by

10 Cara Melangsingkan Tubuh

5/5 (1)

Tubuh langsing dan singset merupakan dambaan seluruh wanita di dunia. Namun sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa tubuh langsing itu relatif bagi setiap individu. Idealnya tubuh tidak hanya tergantung pada proporsi berat badan namun juga proporsi tinggi badan. Lalu, bagaimana mengukur postur tubuh ideal? Berikut rumusnya :

IMT = BB : TB2

Dan berikut klasifikasinya :

KlasifikasiIMT (kg/m)
Kurang<18,5
Normal18,5 – 22,9
Lebih>23
Gemuk Sedikit23 – 24,9
Obesitas I25 – 29,9
Obesitas II>30

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membentuk tubuh gemuk menjadi langsing dan ideal, mulai dari penggunaan bahan–bahan alami, terapi, dan obat–obatan. Langsung saja berikut ini alternatif cara yang dapat Anda ambil untuk melangsingkan tubuh:

  1. Akupunktur dan Laserpunktur

Diet melalui akupunktur kini banyak tersedia di kota-kota besar. Tujuannya ialah untuk menstimulasi syaraf untuk menekan rasa lapar. Teknik akupunktur hanya bisa dilakukan oleh ahli akupunktur. Biasanya dengan menusukkan jarum ke saraf di bagian belakang telinga dan di seluruh tubuh.

Seiring berkembangnya teknologi, banyak akupunktur yang beralih ke laserpunktur karena banyak orang yang takut dengan jarum dan penggunaan jarum yang tidak steril berpotensi menularkan penyakit. Laserpunktur ini menggunakan sinar infra merah yang bergerak lurus ke satu arah hingga mengenai saraf yang dikehendaki. Namun, akupunktur tetap lebih efektif dibanding laserpunktur.

  1. Jamu

Jamu merupakan alternatif yang bagus bagi yang tidak ingin mengeluarkan uang untuk pergi ke dokter. Kita bisa membuat jamu tradisional di rumah asalkan punya bahannya.

Bahan yang tidak boleh kita gunakan dalam membuat jamu pelangsing antara lain:

  • Lada karena dapat mengganggu proses metabolisme
  • Kumis kucing karena berat badan akan turun sebab tubuh kehilangan cairan. Kurangnya cairan dalam tubuh malah akan mengakibatkan dehidrasi.
  • Temulawak karena dapat menambah nafsu makan.

Jamu memang bermanfaat dalam melangsingkan badan, namun dalam jangka panjang jamu memberikan efek samping pada tubuh, antara lain:

  • Hilangnya rasa lapar membuat kita jarang memberi asupan nutrisi pada tubuh yang mengakibatkan penurunan fungsi tubuh.
  • Pembakaran lemak yang berlebihan dapat mengakibatkan tubuh kekurangan asupan lemak.
  • Mengurangi asupan karbohidrat yang membuat tubuh kurang berenergi.
  1. Olahraga

Olahraga merupakan cara paling aman dalam melangsingkan tubuh. Namun, jadwal yang padat serta rasa malas membuat kita jarang melakukannya. Padahal, olahraga sangat penting bagi proses pembakaran lemak. Olahraga yang dapat kita lakukan antara lain lari di tempat, berenang, bersepeda, jalan kaki, dan bersepeda stasioner.

  1. Diet Atkins

Diet atkins merupakan diet tinggi protein rendah karbohidrat. Menurut Robert Atkins, diet ini akan membawa tubuh ke dalam kondisi ketosis dimana karbohidrat yang sedikit akan membuat enzim mencerna lemak lebih banyak, sehingga pembakaran lemak mudah dilakukan. Namun, peristiwa ketosis ini mirip dengan peristiwa kelaparan sehingga berbahaya jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama.

Sangat disarankan sebelum melakukan diet atkins melakukan konsultasi dulu dengan dokter dan melakukan olahraga rutin. Selain itu, untuk orang–orang dengan gangguan ginjal, ibu yang sedang hamil, dan yang menderita diabetes tidak disarankan melakukan diet ini.

  1. Diet Food Combining

Contoh pola makan food combining yang dapat Anda ikuti ialah:

  • Pagi hari, mengonsumsi air hangat dengan perasan jeruk nipis, jus buah–buahan yang matang dan manis, mengonsumsi sepiring kecil potongan buah–buahan seperti satu buah apel, dua buah jeruk, atau dua buah markisa. Jika masih terasa lapar tambah lagi porsinya. Kemudian, bagi yang sakit makanlah sepotong roti isi sayuran/singkong di jam berikutnya.
  • Siang, makan makanan yang banyak mengandung protein hewani, sayur, tahu, tempe, dan tanpa nasi. Hindari makan ayam negeri. Jika pada beberapa jam berikutnya Anda masih lapar, Anda boleh ngemil kacang–kacangan atau buah.
  • Malam hari, konsumsi karbohidrat, tahu, tempe, dan sayur
  • Sebelum tidur, minum setengah jus sayuran
  1. Diet Sup Kol

Ketika melakukan diet ini, berarti Anda diharuskan mengonsumsi sup kol dalam jumlah besar dan makanan lain dalam jumlah kecil. Makanan lain ini bisa berupa buah–buahan, sayur, sedikit makanan protein hewani, dan susu non-fat. Tujuannya untuk menjaga Anda tetap kenyang sepanjang hari dan mengurangi konsumsi makanan berlemak.

  1. Diet Dengan Metode Kualitatif

Diet ini mengharuskan Anda untuk makan tiga kali sehari dalam waktu yang telah diperkirakan, yaitu pagi hari pukul 7-8 atau 8-9 atau 9-10, lalu siang hari pukul 12-13 atau 13-14, dan malam pada 18-19 atau 19-20 atau 20-21.

  1. Suntik Diet

Suntik diet dilakukan untuk memberikan obat–obatan diet ke dalam tubuh pengguna. Cara ini termasuk berbahaya karena dapat menekan pusat–pusat lapar dalam otak. Suntik diet harus dilakukan oleh dokter spesialis. Biaya yang dikeluarkan pun tidak sedikit, yaitu antara Rp 60.000 – Rp 150.000 untuk sekali suntik. Terapi ini juga sangat menyakitkan.

  1. Sedot Lemak

Cara ini tidak boleh dilakukan untuk orang yang memiliki riwayat penyakit jantung, hipertensi, dan diabetes. Kulit mereka pun harus masih elastis. Bagi yang sudah berkulit kendur dapat dilakukan tummy tuck yang khusus dilakukan di bagian perut.

  1. Suplemen Pelangsing


 

Rekomendasi Produk untuk Melangsingkan Tubuh


10 Cara Melangsingkan Tubuh 1

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- cara nekan obat obatan di club

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three + 4 =