Mengkreasikan Telur yang Kaya Protein



Telur sangat bermanfaat bagi kesehatan, jika mengetahui penggunaannya dengan baik. Telur merupakan makanan yang paling banyak nutrisi. Tetapi, orang hanya menjadikan telur sebagai makanan sumber protein. Telur mempunyai banyak kegunaan dari kuning telur, putih telur, bahkan kulit telurnya pun sangat berguna. Banyak kegunaan dari bagian-bagian telur yang bermanfaat untuk kesehatan dan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut akan dijelaskan  mengkreasikan telur dengan unik dan menarik :

Makanan

Kebanyakan orang pasti sudah familiar jika menjadikan telur sebagai bahan makanan, telur memang baik untuk dimakan karena mengandung 90% kalsium dan zat besi pada kuning telurnya, dan satu telur penuh mengandung 6 gram protein berkualitas tinggi, dan 9 asam amino esensial yang sangat berguna bagi perkembangan tubuh.  Selain sebagai makanan pelengkap nasi, telur juga dapat digunakan untuk membuat kue. Tentunya ibu rumah tangga sudah mengetahui perihal ini.

Masker

Telur juga bisa dijadikan masker kulit untuk mempercantik area wajah, mengencangkan kulit mencerahkan dan sebagai masker anti aging. Semua bagian telur dapat dijadikan masker wajah maupun rambut dari kuning telur, putih telur bahkan hingga kulit telur.

  • Masker putih telur : zat-zat yang terkandung dalam putih telur mampu mengatasi berbagai permasalahan pada wajah, mulai dari komedo, jerawat, mengecilkan pori-pori kulit, mengatasi kulit kering, membuat kulit wajah lebih kencang dan awet muda, mengatasi wajah berminyak, dan dapat mencerahkan wajah. Cara membuat masker putih telur :
    1. Untuk kulit normal , campurkan putih telur ayam kampung dengan madu, lalu aduk hingga merata dan oleskan pada wajah hingga wajah terasa kering. Jangan lakukan hal seperti tersenyum yang akan merusak masker. Basuh wajah dengan air hangat untuk membuka pori-porinya dilanjutkan basuh dengan air dingin.
    2. Untuk kulit kering, campurkan putih telur dengan alpukat yang sudah matang, tentunya alpukat yang sudah dihaluskan. Setelah dicampurkan, oles pada wajah hingga mengeras, kemudian basuh dengan air hangat kemudian air dingin.
    3. Masker untuk menghilangkan komedo,
      Ambil putih telur lalu kocok hingga berbusa, setelah itu oleskan pada wajah lalu tempelkan kapas/tisu kering pada bagian berkomedo, setelah kering maka komedo akan terangkat bersama dengan tisu kering tersebut. Bilas wajah dengan air hangat kemudian bilas dengan air dingin.
    4. Masker untuk kulit berjerawat, campurkan putih telur dengan parutan mentimun, lalu oleskan pada wajah secara merata, setelah kering bilas dengan air.
    5. Masker untuk wajah berminyak, campurkan putih telur dengan air perasan buah lemon, lalu oleskan pada wajah hingga merata dan hindari area sensitif seperti mata dan bibir. Biarkan 20 menit lalu bilas dengan air.
  • Masker kuning telur : kuning telur dapat digunakan sebagai masker rambut dan wajah, dapat mengatasi rambut rontok, memperbaiki rambut kering dan kusam dan dapat berguna untuk menghaluskan rambut.
  • Masker kulit telur : kulit telur dapat mencerahkan dan mengencangkan Kulit wajah, caranya : jemur kulit telur dalam waktu 30 menit, setelah itu haluskan, kemudian campur dengan putih telur ayam kampung, setelah itu oles pada bagian wajah dan leher, diamkan selama 25 menit lalu bilas dengan air.
BACA JUGA  Minyak Goreng Tak Layak Pakai: Cara Mengenalinya dan Bahayanya bagi Kesehatan

 Kerajinan Tangan Unik Dari Telur

Kerajinan dari telur sangat banyak diterapkan di seluruh daerah, banyak yang dapat diolah dari kulit telur yang sudah tidak terpakai, misalnya saja seperti penjelasan di bawah :

  1. Seni dua dimensi (lukisan cangkang telur)
  2. Cangkang lilin
  3. Hiasan yang lucu dan unik


  4. Seni tiga dimensi

Dan masih banyak karya seni yang dapat dibuat dari telur. Semua bagian telur dapat dimanfaatkan dengan baik dari telur yang dibuat makanan, masker, juga kerajinan tangan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk pembaca dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.



Artikel Terkait dan Link Sponsor

Mengkreasikan Telur yang Kaya Protein Post in | Last updated: December 17th, 2016 - 14 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 12 =