Latest News:

Pengertian Hosting

Writen By: Summase Sanjaya November 20th, 2012 | 2213 Views

Anda tentu sudah mengenal website dan domain. Sekarang kita akan membahas mengenai pengertian hosting.

Jika diibaratkan website adalah bangunan, sedangkan domain adalah alamat bangunannya, maka hosting adalah tanahnya untuk menampung data website. Hosting merupakan sebuah space atau ruang yang digunakan untuk menyimpan file-file yang ada hubungannya dengan website kita, seperti file HTML, file PHP, file musik, file video, ataupun gambar.

Hosting dapat juga diibaratkan sebagai Flash disk atau Hard disk, dimana alat tersebut berfungsi sebagai media penyimpan semua file dan data yang ada di komputer kita. Untuk menghubungkan domain dan hosting agar dapat bekerja optimal, kita harus mengsinkronkan nameserver yang ada pada hosting ke domain manager.

Ada beberapa jenis layanan hosting yaitu:

  1. Shared Hosting adalah menggunakan server hosting bersama sama dengan pengguna lain satu server dipergunakan oleh lebih dari satu nama domain. Artinya dalam satu server tersebut terdapat beberapa account yang dibedakan antara account satu dan lainnya dengan username dan password.
  2. VPS (Virtual Private Server), atau juga dikenal sebagai Virtual Dedicated Server merupakan proses virtualisasi dari lingkungan software sistem operasi yang dipergunakan oleh server. Karena lingkungan ini merupakan lingkungan virtual, hal tersebut memungkinkan untuk menginstall sistem operasi yang dapat berjalan diatas sistem operasi lain.
  3. Dedicated Server adalah penggunaan server yang dikhususkan untuk aplikasi yang lebih besar dan tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau virtual dedicated server. Dalam hal ini, penyediaan server ditanggung oleh perusahaan hosting yang biasanya bekerja sama dengan vendor.
  4. Colocation Server adalah layanan penyewaan tempat untuk meletakkan server yang dipergunakan untuk hosting. Server disediakan oleh pelanggan yang biasanya bekerja sama dengan vendor.

Anda berkunjung ke Media Monitoring Club dengan mencari:

pengertian hosting

Komentar Anda tentang Pengertian Hosting

Tinggalkan Komentar untuk Pengertian Hosting


9 + 4 =


Pengertian Hosting

Website Media Monitoring Club ini diperkenalkan oleh Summase A. Sanjaya - Makassar - 081355077575