by

10 Tips Meningkatkan Kemampuan Otak

Beberapa orang memang telah dilahirkan dengan intelejensia yang tinggi, sedang sebagian yang lain dilahirkan dengan intelenjensia yang rata–rata atau bahkan di bawah rata–rata. Kecerdasan bukanlah sesuatu yang bersifat statis. Kecerdasan bisa ditingkatkan dengan beberapa cara sebagai berikut:

  1. Meningkatkan Kadar Oksigen Dalam Darah

Menghirup udara segar, misalnya udara di pagi hari atau udara di pegunungan, memberikan asupan oksigen lebih banyak dalam tubuh karena udara ini belum banyak mengandung zat berbahaya. Zat berbahaya ini misalnya CO dari asap kendaraan bermotor. CO ini dapat menurunkan tingkat oksigen dalam darah sehingga perlu kita hindari.

Cara meningkatkan kemampuan otak
Cara meningkatkan kemampuan otak (Ilustrasi/pixabay)

Hirup nafas dalam–dalam untuk meningkatkan kadar oksigen dalam darah. Otak kita sangat membutuhkan asupan oksigen yang cukup. Tingkat oksigen yang rendah dapat menurunkan kinerja otak kita. Anda juga bisa menerapkan senam pernafasan untuk membuat pernafasan Anda semakin kuat.

  1. Menulis Jurnal atau Diary

Ilmuwan–ilmuwan terkenal, seperti Isaac Newton, Albert Einstein, dan Thomas Jefferson, diketahui memiliki kebiasaan membuat jurnal harian. Bahkan, penemu bola lampu, yaitu Thomas Edison diketahui telah membuat sekitar 3 juta catatan, surat, dan jurnal yang berisi pemikiran pribadinya. Ia telah menulisnya sepanjang hidupnya.

  1. Belajar Dan Berlatih

Bahkan, orang dengan IQ paling tinggi sekalipun dapat mengalami degenerasi otak, yaitu kemunduran kemampuan otak, jika otaknya tidak dilatih secara rutin. Orang pintar memiliki banyak aliran syaraf dalam otaknya. Aliran ini tercipta ketika mempelajari hal–hal baru.

Saya sendiri pernah mencobanya. Ketika saya SMP saya pernah menjadi juara kelas berturut–turut dalam tiga tahun. Saya pun mencoba untuk tidak melatih otak saya lagi. Setengah tahun kemudian, saya merasakan bahwa saya kesulitan dalam belajar, berbeda dengan saat saya masih SMP.

Sesekali lakukanlah senam otak kecil, seperti mengingat 10 benda di dapur atau di ruang kerja.

  1. Membaca Cepat

Membaca cepat menuntut otak untuk bekerja cepat. Hal ini juga dapat menyingkat waktu untuk mempelajari sebuah buku. Ada beberapa teknik yang dapat diterapkan, salah satunya ialah teknik Photo Reading.

  1. Mengisi Teka–Teki Silang

Ketika bermain TTS, otak dituntut untuk bekerja mencari sebuah kata di dalam daftar kosakata otak kita. Cara ini pun dapat meningkatkan daya ingat otak. Selain itu, bermain TTS dapat memperbanyak perbendaharaan kata dalam otak kita.

  1. Istirahat yang Cukup

Otak kita pun juga butuh istirahat. Tidur yang cukup merupakan cara efektif untuk mengistirahatkan otak kita. Selain itu, mandi juga membuat kita segar kembali, seperti menekan tombol refresh. Istirahat yang cukup juga dapat meningkatkan daya ingat otak. Belajar yang efektif ialah belajar selama 20 menit kemudian istirahat 10 menit.

  1. Sarapan

Selain hal–hal di atas, otak juga butuh asupan nutrisi yang cukup. Sarapan telah terbukti dapat meningkatkan konsentrasi dalam bekerja, menambah daya ingat, memperkuat mental, dan meningkatkan mood. Sarapan merupakan kesempatan pertama bagi otak untuk mendapat asupan nutrisi setelah sebelumnya tidak diisi selama 8 – 12 jam.

  1. Meditasi
  2. Makanan Sehat

Makanan yang dapat meningkatkan kemampuan otak antara lain, sayuran, ikan, avocad, biji bunga matahari, kacang-kacangan, buah berry, dan biji–bijian seperti gandum dan beras merah. Jangan lupa minum susu dan air putih. Idealnya kita harus minum air putih hingga 8 gelas per hari.

  1. Olahraga Rutin

Olahraga terbukti dapat meningkatkan mood, meningkatkan daya ingat, mempertajam kecerdasan, dan memperlancar sirkulasi darah. Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti jogging atau bersepeda.

 

Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 + 14 =