by

5 Tips Ampuh Menyelesaikan Skripsi di Waktu yang Tepat

Salah satu dilema mahasiswa tingkat akhir ialah skripsi. Skripsi bagaikan momok bagi mahasiswa karena salah satu syarat untuk lulus ialah skripsi. Banyak yang beranggapan bahwa skripsi yang cepat akan meluluskan mahasiswa semakin cepat pula. Tetapi, seiring berjalannya waktu, cepat lulus tidak menjadi jaminan untuk mencetak tenaga kerja yang berkualitas. Mahasiswa kini dihadapkan dengan berbagai aktivitas di luar akademik yang tidak hanya mengasah kemampuan intelektual mereka, tetapi juga kemampuan softskill. Oleh karena itu, skripsi yang cepat tidak harus membuat mahasiswa lulus cepat, tetapi lulus di waktu yang tepat. Berikut ini tips ampuh yang bisa anda lakukan untuk menyelesaikan skripsi di waktu yang tepat:

Tips menyelesaikan skripsi tepat waktu
Tips menyelesaikan skripsi tepat waktu (Ilustrasi/youtube)
  1. Sudah harus punya life mapping ketika menjadi mahasiswa baru

Life mapping memang terkesan simpel, tetapi manfaatnya sungguh terasa. Sebagai mahasiswa yang diharapkan menjadi tenaga kerja berkualitas, anda harus memiliki life mapping, minimal untuk 10 tahun ke depan. Life mapping dapat membingkai cita-cita anda dan merangkai jalan menuju cita-cita tersebut. Hal-hal yang dimuat di life mapping, seperti kapan target anda menyelesaikan skripsi, kapan target anda lulus, kapan anda mulai bekerja, dan bagaimana proses anda untuk mencapai target-target lainnya dalam hidup.

  1. Pikirkan tema skripsi sejak di semester-semester awal

Setelah sudah mengetahui target skripsi dan target lulus, penting bagi mahasiswa untuk memikirkan tema skripsi sejak awal semester. Tema skripsi biasanya tidak muncul begitu saja, tetapi membutuhkan waktu dan tenaga untuk menggalinya. Banyak tema skripsi yang bisa kita dapat dari tugas-tugas di mata kuliah sebelum-sebelumnya. Penting untuk tidak hanya menyiapkan satu tema saja. Siapkan tema skripsi sebanyak-banyaknya, lalu pilihlah salah satu tema yang sesuai dengan minat kuliah anda.

  1. Ketahui tipe DPS anda dan jalinlah komunikasi

DPS adalah kependekan dari Dosen Pembimbing Skripsi. Penentuan DPS disesuaikan dengan kebijakan masing-masing universitas. Ada yang sudah diberi DPS sejak awal masuk kuliah dan nanti tinggal menyesuaikan. Ada pula yang baru diberi DPS ketika mengambil skripsi. Tetapi, yang paling penting ialah anda harus mengenal tipe DPS anda. Karakter DPS sangatlah bermacam-macam, mulai dari bagaimana mereka membimbing, jam berapa saja mereka dapat membimbing anda, hingga strategi untuk menghadapi DPS ketika emosi mereka sedang tidak stabil. Anda harus mengenal DPS seperti halnya anda sedang melakukan pendekatan dengan si dia.

  1. Mintalah dukungan dari orang-orang terdekat

Dalam pengerjaan skripsi, kita akan sering dihadapkan oleh berbagai permasalahan dan hambatan. Di sinilah kita merasa seperti ingin menyerah. Di saat inilah anda membutuhkan dukungan dari orang-orang terdekat, seperti orang tua, keluarga, sahabat, hingga teman terdekat. Jangan segan untuk meminta dukungan dari mereka. Jika anda lulus nanti, merekalah yang akan bangga dengan jerih payah anda. Lagi pula, anda juga bisa menulis nama mereka di bagian ‘ucapan terima kasih’ di bagian awal skripsi, kan?

  1. Berdoa dan berdoa

Tidak ada upaya yang lebih ampuh selain berdoa. Kita tidak bisa berjuang sendirian. Selain restu orang-orang terdekat, kita juga membutuhkan restu dari Dia yang menciptakan kita. Dengan restu-Nya, yakinlah tidak ada usaha kita yang sia-sia.

Sekian tips-tips yang dapat anda lakukan untuk menyelesaikan skripsi di waktu yang tepat. Jika anda menemui kesulitan dalam pengerjaan skripsi, janganlah cepat menyerah. Selalu ingat tujuan awal kenapa anda kuliah dan sejauh mana perjalanan yang sudah anda tempuh. Hasil yang baik dihasilkan dari jerih payah yang tak kunjung usai. [oti]

Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − 13 =