Vatikan, Negara Mungil di dalam Negara



Vatikan berdiri di atas benua Eropa, tepatnya di tanah Kota Roma, Italia. Kota Vatikan berada di atas bukit Vatikan, sebelah Barat Laut Kota Roma. Meskipun memiliki wilayah yang kecil, Vatikan memanglah sebuah negara. Namun, lebih tepatnya negara bagian dari Italia.

Sejak beratus-ratus tahun lalu, Vatikan selalu menjadi tempat tinggal bagi Paus beserta generasi penerusnya. Paus merupakan seorang pemimpin agama Katolik yang paling dihormati oleh seluruh umatnya di seluruh dunia. Selain sebagai pemimpin agama, Paus juga merangkap sebagai kepala negara Vatikan. Vatikan memiliki susunan pemerintahan dan politik yang telah diakui negara-negara lain di seluruh dunia. Negara mungil ini juga menjalin hubungan dengan negara-negara lain layaknya sebuah negara pada umumnya. Vatikan juga memiliki duta besar di seluruh negara dunia.

Basilica St. Peter
Basilica St. Peter (Ilustrasi/pixabay)

Asal-usul munculnya negara Vatikan ini bermula pada tahun 326. Sekitar tahun 326, dibangun sebuah gereja di tanah kosong tak berpenghuni. Gereja tersebut dikenal dengan nama Basilika Santo Petrus. Di sekitar gereja tersebut mulai dibangun pemukiman penduduk yang akhirnya berkembang menjadi sebuah wilayah negara bernama Vatikan.

Meskipun wilayahnya sempit, namun di dalam Kota Vatikan terdapat banyak bangunan megah bernuansa klasik. Contohnya saja, Anda bisa lihat pada altar Basilika St. Petrus. Konstruksi bangunannya begitu indah menggambarkan ciri khas bangunan Romawi. Tempat ini merupakan pusat kegiatan seluruh umat Katholik di dunia. Kubah Basilika St. Petrus dirancang oleh Michelangelo.

Selain itu, ada Museum Vatikan yang menyajikan karya-karya Gereja Katolik Roma. Karya-karya tersebut antara lain, lukisan hasil ciptaan Caravaggio dan Leonardo da Vinci, lalu beberapa patung serta karya indah lainnya. Terdapat banyak karya-karya Michelangelo yang terpampang di dalam museum ini. Intinya, museum ini menyimpan banyak hasil karya tersohor di seluruh dunia. Kemudian, ada Kapel Sistina yang desain interior maupun eksteriornya patut diacungi lima jempol.

Yang perlu Anda ketahui, Vatikan memiliki penduduk yang tidak menetap. Mereka merupakan pekerja di Vatikan. Sehingga, ketika mereka berhenti bekerja di Vatikan, itu berarti mereka sudah tidak menjadi penduduk Vatikan lagi. Unik sekali ya?

Keunikan lain dari Vatikan ialah terdapat Swiss Guard, yaitu para penjaga yang berpakaian unik ala zaman Renaissance. Para penjaga ini merupakan pria yang tidak menikah di negeri asalnya, Swiss.

 



Informasi ini masuk dalam bahasan:

- tentang vatikan negara di dalam negara

Artikel Terkait dan Link Sponsor

Vatikan, Negara Mungil di dalam Negara Post in | Last updated: October 8th, 2016 - 13 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − 3 =