by

3 Cara Mendidik Anak

Memiliki anak merupakan impian setiap pasangan, seorang anak menjadi pelengkap kebahagian dalam rumah tangga. Orang tua bertanggung jawab penuh terhadap kebutuhan anak, anak  akan menjadi penerus generasi kita, tentunya kita akan berusaha agar anak kita mendapat kasih sayang serta pendidikan yang baik.

Cara mendidik anak
Cara mendidik anak (Ilustrasi/pixabay)

Kita sebagai orang tua tentu  tidak ingin anak kita kekurangan kasih sayang, terjerumus pada pergaulan yang bebas, serta tidak memiliki akidah yang baik. Untuk itu kita harus benar-benar mendidik anak-anak kita.
Berikut tiga tips mengajarkan pendidikan yang baik untuk anak-anak kita

1.    Menanamkan Tauhid dan Akidah yang Baik

Hal pertama yang kita ajarkan kepada anak-anak kita yaitu tentang tauhid, memberikan pelajaran tentang siapa Tuhan kita, mengenalkan mereka cara beribadah, menanamkan nilai-nilai keTuhanan, menguatkan iman mereka agar anak-anak kita tidak mudah terpikat oleh kebudayaan yang berbeda dengan kita terutama akidah yang kita tanamkan. Dengan ini anak-anak kita akan tumbuh menjadi anak-anak yang baik, dekat dengan agama, sebab tanggung jawab kita bukan hanya di dunia tapi juga di akhirat nanti.

Tauhid menjadi pondasi kuat yang harus dimiliki anak-anak kita. Agar di manapun mereka berada, iman mereka tidak goyah, mereka akan menyadari bahwa Tuhan mengawasi di manapun kita berada. Setelah kita mengajarkan tauhid, dan memperkuat keimanan mereka, baru kita membebaskan anak-anak kita untuk memilih bakat apa yang akan mereka tekuni.

2.    Menghormati Orang Tua

Sebelum anak kita mengenal sekolah TK, SD, SMP, SMA, sampai PERGURUAN TINGGI. Terlebih dahulu kita mengenalkan lingkungan kepada anak kita dan orang tua menjadi contoh keteladanan bagi anak. Kurangnya keteladanan dari orang tua maka kurang juga kewibawaan kita di depan mereka. Kita tentu tidak hanya ingin mempunyai anak yang pintar, tetapi juga anak yang benar, menghormati orang tua merupakan pelajaran kedua yang harus kita tanamkan kepada anak-anak kita setelah tauhid. Kita ajarkan kepada mereka untuk bersopan santun, menghormati sesama, menyayangi yang lebih muda juga bergaul tanpa memandang status sosial. Mengajak mereka untuk bersilaturahmi memperkuat tali persaudaraan, sehingga anak kita menjadi orang yang disenangi banyak orang karena budi pekertinya.

Disiplin ilmu yang mereka pelajari, kedudukan tinggi yang mereka raih tentu tidak akan membuat kita bangga, ketika anak kita tidak patuh dan hormat kepada orang tua. Maka tanamkanlah nilai-nilai kesopanan kepada anak-anak kita.

3.    Pendidikan Moral

Pendidikan anak bukan hanya mencerdaskan mereka, tetapi juga mendidik akhlaq mereka dengan baik, menanamkan nilai-nilai moral.

Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 19 =