4 Tips Mengatasi Gejala Salesma

Musim hujan, cuaca ekstrem, atau musim pancaroba cenderung membuat kita lebih mudah terserang pilek, masuk angin, atau gejala salesma lainnya. Hal ini disebabkan karena cuaca ekstrem tersebut akan menurunkan daya tahan tubuh manusia. Di sisi lain, kelembapan yang tinggi menyebabkan virus dan bakteri mudah berkembang biak. Penyakit salesma sering dianggap sepele, padahal ia cukup mengganggu dan membahayakan. Oleh karena itu, ketika mulai merasakan gejala salesma, sebaiknya Anda segera mengatasinya dengan menerapkan 4 tips sederhana ini. Penasaran, silahkan simak ulasan di bawah ini!

  1. Mengonsumsi Makanan dan Minuman Hangat

Makan makanan yang hangat dipercaya dapat meredakan gejala-gejala salesma. Suhu panas pada makanan dan minuman yang dikonsumsi akan mendorong lendir dalam saluran pernafasan untuk keluar melalui bersin atau batuk. Tidak hanya makanan dan minuman yang panas, Anda juga bisa menghirup uap panas melalui hidung atau mulut untuk mengurangi penyumbatan dalam saluran nafas.

Cara menghilangkan selesma (Ilustrasi/pixabay)

  1. Berkumur Dengan Air Garam

Ketika merasakan gejala-gejala awal penyumbatan, segeralah untuk berkumur-kumur dengan air garam. Tambahkan satu sendok teh garam ke dalam segelas kecil air hangat.  Aduk hingga garam tercampur semua dalam air hangat. Setelah itu, berkumur-kumurlah dengan larutan tersebut. Air garam hangat dipercaya dapat mengurangi efek gatal dan tidak nyaman pada tenggorokan.

  1. Banyak Minum Air Putih

Ketika mengalami salesma, banyak-banyaklah minum air putih. Mengapa ? Karena dengan minum banyak air akan mengencerkan lendir yang terdapat dalam saluran pernafasan. Lendir yang encer membuatnya lebih mudah dikeluarkan. Hindari konsumsi makanan dan minuman yang  mengakibatkan dehidrasi seperti minuman yang mengandung alkoh*l dan kafein. Jika Anda mengalami dehidrasi, maka lendir di dalam saluran pernafasan Anda akan semakin pekat. Hal ini membuatnya sulit untuk dikeluarkan. Akibatnya, Anda akan merasa sangat tidak nyaman pada hidung dan tenggorokan.

  1. Konsumsi Suplemen dan Multivitamin

Daripada mengonsumsi obat, lebih baik Anda mengonsumsi suplemen dan multivitamin untuk mengatasi salesma. Tidak hanya mengatasi atau mengobati, konsumsi multivitamin dan suplemen juga akan memperkuat daya tahan tubuh Anda sehingga tidak mudah terserang penyakit ini di lain waktu. Anda bisa mengonsumsi multivitamin alami seperti buah-buahan, sayur mayur, kacang-kacangan, atau membeli suplemen sintetis. Perbanyaklah mengonsumsi makanan yang kaya kandungan vitamin C, Zinc, dan echinacea.

Umumnya salesma akan hilang sendiri dalam jangka waktu 1 minggu, atau bahkan lebih cepat. Maka dari itu perbanyaklah istirahat serta praktekkan keempat tips sederhana mengatasi salesma seperti yang telah dijelaskan pada artikel ini. Semoga bermanfaat!

Ruangan komen telah ditutup.