by

10 Tips Merawat Peralatan Dapur

Kebersihan peralatan dapur tentu sangat penting untuk membuat masakan yang sehat. Selain itu, agar tetap awet dan tahan lama kita perlu merawat dan menggunakan peralatan dapur secara hati-hati. Bagaimana caranya? Simak tips berikut ini.

  1. Merawat Talenan

Talenan sering digunakan untuk memotong sayur, buah, daging, dan bahan masakan lainnya. Agar tahan lama dan bebas dari sisa potongan bahan makanan, kita bisa mengoleskan beberapa tetes minyak pada talenan kayu.

Cara merawat peralatan dapur
Cara merawat peralatan dapur (Ilustrasi/pixabay)
  1. Merawat Peralatan dari Kayu

Peralatan yang terbuat dari kayu mudah menyerap air dari masakan yang Anda masak. Sebelum menggunakan peralatan kayu yang baru, sebaiknya rendam dulu alat tersebut dengan campuran air dan cuka putih selama semalam. Tujuannya agar peralatan Anda terbebas dari bau makanan.

  1. Keringkan Saringan Metal

Saringan yang terbuat dari bahan metal bisa muncul karat jika tidak dikeringkan dengan baik. Cara tercepat untuk mengeringkan saringan metal ialah dengan memanaskannya di oven kurang lebih 2 menit lamanya. Jangan lupa gunakan sarung tangan untuk mengambilnya.

  1. Menajamkan Gunting

Seperti pisau, gunting juga bisa tumpul jika digunakan terus menerus. Namun, gunting tidak bisa diasah dengan cara yang sama seperti pisau. Kita dapat menggunakan amplas untuk membersihkan bagian tajam dari gunting. Selain itu, gunting dapur yang tumpul dapat kembali tajam dengan cara menggunting-gunting amplas.

  1. Cek Keakuratan Timbangan

Keakuratan timbangan sangat penting untuk menghasilkan perbandingan bahan makanan yang pas. Cara mengecek keakuratan timbangan ialah dengan mencoba menimbang margarin atau keju, atau bahan lain yang pada kemasannya tertulis dengan jelas berat bersihnya. Dengan begitu, Anda bisa memperkirakan timbangan Anda akurat atau tidak.

  1. Membersihkan Peralatan dari Plastik

Peralatan dari plastik biasanya akan sulit bersih jika telah bertemu dengan minyak dan lemak. Untuk membersihkan minyak dan lemak membandel, Anda dapat merendam peralatan dari plastik dalam campuran air dan baking soda. Kemudian, bilas dengan air bersih.

  1. Merawat Penggorengan

Pasti kita pernah merasakan repotnya membersihkan sisa makanan yang melekat pada penggorengan. Hal ini dapat dicegah dengan merebus air plus cuka di atas penggorengan yang masih baru. Niscaya, makanan tidak akan melekat pada penggorengan Anda.

  1. Membersihkan Peralatan dari Aluminium

Warna peralatan yang terbuat dari aluminium, seperti sudip dan spatula, lama kelamaan dapat berubah menjadi hitam. Ada cara untuk mengembalikan warnanya seperti semula, yaitu dengan menggosokkan peralatan yang telah menghitam pada rebusan air + 2 sendok tartar.

  1. Menghilangkan Minyak

Untuk membersihkan tumpahan minyak dan lemak, kita dapat menggunakan tepung. Tepung tersebut ditaburkan di atas tumpahan minyak, lalu digosok. Jangan gunakan serbet untuk membersihkan minyak. Tepung dapat meresap minyak, sedangkan serbet tidak.

  1. Menggunakan Saus Botol

Agar saus dalam botol mudah keluar, coba masukkan sedotan ke dalam botol tersebut. Kemudian, putar ke kiri dan ke kanan secara bergantian. Hasilnya, saus dalam botol akan mudah mengalir ke luar.

Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 − one =