Panduan Remix Video CC (Creative Commons) di Youtube



Cara Remix Video Creative Commons di Youtube

Cara remix video
Cara remix video (Ilustrasi/pixabay)

Tentunya hampir semua pengguna internet mengenal salah satu situs hiburan terbesar bernama Youtube. Situs yang didominasi warna merah dan putih ini merupakan situs website streaming video yang memungkinkan anda sebagai user melakukan aplot video, baik video lucu, film, tutorial ataupun advertisement. Namun di luar image-nya sebagai situs hiburan berbasis streaming video, Youtube juga dapat menjadi pundi-pundi uang bagi para penggunanya/ Youtuber dengan cara mengaktifkan fitur Monetize. Fitur ini memungkinkan anda mendapatkan bayaran untuk setiap subscriber atau pengunjung yang menonton video unik yang anda aplot di channel pribadi anda. Sehingga tidak mengherankan apabila, banyak pengguna akun Youtube/ Youtuber yang berlomba-lomba membuat dan mengaplot video unik guna menarik subscriber dan viewer dari video mereka.

Namun, “bagaimana dengan anda yang tidak memiliki cukup waktu senggang untuk mengedit video?”. Untuk hal ini, anda tetap dapat menghasilkan uang tanpa harus melakukan aplot video ke Youtube, adapun cara ini dikenal dengan remix video CC (creative commons). Sedikit membahas mengenai video berformat CC (Creative Common). Video CC ini dapat dijelaskan sebagai video milik organisasi nirlaba CC (Creative Common) yang secara legal dapat digunakan dan dishare kembali ( bebas dari klaim hak cipta). Untuk cara me-remix video CC di Youtube, berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat anda ikuti:

  • Langkah awal yang harus anda lakukan tentunya adalah melakukan login ke akun Youtube anda. Untuk anda yang baru pertama kali menggunakan akun Youtube anda selain untuk menonton video, anda disarankan untuk membuat channel anda terlebih dahulu dengan mengakses fitur studio creator yang berada pada logo akun Youtube anda.
  • Setelah memilki channel sendiri, anda dapat melanjutkanya dengan melakukan akses ke halaman editor. Untuk mengakses halaman ini, anda dapat mengklik URL link https://www.youtube.com/editor.
  • Pada halaman editor tersebut terdapat sebuah tampilan pemutar video yang dilengkapi dengan beberapa fitur yang mirip/ menyerupai program editing video untuk pemula. Setelah menjumpai hal ini, langkah yang harus anda lakukan selanjutnya adalah mengklik simbol CC (Creative Common) pada baris kanan yang memuat pilihan video di samping pemutar video Youtube.
  • Setelah melakukan klik simbol CC tersebut, halaman editor akan secara otomatis melakukan sortir video yang berformat CC dan menampilkannya pada baris/ kolom pilihan video di sisi kanan pemutar video.
  • Mulai dari sini, anda sudah dapat melakukan remix, anda dapat memulainya dengan memilih jenis video CC berdasarkan keyword yang anda inginkan. Keyword yang anda pilih dapat berupa nama band, artis ataupun cover song performance.
  • Kemudian lakukan dragging pada video yang anda pilih ke track remix video yang tepat berada di bagian bawah pemutar video pada halaman editor.
  • Dan langkah terakhir yang anda perlu lakukan adalah mengisi baris/ kolom deskripsi, nama project dan pengaturan lain sebelum anda melakukan publishing video remix anda.


Informasi ini masuk dalam bahasan:

- cara remix video youtube - cara remix video - cara remix video youtube di android - cara creative common youtube - Menggunakan video remik - Cara creative common 2016 - cara mencari video creative common - cara membuat video remix - cara bikin creatif common d android - youtube video creative commons

Artikel Terkait dan Link Sponsor

Panduan Remix Video CC (Creative Commons) di Youtube Post in | Last updated: October 21st, 2015 - 30 views

2 thoughts on “Panduan Remix Video CC (Creative Commons) di Youtube

    1. Biasanya sih aman gan, yang penting audio juga ambil yang free. Meskipun pernah terjadi kasus video cc yang tiba-tiba ada yang klaim, tapi itu jarang terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × three =