Teleportasi Kuantum Mendekat Dalam Realitas



Apa yang dipuji sebagai terobosan dalam menunjukkan kelayakan teleportasi kuantum, dua tim independen dari para ilmuwan telah berhasil mentransfer informasi kuantum selama beberapa mil dari jaringan serat optik komersial. Percobaan yang dilakukan di kota-kota Calgary, Kanada dan Hefei, China, secara terpisah dijelaskan dalam dua studi yang diterbitkan dalam jurnal Nature Photonics.

Dilansir dalam Yahoo News, pertama kali diusulkan oleh para ilmuwan hampir dua dekade lalu, teleportasi kuantum mengandalkan “belitan”. Sebuah fenomena aneh dan kontra-intuitif pernah terkenal disindir sebagai “aksi seram di kejauhan” oleh Albert Einstein. Ketika dua partikel subatomik yang terjerat, mengubah keadaan kuantum dari satu ke keadaan kuantum yang lain, tidak peduli seberapa jauh mereka.

Quantum Channel
Quantum Channel (By Andy Spencer (Own work) [CC BY-SA 4.0], via Wikimedia Commons)
Dengan memanfaatkan properti ini, peneliti di Kanada mampu mengirimkan informasi kuantum lebih 6,2 kilometer (3,9 mil) dari jaringan serat optik Calgary, sementara tim Cina menggunakan konfigurasi yang sedikit berbeda. Mereka mampu melakukannya lebih dari jarak 12,5 kilometer (7,8 mil).

Meskipun jarak yang lebih besar telah dicapai dalam laboratorium sebelumnya, ini merupakan pertama kalinya peneliti dapat menggunakan infrastruktur telekomunikasi yang ada untuk mencapai teleportasi kuantum. Sebuah langkah, kunci dalam memastikan kelangsungan hidup dan kepraktisan proses.

Berikut ini cara kuantum teleportasi bekerja. Bayangkan, jika Anda mau, tiga orang. Misalnya : Alice, Bob dan Charlie. Alice ingin mengirim informasi kepada Bob. Untuk melakukannya, ia mempersiapkan sebuah foton untuk teleportasi dan mengirimkannya ke Charlie, sementara Bob menjerat dua foton dan mengirimkan salah satu dari mereka untuk Charlie. Ketika Charlie menerima dua foton masing-masing dari Alice dan Bob, dia melakukan apa yang dikenal sebagai pengukuran Bell-negara, yang benar-benar memaksa kedua untuk menjadi dilibatkan. Hal ini, pada gilirannya, menyebabkan foton Bob runtuh ke foton asli Alice, sehingga teleportasi keadaan kuantum antara Alice dan Bob, yang dapat secara teori, dipisahkan oleh jarak mil.

Meskipun penggunaan kata “teleportasi” segera menciptakan bayangan Star Trek seperti transporter, teleportasi kuantum mengacu pada transmisi sesaat informasi, bukan dari materi yang sebenarnya.

Jadi, sementara terobosan terbaru tidak akan memimpin penciptaan transporter yang tampaknya langsung dari fiksi ilmiah, itu memang memiliki beberapa implikasi dunia nyata. Dari pengembangan komputer kuantum super cepat untuk kriptografi kuantum dan keamanan “internet kuantum,” teleportasi layak dan handal memiliki kemampuan untuk merevolusi komunikasi.

Internet kuantum misalnya, akan memungkinkan pengguna untuk mentransfer informasi melalui negara kuantum bukannya string saat ini digunakan 0s dan 1s. Mengingat bahwa lubang kebocoran tidak bisa membaca keadaan kuantum foton tanpa mengganggu itu, jaringan kuantum akan dasarnya tidak dapat diretas.

“Kedua percobaan dapat dilihat sebagai tonggak di jalan, untuk tujuan jangka panjang, yaitu membangun internet kuantum berbasis serat yang menghubungkan kota-kota besar,” ujar Johannes Kofler dari Max Planck Institute of Quantum Optics di Munich, yang tidak terlibat dalam percobaan, mengatakan kepada New Scientist.



Informasi ini masuk dalam bahasan:

- teleportasi kuantum perhitungan bell

Artikel Terkait dan Link Sponsor

Teleportasi Kuantum Mendekat Dalam Realitas Post in | Last updated: September 23rd, 2016 - 18 views
Gravatar Image
Tim Blogger Media Monitoring Club, Founder & First Leader in Rancah Astronomy Club (RAC) - Ciamis - Jawa Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + 2 =