by

10 Kreasi Bakso Paling Unik

Selain nasi goreng dan sate, bakso merupakan salah satu makanan Indonesia yang banyak digemari oleh masyarakat lokal maupun mancanegara. Makanan yang berbentuk bola daging ini sering dikreasikan menjadi bakso unik yang memiliki bentuk dan rasa yang beda dari bakso biasa. Dari sekian kreasi bakso yang ada, kami menyajikan untuk Anda 10 kreasi bakso paling unik:

  1. Bakso Penyet

Mungkin Anda pernah lihat di warung–warung kaki lima biasanya ada menu ayam penyet, tempe penyet, lele penyet. Nah, penyet yang satu ini memang jarang hadir di kalangan masyarakat luas. Bakso penyet biasa disajikan dengan sambal dan lalapan. Kemudian, kalau kalian ingin mencicipi bakso penyet ini, kalian bisa mampir di Warung Bu Kris yang ada di Surabaya, Sidoarjo, Denpasar, Jakarta dan Tangerang.

  1. Bakso Setan
Bakso setan
Bakso setan (Foto: Tribunnewsbogor/Yudhi Maulana)

Dari namanya kok terasa ngeri ya? Bakso setan merupakan bakso daging dan urat yang berukuran jumbo. Saking gedhe-nya bakso ini, bahkan sampai menuhin satu mangkok full. Penasaran? Coba aja incipi bakso setannya Mas Bejo di Gang Pasama, Cimanggu, Bogor. Selain di Mas Bejo, Bakso setan ini sudah tersebar di banyak daerah di Indonesia, antara lain di Jakarta, Kediri, dan Cisarua.

  1. Bakso Moncrot

Moncrot artinya munc**t. Kenapa dinamakan bakso moncrot? Bakso moncrot ini dibuat dengan mengosongkan isi buah tomat kemudian di dalamnya diisi bakso. Sehingga saat dibelah air dalam tomat akan munc**t keluar. Bakso moncrot bisa Anda jumpai di daerah Tebet, Jakarta Selatan.

  1. Bakso Comberan

Bukan berarti bakso ini dibuat dari air comberan ya. Bakso ini dinamakan bakso comberan karena kuahnya yang berwarna hitam mirip comberan. Tapi jangan salah sangka dulu, rasa bakso dan kuah comberan ini lezzzat banget lo. Kuahnya yang berwarna hitam dibuat dari kuah rawon yang kemudian dicampur mie dengan potongan tulang dan daging. Pokoknya maknyuss deh. Bakso comberan dapat Anda coba di kedai Pak Bewok di daerah Beji Timur, Depok.

  1. Bakso Sarang Burung

Mungkin bakso sarang burung merupakan bakso yang paling menyehatkan dibanding jenis bakso lain. Kenapa? Karena bakso ini dibuat dengan campuran daging dan sayur yang dibentuk bulat kecil–kecil sehingga mirip telur burung puyuh. Selain itu, bakso ini disajikan dengan mi soun yang mirip dengan jerami pada sarang burung. Lucu bukan?

  1. Bakso Mercon

Ada yang suka makan yang pedas–pedas? Mungkin bakso mercon bisa Anda jadikan referensi makanan. Mercon artinya petasan. Bakso mercon dibuat dengan isi potongan–potongan cabe rawit yang akan meledak ketika sampai di mulut kita. Pedasnya minta ampun deh. Sama seperti bakso setan, bakso mercon ini sudah populer di kalangan masyarakat luas. Salah satunya dapat Anda jumpai di Malang, Garut dan Sidoarjo.

  1. Bakso Telur Setengah Matang

Mungkin bakso dengan telur rebus sudah terdengar biasa ya.. Nah, biar gak biasa, bakso yang satu ini memiliki telur setengah matang sebagai isiannya. Waah bisa dibayangkan waktu kuning telurnya melumer keluarr. Kalian para pecinta telur setengah matang pasti akan jatuh cinta dengan bakso ini. Nendang banget deh rasanya.

  1. Bakso Rambutan

Terdengar lucu ya dari namanya. Bakso rambutan ini sebenarnya ialah bakso yang dilapisi mie keriting yang renyah banget dan disajikan kering tanpa kuah. Bakso ini cocoknya jadi cemilan ya, tapi bisa juga buat lauk pauk. Sajiannya yang tanpa kuah ini membuat bakso rambutan beda dari bakso lainnya.

  1. Bakso Barbel

Bakso yang bulat–bulat mungkin udah biasa bagi kalian para pecinta bakso. Tapi, bakso kali ini hadir dengan bentuk yang beda banget. Ya, bakso barbel ini memang beda dari bakso lain. Tidak hanya baksonya yang berbentuk barbel, bahkan garpu, sendok, mangkuk serta meja dan kursinya berbentuk barbel. Waw unik banget yaa. Penasaran kenapa serba barbel gini? Rumornya sih yang punya usaha bakso barbel ini bang Agung Hercules. Hmm.. pantes aja ya serba barbel semua.

  1. Bakso Kabut

Kalau jalan–jalan ke daerah Jember, Jawa Timur jangan lupa mencoba bakso kabut di warung milik Bu Juhairiyah. Bakso kabut sebenarnya merupakan bakso yang memiliki lapisan telur di luar dan diisi dengan daging di dalamnya. Jadi, seperti bakso dengan telur rebus biasanya namun letak telur dan dagingnya di ubah. Rasanya pun juga berubah lo, tak sama dengan bakso telur rebus biasa. Penasaran? Kalau iya ayo segera mampir di Jember.

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- kreasi bakso selain daging - 7 kreasi baso unik - kreasi mie ayam unik - kreasi isi baso - kreasi bentuk bakso - kreasi bakso unik - kreasi bakso di indonesia - bakso paling unik - bakso bejo taiwan - macam2 kreasi bakso

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − eleven =