by

30 Tempat yang harus dikunjungi sebelum menghilang

Stonehenge, Grand Canyon, Patung Liberty – situs yang menakjubkan ini dan situs lainnya di seluruh dunia menarik jutaan wisatawan setiap tahunnya. Tapi polusi, naiknya permukaan laut, bangunan-bangunan baru dan erosi mengancam keindahan alam dan buatan manusia ini. Inilah Tempat-tempat yang harus dikunjungi sebelum menghilang karena situasi tersebut.

Tempat yang harus dikunjungi sebelum menghilang

1. ANGKOR WAT
Lokasi: Kamboja
Tarif: $ 83 untuk tur sehari penuh

Angkor Wat merupakan monumen keagamaan terbesar yang pernah dibangun. Namanya berarti “kota candi”. Bangunan ini berdiri di atas 401 hektar dan pernah menampung 80.000 orang. Kuil tersebut berisiko mengalami kerusakan atau kerugian karena turis sering memanjat reruntuhan, termasuk dampak adanya hotel dan restoran terdekat, menyebabkan menara kuil tenggelam.

2. MACHU PICCHU

Tempat yang harus dikunjungi sebelum menghilang
Tempat yang harus dikunjungi sebelum menghilang

Lokasi: Peru
Biaya masuk: $ 68.

Machu Picchu berdiri 7.972 kaki di atas permukaan laut di lereng pegunungan Andes dan dianggap sebagai salah satu pencapaian arsitektur terbesar Kekaisaran Inca. Namun, lalu lintas pejalan kaki yang padat dan turis yang memanjat di dinding dapat berdampak pada situs tersebut.

3. PULAU GALAPAGOS
Lokasi: Ekuador

Terletak 620 mil dari pantai Ekuador, kepulauan Galapagos, terkenal dengan pantai berpasir putih dan batu vulkaniknya. Banyak ancaman lingkungan membahayakan pulau ini, terutama polusi, penggundulan hutan dan penangkapan ekosistem laut. Spesies invasif juga membahayakan ekosistemnya.

4. VENICE
Lokasi: Italia

Kota Italia utara memiliki nuansa romantis dengan gondola dan kanalnya, dan tidak diragukan lagi keindahannya. Tapi, kota ini tenggelam dan sudah biasa terlihat banjir. Namun, Italia tetap menjadi salah satu tujuan terfavorit di tahun ini.

5. MONUMEN NASIONAL BANDELIER
Lokasi: New Mexico
Tarif: $ 10 per orang berusia 16 ke atas

Monumen Nasional Bandelier mencakup lebih dari 33.000 hektar di New Mexico. Suhu yang lebih hangat meningkatkan risiko kebakaran hutan di wilayah ini, dan daerah ini rawan banjir.

6. TEMBOK BESAR CINA
Lokasi: Beijing, Cina
Tarif: $ 55 per orang untuk tur setengah hari

Tembok Besar China membentang lebih dari 13.000 mil, namun situs ini menjadi target pencuri. Batu bata dari Tembok Besar dicuri sebagai suvenir, dan untuk membangun rumah dan memelihara pertanian. Hal ini diyakini menyebabkan erosi yang terjadi secara alami.

7. STONEHENGE
Lokasi: Inggris
Tarif masuk: $ 19,50 per orang.

Lingkaran ikon batu berdiri sangat bisa dikenali, meski tujuannya tetap menjadi misteri. Dibangun antara 4.000 dan 5.000 tahun yang lalu, Stonehenge menghadapi erosi terus-menerus.

8. PATUNG LIBERTY.

Lokasi: New York
Biaya: $ 18 naik feri ke Liberty Island, ditambah $ 3 untuk akses.

Patung Liberty merupakan simbol kebebasan di A.S., namun permukaan laut yang meningkat dan badai membuat monumen berisiko mengalami kerusakan parah.

9. THE GREAT BARRIER REEF
Lokasi: Australia
Tarif: $ 230.50 untuk tur sehari penuh

Great Barrier Reef merupakan sistem terumbu karang terbesar di dunia dan telah lama menjadi tempat bagi wisatawan untuk mengeksplorasi. Meningkatnya kerusakan lingkungan mempengaruhi kekayaan bawah air ini, termasuk suhu laut yang hangat dan polusi dari pestisida.

10. LAUT MATI
Lokasi: Antara Israel, Yordania dan Palestina
Tarif: $ 82 untuk tur sehari penuh dari Yerusalem ke resor Laut Mati

Laut Mati begitu padat dengan garam dan mineral lainnya, manusia bisa mengambang di permukaannya. Tapi, laut menyusut dan aliran pembuangan terus tumbuh di sepanjang pantainya karena pengelolaan sumber air yang buruk di daerah tersebut.

