Syarat-Syarat Terkabulnya Doa



Setiap umat muslim selalu berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Doa yang dipanjatkan pun bermacam-macam, seperti doa memohon ampunan, doa diberikan kenikmatan, doa diberikan rezeki, doa meminta hujan dan banyak doa-doa lainnya. Setiap orang pasti memiliki keinginan agar doanya cepat dikabulkan oleh Allah. Namun Allah memiliki beberapa cara untuk mengabulkan doa hamba-Nya. Jika semua doa kita ingin dikabulkan oleh Allah, maka penuhi syarat-syarat di bawah ini.

Syarat terkabulnya doa

Berikut merupakan syarat-syarat dikabulkan doanya oleh Allah:

  1. Ikhlas

Ikhlas adalah menghendaki keridhoan Allah dalam suatu amal, ibadah dan membersihkan dari segala individu maupun duniawi. Niat ikhlas ialah memurnikan niat melakukan sesuatu karena Allah semata, tidak karena alasan lain. Dalam berdoa seseorang harus ikhlas, berdoa semata-mata karena Allah, bukan karena hal lainnya.

syarat terkabulnya doa
syarat terkabulnya doa (Ilustrasi/pixabay)
  1. Sungguh-sungguh

“Barang siapa yang bersungguh-sungguh maka akan berhasil jua”

Maksud sungguh-sungguh di sini ialah berdoa dengan tulus, niat berdoa mengharap ridho Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Berdoa dengan meneteskan air mata biasanya sebagai tanda bahwa seseorang berdoa dengan sungguh-sungguh. Tentunya berdoa sungguh-sungguh ini akan dicapai jika seseorang tersebut telah ikhlas semata-mata karena Allah.

  1. Yakin dikabulkan

Apa yang kita pikirkan, apa yang ada dalam hati kita, dan apa yang kita yakini pasti akan terwujud. Jika berdoa, maka harus yakin dikabulkan, karena apa yang diyakini oleh pikiran dan hati juga yakin akan terjadi. Allah berfirman yang artinya :

“Dan demikian kami perlihatkan kepada Ibrahim tanda-tanda keagungan (Kami yang terdapat) di langit dan bumi, dan (Kami perlihatkan) agar Ibrahim itu termasuk orang-orang yang yakin”. (QS Al-An’aam :75)

“Tuhan Yang memelihara langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya, jika kamu adalah orang yang meyakini” (QS Ad-Dhukhan :7)

  1. Husnuzhan kepada Allah
BACA JUGA  Apa Itu Ummul Qur'an?

Berprasangka baik kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, karena Allah terhadap hamba-Nya seperti yang hamba-Nya sangkakan kepada-Nya. Jika seseorang berprasangka buruk, maka buruklah prasangka Allah kepadanya, dan jika seseorang berprasangka baik kepada Allah maka baik pula sangka Allah kepadanya.

  1. Sabar

Sabar di sini ialah kesabaran dengan tidak terburu-buru dan tidak terlalu cepat murung jika doanya belum dikabulkan oleh Allah.

“Sesungguhnya dalam dirimu terdapat dua sifat yang dicintai oleh Allah yaitu sabar dan tidak tergesa-gesa.” (Diriwayatkan oleh Bukhari dalam Adabul Mufrod no. 586. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini sahih)

  1. Tawakkal

Menyerahkan penuh kepada Allah tentang bentuk dan waktu pengabulan doa. Sesungguhnya Allah memiliki 3 cara dalam mengabulkan doa hamba-Nya :

  • Langsung dikabulkan
  • Ditunda pengabulannya untuk melihat usaha sang pendoa
  • Diganti menjadi lebih bak
  1. Tidak mendikte Allah

Maksudnya ialah sebagai seorang Hamba yang doanya ingin cepat dikabulkan, jangan mendikte Allah, harus mengabulkan doa persis seperti yang diinginkan. Allah merupakan zat yang Maha Mengetahui. Allah-lah yang tahu tentang yang paling baik dan buruk bagi hamba-Nya, sedangkan seorang hamba tidak mengetahui)

  1. Menyertai doa dengan usaha riil.

Adakalanya Allah tidak mengabulkan doa seorang hamba karena ia ingin melihat usaha hamba-Nya untuk menggapai apa yang menjadi keinginannya. Doa seseorang juga harus disertai dengan usaha yang nyata, usaha yang optimal dan maksimal sebagai bukti kesungguhan doanya.

Demikianlah syarat terkabulnya doa, semoga bermanfaat.



Artikel Terkait dan Link Sponsor

Syarat-Syarat Terkabulnya Doa Post in | Last updated: January 24th, 2017 - 8 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 6 =