by

4 Langkah Dalam Menjaga Hubungan Ketika Sedang Bermasalah

Setiap hubungan pasti diwarnai dengan pertengkaran atau perselisihan. Memang hidup berdampingan itu tidaklah mudah, karena ada yang menyukai dan tidak. Ketika pasangan sedang mengalami sedikit pertengkaran tentu membuat orang terdekat gatal dan ikut menggosok. Saat kamu dalam keresahan atau sedang berselisih dengan pasangan, biasanya membutuhkan teman, sahabat, tetangga, keluarga untuk mencurahkan seluruh isi hati.

Namun, biasanya mereka yang menerima keluh kesah itu menceritakan kepada yang lainnya bahkan disebarkan sampai ke media sosial. Makanya, kita harus hati-hati dalam memilih orang untuk mendengarkan curahan-curahan hati tentang masalah pribadi. Jika pasanganmu tahu hal ini, dia akan menyangka bahwa kamu tidak dewasa, hal begitu saja diceritakan kepada yang lain. Bukan malah penyelesaian yang kamu dapat, tetapi bisa saja malah kehancuran atau keretakan dalam hubunganmu itu.

Cara memperbaiki hubungan
Cara memperbaiki hubungan (Ilustrasi/pixabay)

Tentu kamu tidak maukan hubunganmu hanya bertahan seumur jagung saja, apalagi jika si pasangan sudah kamu rasa tepat. Sehingga kamu perlu mengerti tips-tips berikut ini agar hubunganmu tetap langgeng dan lancar sampai jenjang pernikahan. Yuk, langsung saja simak ulasannya :

  1. Berikan batasan dalam menceritakan masalahmu dengan orang lain

Maksudnya, kamu harus bisa membatasi untuk tidak mengungkapkan masalah pribadi. Ceritakan saja kepada teman atau sahabatmu tentang hal-hal yang membahagiakan saja. Toh, belum tentu mereka yang kamu curhati peduli denganmu, tidak juga selalu memberikan saran-saran yang baik, dan jangan posting atau dicurahkan ke medsos. Salah-salah malah membuat hubunganmu hancur dalam sekejap saja.

Jika memang kamu sudah tidak kuat mending curhat sama ortu saja, terutama ibu. Biasanya ibu bisa jadi pendengar dan pemberi saran yang baik untuk anaknya. Tidak mungkin juga ibu akan membocorkan rahasiamu itu. Selain itu, ibu ataupun ayah juga sudah mempunyai pengalaman waktu muda, sehingga bisa menemukan solusi yang tepat untukmu. Mereka lebih dewasa dalam menyikapi apa yang terjadi dan selalu memperhatikan keadaan. Jadi solusi untuk curhat yang terbaik ialah kepada orang tua.

  1. Jangan semua sahabatmu jadi tempat berbagi, karena semakin banyak saran atau nasihat akan menjadi sia-sia belaka bagi hubunganmu

Pasti menurutmu, teman atau sahabat dapat membantu semua jenis permasalahan yang terjadi kepadamu. Jika itu yang ada dalam pikiranmu, tentu kamu layak disebut sebagai orang yang polos. Kedekatanmu dengan mereka terkadang membuatmu sulit untuk menutupi masalah, semua yang terjadi padamu baik suka maupun duka tak lupa berbagi pada mereka. Ada baiknya kamu itu memilih saja, sahabat yang bisa dipercaya untuk memberikan saran atau menjadi pendengar yang baik.

Jangan semua sahabatmu jadi tempat berbagi, mereka akan memberikan nasihat yang berbeda-beda. Hal itu akan membuatmu semakin bingung menyelesaikan permasalahan, saran merekapun jadi sia-sia saja. Karena mereka hanya melihat masalah dari sisimu, tanpa menghiraukan bagaimana perasaannya. Hal itu akan memperkeruh masalah yang terjadi dalam hubunganmu, sebab dukungan mereka membuatmu lebih egois.

  1. Usahakan untuk tidak membuat orang-orang sekitarmu marah kepada si dia.

Tak usahlah umbar kemarahan di tempat umum, media sosial, ataupun kepada banyak teman atau sahabat. Apalagi sampai terdengar di telinga keluargamu atau keluarga si dia. Tentu berbahaya, bisa jadi restu yang mereka berikan berubah menjadi larangan bagi hubunganmu.

Kamu harus tahu tempat, waktu dan situasi kondisi yang tepat untuk mengungkapkan amarah kepada pasangan. Usahakan jangan sampai orang-orang terdekatmu membencinya, karena kebencian mereka tidak ada artinya. Lagipula jika masalahmu terselesaikan kamu kembali bersamanya kan? Saat itu kemarahanmu pada si dia telah hilang, tetapi kemarahan orang terdekatmu masih membekas, bahkan berubah menjadi kebencian. Dalam bertindak berpikirlah bahwa kamu mencintainya dan ingin selalu tetap bersamanya.

  1. Baca buku atau artikel tentang menghadapi masalah dalam hubungan

Daripada kamu meminta nasihat sana-sini, yang sebelumnya harus bercerita dulu tentang masalahmu, sebiknya membaca buku atau artikel dalam menjaga hubungan ketika bermasalah. Dengan begitu tak banyak orang yang kamu curhati, tak khawatir hasil pembicaraanmu diumbar nantinya dan kamu bisa mengambil saran-saran terbaik dari hasil bacaanmu. Tentu lebih efektif dan kamu lebih bisa berpikir secara jernih.

Bukan berarti kamu tidak bisa menceritakan masalah kepada orang lain, tetapi pilih orang yang tepat untuk mengungkapkan keluh-kesahmu.

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 5 =