11. SEYCHELLES
Lokasi: Timur Laut Madagaskar
Pulau-pulau yang berjumlah 155 buah, terletak di Samudera Hindia di lepas pantai Madagaskar. Kepulauan Seychelles telah menjadi tujuan populer bagi para pengunjung pantai dan untuk berbulan madu. Kenaikan permukaan air laut merupakan ancaman terbesar bagi pulau terkecil di Seychelles ini.

12. TAMAN NASIONAL GLACIER

Tempat yang harus dikunjungi sebelum menghilang-TAMAN NASIONAL GLACIER
Tempat yang harus dikunjungi sebelum menghilang-TAMAN NASIONAL GLACIER

Lokasi: Montana
Tarif: antara $ 15 atau $ 25 per kendaraan, tergantung musimnya

Taman nasional Montana pernah memiliki lebih dari 150 gletser pada tahun 1850. Pada tahun 2010, jumlah tersebut hanya tersisa 25, menurut Survei Geologi Amerika Serikat. Periset memprediksi bahwa gletser tersebut akan lenyap dalam dekade berikutnya dengan perubahan iklim yang terus-menerus. Jika hal itu benar, maka gletser terbesar itu akan lenyap pada 2030.

13. KIVALINA
Lokasi: Alaska

Dengan lebih dari 400 penduduk, desa Kivalina mungkin terlalu kecil untuk muncul di peta Alaska, namun memiliki relevansi yang besar dalam hal perubahan iklim. Kivalina diprediksi berada di bawah air dalam dekade berikutnya, menurut laporan Public Radio International pada tahun 2015.

14. KONGO
Lokasi: Afrika
Tarif: $ 349 untuk tur sehari penuh dan tamasya gorila

Kongo merupakan hutan hujan terbesar kedua di dunia, namun pemburu dan penggalian sumberdaya alam yang tidak berkelanjutan seperti berlian dan minyak bumi, mengancam kawasan ini.

15. MALDIVES
Lokasi: Asia Selatan
Negara Asia Selatan merupakan sekelompok pulau yang terkenal dengan pantainya yang menakjubkan dan resor eksklusif. Saat permukaan air laut naik, masa depan pulau-pulau dataran rendah dan kota-kota berkembang di Maladewa terancam.

16. GLACIERS OF THE ALPS
Lokasi: Swiss
Dalam beberapa dekade, Pegunungan Alpen Swiss mungkin tidak lagi tertutup es. Menurut National Geographic, es glasial Alpine mengalami penurunan rata-rata 3 persen, atau sekitar 3,3 kaki per tahun.

17. MADAGASCAR
Lokasi: Tenggara Mozambik

Pulau terbesar keempat di dunia merupakan satu-satunya rumah bagi lemur asli. Sayangnya, penggundulan hutan mengancam spesies lemur – dan kesehatan serta keindahan pulau.

18. EVERGLADES NATIONAL PARK.
Lokasi: Florida Selatan
Tarif: $ 25 per kendaraan untuk tujuh hari

Everglades merupakan rumah bagi spesies hewan dan tumbuhan unik. Meski mungkin tidak lenyap sama sekali atas pemandangan ini karena perubahan drastis di tahun-tahun mendatang. Everglades sudah setengah ukuran aslinya. Polusi pertanian termasuk salah satu hal mempengaruhi kesehatan taman.

19. TAJ MAHAL
Lokasi: India
Tarif masuk: $ 14,75.

Mausoleum marmer putih India merupakan salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia. Sayangnya, pembersihan dindingnya secara teratur merusak mosaik dan permukaan marmernya yang mengkilap.

20. PULAU MAGDALEN
Lokasi: Quebec, Kanada

Tempat menuju pantai berpasir dan tebing batu pasir, pulau-pulau ini di Teluk St. Lawrence merupakan tempat liburan yang indah. Sayangnya, mereka juga beresiko menghilang. Pulau-pulau pantai ini terancam oleh abrasi dan permukaan air laut yang naik pada tingkat 3,5 milimeter per tahun.

21. Petra
Lokasi: Yordania
Tarif: $ 70.50 untuk masuk satu hari
Pengunjung dari seluruh penjuru dunia berduyun-duyun ke “kota yang hilang”, tempat ini terkenal karena terbuat ukiran batu. Erosi dan banjir menjadikan kota kuno Petra terancam. Kawasan ini juga rentan terhadap gempa bumi.

