SpongeBob, Kemana Kau Menghilang?



SpongeBob SquarePants adalah sebuah serial animasi yang paling populer di Nickelodeon. Pada awalnya serial kartun ini ditayangkan pada tahun 1999 di Amerika Serikat dan dicipta oleh Stephen Hillenburg, seorang animator dan ahli biologi laut, dan diterbitkan oleh perusahaan beliau, United Plankton Pictures Inc. Seri kartun ini ditayangkan di Malaysia menerusi saluran Nickelodeon dan TV3, dan juga melalui saluran TV9 yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Melayu.

Di Indonesia serial ini dipopulerkan oleh Lativi (sekarang tvOne), kemudian hak tayang acara-acara yang diproduksi oleh Nickelodeon dibeli oleh Global TV. Kartun ini diciptakan oleh seorang ahli biologi laut dan animator Stephen Hillenburg dan lalu dirilis melalui perusahaannya United Plankton Pictures Inc. Serial ini settingnya berada di Samudra Pasifik di kota Bikini Bottom.

Jaga Anak Anda dari Tom and Jerry, Little Krisna, Sinchan, dan Spongebob

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengingatkan orang tua agar mewaspadai film kartun dan animasi yang disiarkan sejumlah stasiun televisi di Indonesia. Kartun Bima Sakti (ANTV), Little Krisna (ANTV), dan Tom & Jerry (ANTV, RCTI, dan Global TV) masuk dalam kategori film berbahaya. Sementara Crayon Sinchan (RCTI) dan Spongebob Squarepants (Global TV) masuk kategori hati-hati.

Komisioner KPI, Agatha Lily mengatakan bahwa film anak-anak Bima Sakti, Little Krisna, dan Tom and Jerry, mengandung banyak muatan kekerasan. Baik kekerasan secara fisik maupun kekerasan terhadap hewan. “Ini berbahaya jika ditontin anak-anak,” ungkap Agatha, Selasa (23/9).

Bentuk kekerasan tersebut, di antaranya mengandung kekerasan fisik seperti mencekik, menonjok, menjambak, menendang, menusuk dan memukul. Selain itu juga ada unsur kekerasan terhadap hewan, penggunaan senjata tajam dan benda keras untuk menyakiti dan melukai seperti pisau, balok, dan benda-benda lainnya.

KPI sudah memberikan teguran kedua stasiun televisi yang menyiarkan Bima Saksi. Sementara Little Krisna (ANTV), dan Tom & Jerry sudah menyampaikan teguran pertama. “Jika tidak diperbaiki maka kami akan minta penyiarannya dihentikan,” ungkap Agatha. Stasiun televisi terkait diminta untuk menghilangkan adegan-adegan kekerasannya, jika film tersebut tetap ingin ditayangkan.

Sementara untuk film Crayon Sinchan (RCTI) dan Spongebob Squarepants, KPI menyebut dalam kategori hati-hati. Dalam tayangan tersebut ada banyak perkataan dan perbuatan yang tidak pantas ditiru anak-anak. “Seperti adegan memelorotkan celana, balas dendam, dan hal lain yang tidak patut dilihat anak-anak,” ungkapnya.

Selain film yang tidak pantas ditonton anak-anak, KPI juga memberikan penilaian terhadap fil anak yang bermutu dan layak ditonton. Seperti Dora The Explorer (Global TV), Adit Sopo Jarwo (MNC TV), Laptop Si Unyil (Trans 7), Curious George (ANTV), Thomas and Friends (Global TV), Unyil Keliling Dunia (Trans 7), dan Disney Junior (MNC TV). (Republika Online)



Informasi ini masuk dalam bahasan:

- kemana spongebob - spongebob kemanakah - spongebob kemana - Kemanakah spongebob - kemanakah film spongebob - film global tv krisna - kemana sponge - kartun yang memberi kesan mendidik - kartun nickelodeon yang pernah tayang di global tv - kamana spongebob di globaltv

Artikel Terkait dan Link Sponsor

SpongeBob, Kemana Kau Menghilang? Post in | Last updated: September 26th, 2014 - 18 views
Gravatar Image
Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + seventeen =