13 Cara Ampuh Mengusir Tikus Secara Alami

Tikus merupakan hewan yang paling menyebalkan. Hampir semua rumah pasti pernah didatangi tikus. Tikus merupakan binatang/hama pemakan segala macam yang bisa dimakannya. Tidak hanya makanan, kabel, plastik, mainan anak, karpet, bahkan pakaian pun kadang kita dapati rusak karena dimakan tikus. Berikut akan dibahas cara ampuh mengusir tikus di rumah :

Cara ampuh mengusir tikus di rumah (Ilustrasi/pixabay)

  1. Daun Mint / Peppermint

Cara menggunakannya sangat mudah. Siapkanlah seikat daun mint kemudian haluskan dan ambil sarinya. Larutkanlah dengan air dan semprotkanlah cairan tersebut ke tempat yang sering dilalui tikus. Tikus sangat membenci aroma ini dan akan menghindari dimana ada bau menthol ini. Boleh juga anda menanam pohon mint di sekitar rumah. Pohon mint sangat bermanfaat bagi kesehatan dan dapat pula mengusir tikus yang ingin mampir ke rumah anda.

2. Soda pop/Bom Soda

Cara mengusir tikus dengan soda pop ialah, berikanlah soda pop ini pada makanan yang akan dimakan tikus. Soda pop dapat membuat tikus sakit perut, kembung dan tidak dapat membuang gas.

3. Saus cabai, air dan deterjen pakaian

Cara ketiga ini bisa dicoba bagi anda yang hobi berburu. Haluskanlah saus cabai, air, dan deterjen pakaian menjadi satu dan masukkan di dalam spray. Anda harus siaga saat tikus lewat, Semprotlah pada wajah ataupun badan tikus. Alhasil tikus akan kepanasan. Untuk cara ini hati-hatilah dalam menggunakan dan menyimpannya karena bisa berbahaya bila terkena mata kita.

4. Ammonia

Ammonia ini merupakan zat yang terkandung pada air seni manusia. Cara penggunaannya ialah dengan menyemprotkan secukupnya zat ini di area tempat tikus atau daerah yang dilalui tikus. Bau ammonia ini menunjukan kekuasaan baru mahluk lain, membuat tikus tersesat dan akan mencari tempat tinggal lain.

5. Suara aneh

Tikus sangat membenci suara hewan seperti bunyi jangkrik, kucing, anjing karena ia akan merasa terganggu. Begitu juga dengan bunyi-bunyian aneh yang belum pernah didengarnya. Coba gunakanlah mainan anak yang sudah tidak terpakai atau perangkat yang mengeluarkan bunyi aneh dan letakkanlah di tempat yang dilalui tikus. Alhasil tikus akan pergi jauh-jauh.

6. Jangkrik

Carilah jangkrik yang bisa mengerik keras, letakanlah di tempat yang biasa dilalui tikus contohnya dapur. Maka tikus tidak akan berani menghampiri dapur anda.

7. Kucing

Boleh anda coba dengan memelihara kucing di rumah. Kucing merupakan musuh alami bagi tikus. Kucing akan memangsa dan membasmi tikus , dijamin rumah anda akan bebas dari tikus.

8. Buah mengkudu

Aroma buah mengkudu juga sangat menggangu bagi tikus. Irislah buah mengkudu dan letakan di tempat yang dilalui tikus.

9. Kulit Durian

Tikus pun juga tidak menyukai aroma durian. Ambillah kulit durian dan potong menjadi beberapa bagian. Letakan di tempat yang biasa dilalui tikus. Tikus akan menjauhi bau menyengat ini.

10. Minyak mint

Tikus juga tidak menyukai aroma mint, gunakanlah minyak mint yang banyak dijual sebagai minyak wangi , oleskanlah di karton, dan letakanlah di tempat yang sering didatangi tikus. Alhasil tikus tidak mendatangi tempat itu lagi.

11. Kapur barus/Kamper

Hancurkanlah kasar beberapa buah kapur barus, lalu sebarkan di area yang biasa didatangi tikus. Cara ini sangat efektif dan murah, tikus akan pergi dan rumah anda pun wangi

12. Batang tanaman berduri tajam

Ada beberapa tanaman berduri tajam seperti pelepah salak atau tanaman hias lainnya. Letakanlah potongan batang berduri tersebut di tempat yang biasa didatangi tikus. Maka tikus tidak akan datang lagi karena kesakitan bila terkena durinya.

13. Mewarnai atau mengecat badan tikus

Cara ini bisa anda coba dengan menangkap salah satu ekor tikus, lalu lumuri badannya dengan warna merah lalu lepaskan lagi. Tikus itu tidak akan berani datang lagi begitu pula tikus–tikus lainnya karena takut.

Demikianlah 13 cara ampuh mengusir tikus dalam rumah. Mengusir tikus bisa dilakukan dengan alat elektronik, software mp3 ataupun cara alami. Cara alami yang mudah ini bisa anda coba dan semoga rumah anda bersih bebas dari tikus. Selamat mencoba.

Ruangan komen telah ditutup.