by

12 Tips Membuat Tidur Jadi Lebih Nyenyak

Masalah dengan rekan kerja, PR yang numpuk, atau masalah keluarga biasanya menjadi alasan tidur Anda menjadi tidak pulas. Fenomena yang disebut insomnia bisa menghampiri Anda. Selain dengan obat-obatan dan terapi dari ahli, Anda bisa melakukan cara–cara berikut agar tidur Anda menjadi lebih nyenyak.

  1. Aktivitas Sesuai Jadwal

Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Sleep Medicine, bila aktivitas kita sehari–hari seperti mandi, sarapan, dan kerja dilakukan di waktu yang sama setiap harinya akan menurunkan kemungkinan insomnia dan menambah kualitas tidur.

Tips agar tidur nyenyak
Tips agar tidur nyenyak (Ilustrasi/pixabay)
  1. Hindari Kafein

Kafein merupakan zat yang terdapat dalam kopi dan minuman lainnya yang dapat membuat mata kita lebih lama terjaga. Jika Anda minum kopi setelah pukul dua sore, dapat dipastikan Anda akan kesulitan tidur di malam hari. Selain itu, terlalu banyak minum kopi juga bisa membuat Anda buang air kecil lebih banyak di malam hari.

  1. Olahraga Rutin

Kebanyakan orang berpikiran bahwa olahraga akan membuat tubuh Anda lelah dan cepat tidur. Namun, ternyata olahraga dapat membuat tubuh menjadi lebih segar, bukan menjadi lemah. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan olahraga minimal 30 menit di pagi dan sore hari.

  1. Minum Susu Hangat Sebelum Tidur

Minum susu sebelum tidur dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak dan memberikan tryptophan, salah satu jenis asam amino, yang membuat tidur Anda lebih berkualitas.

  1. Hindari R*kok

Mer*kok merupakan kebiasaan buruk yang harus Anda hentikan kalau Anda ingin tidur nyenyak setiap harinya. Seperti kafein, r*kok akan membuat mata Anda terjaga lebih lama.

  1. Matikan Gadget Sebelum Tidur

Di zaman yang serba canggih ini akan sangat sulit untuk bisa lepas dari peralatan elektronik apalagi gadget seperti smartphone. Smartphone memang sangat berguna dan praktis dalam penggunaannya, namun Anda tidak boleh sampai kecanduan memakai gadget. Masalahnya, gadget ini menjadi salah satu alasan kenapa tidur Anda tidak nyenyak.

Menurut seorang psikolog terkenal, Allison Harvey, cahaya dari gadget dapat mengacaukan jam biologis tubuh sehingga dapat meningkatkan insomnia. Jika terpaksa memakai gadget, disarankan untuk memberi jeda satu jam setelah menggunakan gadget kemudian pergi tidur.

  1. Ruangan yang Sejuk

Ketika tidur, tubuh secara otomatis menurunkan suhu tubuh kita. Oleh karena itu, ketika akan tidur pastikan bahwa ruangan Anda dalam keadaan sejuk. Artinya, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

  1. Matikan Lampu

Dengan suasana yang gelap, tubuh akan lebih memahami bahwa Anda sedang ingin istirahat. Selain itu, ruangan yang gelap ketika tidur akan meningkatkan hormon melatonin yang dapat membuat Anda tidur lebih cepat.

  1. Suasana Senyap

Sebagian besar masyarakat berpikiran bahwa tidur dengan suara–suara, seperti suara televisi, dapat membuatnya tertidur lebih cepat. Padahal itu salah besar. Cahaya dan suara televisi hanya akan memperlambat produksi hormon melatonin yang sudah saya jelaskan di atas. Selain itu, akan menstimulir otak untuk tetap aktif.

  1. Tempat yang Nyaman

Dengan bantal, guling, dan kasur yang nyaman Anda akan lebih nyenyak tidur. Namun, pasti harganya tidak murah. Sehat memang mahal harganya.

  1. Jangan Lihat Jam Saat Terbangun di Tengah Malam
  2. Biarkan Cahaya Matahari Membangunkan Anda

Bangun dengan cahaya alami dari matahari akan membuat hormon melatonin lebih efektif bekerja dan tubuh bangun tanpa rasa kaget. Sebaiknya, buat tirai jendela Anda lebih tipis agar cahaya bisa masuk dalam ruangan Anda.

Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven + 13 =