22. ANTARCTICA

Tempat yang harus dikunjungi sebelum menghilang - ANTARCTICA
Tempat yang harus dikunjungi sebelum menghilang – ANTARCTICA

Lokasi: Antartika
Antartika dikenal dengangletser dan margasatwa yang menakjubkan, namun pemanasan global mempengaruhi benua ini. Perjalanan ke Antartika termasuk mahal, sebuah perjalanan yang sempurna untuk orang kaya.

23. THE GRAND CANYON
Lokasi: Arizona
Tarif: $ 30 per kendaraan untuk tujuh hari

Grand Canyon merupakan tujuan di Amerika Serikat. yang populer – dan tempat yang bagus untuk liburan keluarga. Sayangnya, popularitasnya berkontribusi terhadap kerusakan keindahan alamnya. National Trust for Historic Preservation memasukkan Grand Canyon dalam daftar 2015 dari 11 tempat bersejarah yang paling terancam punah di negara ini, karena pengembangan resor dan pertambangan uranium.

24. PAVLOPETRI
Lokasi: Yunani
Pavlopetri merupakan kota bawah laut tertua di dunia. Bangunan, jalanan dan tempat pemakaman masih ada, meski sisa-sisa ini beresiko lenyap selamanya. Polusi dari kapal-kapal besar mengancam kota yang terendam air. Upaya sedang dilakukan untuk melestarikan situs ini. Meski akses agak terbatas, Anda bisa menjelajahi kota dengan perahu dan dengan peralatan snorkeling sederhana.

25. TAMAN NASIONAL DENALI
Lokasi: Alaska
Tarif masuk perorang: $ 10.

Denali National Park merupakan tempat bagi puncak gunung tertinggi di Amerika Utara dan merupakan tempat liburan yang sempurna untuk berkemah dengan biaya rendah.

Pemandangan dan margasatwanya beresiko akibat perubahan iklim, juga berdampak pada gletser. Fenomena ini bisa mengganggu ekosistem kawasan itu. Pembangunan infrastruktur juga mempengaruhi tempat ini.

26. RIO PLATANO BIOSPHERE RESERVE
Lokasi: Honduras

RIO PLATANO BIOSPHERE RESERVE merupakan salah satu hutan hujan tropis terakhir di Amerika Tengah. Cadangan tersebut telah dimasukkan dalam daftar Warisan Dunia. Organisasi tersebut mengatakan bahwa penebangan kayu, perambahan pertanian dan ekstraksi sumber daya ilegal mempengaruhi wilayah tersebut.

27. PICTURED ROCKS NASIONAL LAKESHORE
Lokasi: Michigan
Tarif: $ 38 untuk pelayaran reguler atau menikmati matahari terbenam dari Pictured Rocks Cruises

Pictured Rocks National Lakeshore terletak di sepanjang tepi selatan Danau Superior. Tempat ini terkenal dengan tebing batu pasir, air terjun, pantai dan margasatwa. Menurut National Park Service, perubahan iklim telah mempengaruhi ekosistem alami di tempat ini.

28. KOTA TUA JERUSALEM
Lokasi: Yerusalem
Kota suci ini memiliki makna religius yang dalam pada Yudaisme, Kristen dan Islam. Tapi Kota Tua tidak akan ada selamanya. Telah terdaftar dalam Daftar Warisan Dunia sejak 1982. Kurangnya perlindungan dan perawatan yang layak membahayakan situs ini.

29. ITALIA TENGAH
Lokasi: Italia

Italia telah diserang oleh serangkaian gempa tahun ini yang telah merusak bangunan bersejarah. Lebih buruk lagi, ahli seismologi mengatakan sejumlah garis patahan bergerak bawah wilayah tersebut, yang berarti berada pada risiko gempa yang lebih tinggi. Jika Anda berencana untuk berwisata ke daerah tersebut, travel blogger Celia Aberneth merekomendasikan Orvietto, Perugia, Assisi dan Urbino.

30. AMAZON RAINFOREST
Lokasi: Brasil
Deforestasi menyusutkan hutan hujan Amazon dan menempatkan keanekaragaman hayati dan penduduk pribumi dalam bahaya. Proyek pembangunan untuk bendungan, jalan dan jaringan pipa sampai polusi, perburuan dan hilangnya sumber daya alam membuatnya lebih rentan terhadap kebakaran dan kekeringan.

Demikianlah Tempat yang harus dikunjungi sebelum menghilang, semoga bermanfaat.

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × four =