Yuk Traveling Culinary ke Gresik



Bagi anda penyuka traveling tentu tak akan keberatan untuk menjajal segala tempat wisata sekalipun ke luar kota. Seperti tepat pada libur panjang, tentu anda sudah merencanakan pergi berlibur yang mengasikkan bersama keluarga. Tak ada salahnya bila anda mengajak keluarga anda untuk berwisata ke tempat-tempat wisata terkenal di Jawa Timur, seperti Gunung Bromo di Probolinggo, Batu Malang, Kebun Binatang Surabaya, Wisata Bahari Lamongan, Bukit Jamur di Gresik, Pulau Bawean di Bawean Gresik, dan lain-lain.

Bila anda berwisata ke Gresik atau hanya sekedar melewati kota Gresik atau bahkan anda termasuk orang yang suka traveling culinary atau foodism traveling alias pemburu makanan ya sebutan lebih bagusnya orang yang ingin mengexplore makanan daerah atau kota yang dikunjunginya, maka tak ada salahnya bila anda mencicipi makanan khas Gresik. Di kota yang bertetangga dengan Surabaya dan Lamongan ini memiliki berbagai macam makanan khas yang enak, lezat, dan unik yang membuat orang dari kota lain penasaran dengan keunikannya baik dari segi tampilan maupun cita rasa. Penasaran dengan keunikan dan kelezatan makanan dari Gresik, yuk langsung saja lihat apa saja kuliner yang wajib dicoba bagi para pemburu kuliner yang sedang berwisata ke Gresik.

1. PUDAK

Pudak Gresik
Pudak Gresik via Kompasiana

Pudak merupakan kuliner khas asli dan hanya ada di Gresik. Makanan yang satu ini cukup populer di kalangan masyarakat Gresik sendiri maupun masyarakat kota luar Gresik. Bagi pelancong dari luar kota Gresik yang berkunjung ke Gresik pasti tak akan lupa untuk membeli pudak untuk mereka bawa pulang sebagai oleh-oleh. Pudak terbuat dari tepung beras, gula pasir/gula jawa, dan santan kelapa sehingga bisa disebut pudak putih. Ada pula pudak yang terbuat dari sagu sehingga pudak ini berwarna coklat sagu. Pudak putih dan pudak sagu sama-sama memiliki rasa manis. Keunikan pudak ada pada pembungkusnya yakni bungkus/kemasan pudak berasal dari pelepah daun pinang atau disebut “ope”. Sagu sendiri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita diantaranya

  • Sumber makanan yang menyehatkan.
  • Mencegah risiko kanker usus.
  • Mencegah obesitas (kegemukan)
  • Menjaga kekuatan tulang dan gigi
BACA JUGA  8 Tips Packing Jadi Lebih Praktis

2. NASI KRAWU

Nasi Krawu Gresik
Nasi Krawu Gresik (wkp)

Makanan ini tak kalah populernya dengan pudak. Nasi krawu merupakan makanan khas asli dari Gresik. Nasi krawu yang merupakan masakan khas daerah tentu saja mempunyai ciri khas, cirinya ialah nasinya yang pulen dan disajikan dengan daun pisang. Lauknya dapat berupa sayatan daging sapi, semur daging, jeroan sapi, ditambah dengan sambal terasi dan serundeng.

3. OTAK-OTAK BANDENG

Otak-otak Gresik
Otak-otak Bandeng Gresik (Ilustrasi/wkp)

Bagi masyarakat awam yang bukan dari daerah Gresik jika mendengar nama otak-otak bandeng mungkin mereka mengira bahwasanya makanan ini terbuat dari otak ikan bandeng, namun hal itu salah. Otak-otak Bandeng adalah makanan yang dibuat dari bahan dasar ikan bandeng yang diracik sedemikian rupa dan duri-durinya dihilangkan. Otak-otak bandeng ini ada yang hanya dikukus dan ada pula yang dibakar. Tak perlu ragu dengan rasanya, otak-otak bandeng ini memiliki cita rasa yang sangat lezat. Penasaran dengan rasanya, yuk ke Gresik dan coba makanan satu ini.

4. BONGGOLAN

Bonggolan Gresik
Bonggolan Gresik via Masakandapurku

Membaca nama makanannya saja unik dan lucu ya, Bonggolan. Bonggolan ini bisa dibilang pempeknya Gresik karena kesamaan dari bentuknya yang seperti pempek lenjeran lonjong dan berwarna putih. Namun perbedaanya terletak pada bungkus atau pengemasnya yang biasanya bonggolan menggunakan daun pisang dan baunya yang khas akan bau ikan. Jadi bila anda suka pempek maka jangan lupa untuk mencoba cicipi bonggolan Gresik. Teksturnya yang kenyal dan rasanya yang gurih membuat masyarakat Gresik sendiri sangat menyukai makanan ini.

5. SEGO RUMO (Nasi Rumo)

Sego Ruma Gresik
Sego Ruma Gresik via imkuliner

Sego Rumo ini terdiri dari nasi putih yang diletakkan dalam pincuk daun pisang dan ditambahkan dengan campuran daun singkong dan daun api-api rebus serta remahan krupuk atau rempeyek yang kemudian disiram dengan kuah kental serta ditaburi serundeng. Kuah kental ini bentuknya hampir menyerupai bubur sumsum namun berwarna merah dan rasanya gurih.

BACA JUGA  Flashpacker, Komunitas Para Pelancong

Nah itulah kuliner-kuliner yang berasal dari Gresik. Masih banyak lagi kuliner yang ada di Gresik yang belum terexpose namun cita rasanya tak kalah dengan kuliner yang telah diuraikan pada penjelasan di atas. Yuk rencanakan liburan ke tempat wisata yang indah dan bikin anda happy. Jangan lupakan untuk berburu kuliner khas Gresik ya, bisa untuk oleh-oleh juga.



Informasi ini masuk dalam bahasan:

- bonggolan terbuat dari tulang ikan - buah pudak terletak di daerah mana - club daerah gresik - travel gresik - traveling gresik

Artikel Terkait dan Link Sponsor

Yuk Traveling Culinary ke Gresik Post in | Last updated: December 13th, 2016 - 13 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × three =