). Tapi, jangan salah, perusahaan jenis ini gaji karyawannya belum tentu kalah dengan perusahaan yang secara sistem sudah “established”.

5 TIPS MEMPERCEPAT KARIR YANG SERING DIHINDARI KARYAWAN

Tips mempercepat karir
Tips mempercepat karir (Ilustrasi)

Berikut “tips” unik mempercepat karir Anda yang sering dihindari :

  1. Multitasking, atau paling sering disebut karyawan lulusan sarjana sebagai pekerjaan“serabutan”. Karena merasa dirinya sarjana, dia menolak melakukan tugas di luar job deskripsinya. Dia lupa, bahwa boss memiliki kewenangan luar biasa untuk menilai karyawan dan kewenangan mutlak boss pula hendak memperlancar karir seseorang atau menghambat karir seseorang. Multitasking sering dipakai boss untuk menilai Anda seorang yang serba bisa atau bukan. Pernahkah Anda berpikir, kenapa harus Anda yang diberi multitasking dan bukan orang lain ?
  2. Berani berkorban. Maksudnya, sesekali berani mengorbankan hari libur Anda, jatah cuti Anda, untuk menjalankan tugas yang meskipun di mata Anda bukan sebagai tugas yang urgen atau bahkan tidak penting. Atau berani mengorbankan merogoh kocek sendiri saat melakukan tugas yang anggarannya ternyata di luar dugaan melebihi budget yang ditetapkan perusahaan (selama terjangkau oleh Anda). Mungkin Anda menjalaninya sambil menggerutu, tetapi justru dari sinilah awal lompatan besar bagi karir Anda tanpa Anda sadari. “He/She can be relied on” begitu kata Boss tentang Anda
  3. Menerima penugasan keluar kota atau keluar pulau yang jauh dari kantor pusat. Banyak karyawan, terutama yang sudah berkeluarga, enggan atau menolak penugasan keluar kota atau luar pulau dalam jangka waktu yang cukup lama. Jika Anda berpikir bahwa bertugas di kantor pusat adalah selalu bergengsi, berarti Anda salah besar. Menjadi “raja kecil” di luar kota atau di luar pulau adalah pintu masuk gerbang menjadi “raja” di kantor pusat kelak.
  4. Bersedia menjalankan tugas khusus di luar tugas utama Anda dan di luar bisnis perusahaan tempat Anda bekerja. Apa misalnya ?Jika Anda ditunjuk menjadi ketua panitia ulang tahun Perusahaan, atau ditunjuk menjadi ketua Tim Tour Wisata Perusahaan atau tugas apa pun itu selama tidak melanggar hukum. Jangan pernah menolak ! Karena Anda tak pernah tahu apa yang Boss rencanakan untuk Anda. Boss menunjuk Anda untuk melakukan tugas tersebut bukan asal tunjuk, tetapi punya misi untuk Anda.
  5. Bersikap ikhlas dan “neriman” saat perusahaan sedang mengalami goncangan dan loyal. Banyak karyawan yang sudah ancang-ancang mencari “tempat berpijak” baru saat perusahaan ditimpa musibah besar. Saat Boss Anda mencurahkan pikiran mencari jalan keluar dan menyelamatkan Perusahaan, banyak karyawan yang juga bingung dan cemas akan masa depan perusahaan dan masa depan dirinya sendiri sehingga sudah menyiapkan diri untuk resign. Sebenarnya hal ini masuk akal dan manusiawi juga, tetapi karyawan tak pernah tahu upaya keras Boss untuk memulihkan perusahaan dan Anda juga tak pernah tahu bagaimana peluang perusahaan untuk bangkit dan pulih. Di saat inilah Boss menilai siapa loyalis dan siapa yang menumpang hidup. Dia sudah memilih siapa saja yang akan bersamanya untuk membangun dan meraih kejayaan baru.

Jadi, intinya selalulah berpikir positif terhadap apa yang ditugaskan Boss untuk Anda, karena disitulah awal dari lompatan karir Anda.

Demikianlah 5 TIPS MEMPERCEPAT KARIR YANG SERING DIHINDARI KARYAWAN, semoga bermanfaat. Selamat berkarya..

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- cara boss menilai karyawan - menolak pekerjaan serabutan - pernahkah perusahaan menolak resign karyawannya - perusahaan menerapkan pekerjaan serabutan - Tips mendapatkan kerjaan serabutan

Tentang Penulis: Catur CH Nugroho

Kontributor Media Monitoring Club - Malang Jawa-Timur
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 2 =