10 Tips Sukses Membuka Usaha Baru

Awal dalam mempersiapkan diri menjalankan usaha baru merupakan faktor penentu kesuksesan usaha Anda di masa depan. Bagi Anda wiraswasta baru, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika membuka usaha baru, antara lain:

  • Harga

Harga yang terlalu mahal akan menjauhkan konsumen dari Anda, apalagi yang usahanya masih baru. Tetapi, bila harganya terlalu murah akan dianggap produk Anda itu murahan. Selain itu, keuntungan yang Anda dapatkan juga tidak banyak.

Untuk menentukan harga, Anda harus mempertimbangkan biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan produk, biaya yang sekiranya pas menurut konsumen (bayangkan jika Anda ada di posisi konsumen), dan harga yang diberikan oleh saingan Anda.

Untuk menarik konsumen, tetapkan harga lebih murah dibanding saingan Anda. Asalkan harga tersebut sudah mencakup biaya produksi dan laba.

Cara memulai usaha baru
Cara memulai usaha baru (Ilustrasi/pixabay)
  • Menu

Bagi Anda yang membuka usaha makanan, ciptakan menu baru minimal 6 bulan sekali untuk menghindari kejenuhan konsumen. Perhatikan apakah ada pelanggan yang suka pada menu baru Anda. Jika tidak banyak yang tertarik, Anda bisa copot saja produk itu dari daftar menu karena memang setiap orang memiliki spesialisasinya masing-masing.

Tetapi jika ada pelanggan yang suka membeli produk tersebut, Anda dapat pertimbangkan kembali untuk memertahankannya dengan memerhatikan perbandingan porsi dan jumlah pelanggan yang menyukai. Misal jika setiap hari hanya ada satu atau dua orang yang membeli, Anda dapat buat porsinya sekitar lima atau empat agar tidak membuang bahan.

  • Tempat

Ketika memilih tempat usaha, perhatikan aksesnya apakah mudah dijangkau atau tidak. Percuma jika tempat usaha Anda di dekat jalan raya, tetapi lalu lintasnya padat, bahkan jika ada di pertigaan karena susah dihampiri. Akibatnya pelanggan menjadi malas mampir di tempat Anda. Sebaiknya tempat usaha Anda dapat dijangkau oleh kalangan kelas atas sampai bawah.

BACA JUGA  7 Tips Sukses Memulai Wirausaha

Kemudian tetapkan konsep yang pas menurut Anda. Konsep ini harus dapat disesuaikan dengan kondisi tempatnya. Misalnya membuat tempat makan yang sejuk di taman dengan konsep yang serba putih akan menambah kesan menarik. Tempat yang menarik akan selalu dicari pengunjung bahkan jika ada di desa sekalipun.

  • Promosi

Promosi dapat dilakukan melalui media cetak, media sosial, internet, media elektronik, maupun dari mulut ke mulut. Meskipun sudah memiliki pelanggan tetap, promosi tetap penting untuk dilakukan. Apalagi jika Anda sering menghasilkan inovasi dan kreasi baru.

Selain itu, perlakukan semua pelanggan, baik yang baru maupun yang lama, secara sama dan adil agar mereka merasa aman dan nyaman. Pemberian diskon di hari-hari tertentu juga dapat meningkatkan omzet Anda.

  • Karyawan

Karyawan yang baik setidaknya memiliki tiga sifat berikut: ramah, jujur, dan disiplin. Karyawan yang baik ialah yang mampu membuat pelanggan merasa nyaman, memberikan suasana yang nyaman, dan mampu berkomunikasi dengan baik.

  • Manajemen

Apa sih manajemen itu? Manajemen adalah usaha untuk mencapai target yang telah ditetapkan dengan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan. Tujuan dari manajemen ialah untuk memperoleh laba dan memuaskan konsumen.

  • Pemasaran atau Marketing

Strategi pemasaran yang tepat sangat dibutuhkan agar produk kita dapat menguasai pasar. Strategi pemasaran yang tepat ialah memberikan kualitas barang sesuai dengan harga yang diberikan. Produk yang kita hasilkan sebaiknya yang mampu memenuhi kepuasan pembeli dengan daya beli sesuai kemampuan pembeli.

Tips Membuka Usaha Baru

  • Pilihlah jenis usaha yang sekiranya Anda sudah paham benar tentang teknik pengolahannya.
  • Selalu jaga kualitas produk Anda.
  • Sering memantau perkembangan pasar agar dapat menentukan inovasi baru.
  • Membuat produk yang berbeda dari yang lain.
  • Membuat citra atau merek atau ciri khas Anda sendiri agar konsumen selalu ingat produk Anda. Biasanya konsumen suka dengan produk yang unik dan belum pernah ada.
  • Harga jual sesuaikan dengan produk.
  • Selalu buat inovasi dan kreasi terbaru.
  • Berikan pelayanan yang ramah dan berkesan.
  • Memilih karyawan yang jujur, ramah, dan disiplin.
  • Selalu lakukan promosi agar omzet penjualan Anda terus meningkat.

BACA JUGA  7 Tips Sukses Memulai Wirausaha

Artikel Terkait dan Link Sponsor

10 Tips Sukses Membuka Usaha Baru Post in | Last updated: December 27th, 2016 - 113 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × two =