Mengenal Sejarah Pipa PVC



Pipa PVC atau Polyvinyl Chloride adalah salah satu jenis pipa yang terbuat dari bahan polyvinyl. Jenis pipa ini biasanya digunakan untuk keperluan instalasi air pada rumah-rumah penduduk maupun gedung. Pipa PVC memang sudah tidak asing lagi didengar karena menurut sejarah, pipa PVC memang sudah digunakan sejak abad ke-20. Selain harga jual pipa PVC yang murah, material pipa jenis ini juga cenderung lebih mudah diaplikasikan.

Menurut sejarah, Pipa PVC dikembangkan oleh seorang ahli kimia dari Prancis yang bernama Henri Victor Regnault pada awal abad ke-19. Pada mulanya, penemuan material ini masih keras dan kaku sehingga susah dilengkungkan. Namun pada tahun sekitar 1920, produk-produk plastik sedang booming dan banyak diaplikasikan untuk berbagai peralatan rumah tangga dan perlengkapan lainnya. Salah satu perusahaan yang mencoba menggabungkan antara material Polyvinyl Chloride dan plastik kemudian menghasilkan sebuah pipa PVC yang sedikit lebih lentur, tidak terlalu kaku, namun tetap kuat.

Sejarah Pipa PVC

Pipa PVC sudah banyak dipakai sejak abad ke-20. Salah satu negara yang pertama kali mengaplikasikan pipa PVC untuk instalasi air di dalam rumah adalah Jerman. Alasan penggunaan material ini ialah harga jual pipa PVC yang terjangkau serta didukung daya tahan dan kepraktisan dalam instalasi. Hal ini membuat pipa PVC berhasil menyita perhatian pasar internasional. Pada tahun 1936, pipa PVC mulai dieksploitasi dan diaplikasikan untuk instalasi air pada rumah-rumah di seluruh dunia.

Tak hanya negara Jerman saja yang mulai memanfaatkan pipa PVC dalam instalasi rumah. Negara-negara besar seperti Amerika juga mulai melirik material ini. Di Amerika, pipa PVC baru masuk pada pertengahan tahun 1950. Namun dalam beberapa dekade, Amerika mulai melakukan penambahan dan perbaikan terkait beberapa material penyusun pipa PVC, termasuk menciptakan sambungan serta meningkatkan kelenturan pipa PVC. Penambahan materi plastik dalam pipa PVC ini menjadikan harga jual pipa pvc di Amerika jauh lebih murah dibandingkan dengan harga awalnya. Meskipun lebih murah, tingkat kekuatan dan ketahanan pipa jenis ini sangat baik.

Setelah banyak yang menggunakan pipa PVC, tingkat keamanannya mulai dipertanyakan. Pada mulanya, pipa PVC sangat mudah pecah apabila berada pada tekanan yang ekstrim dalam jangka waktu lama. Ketika proses instalasi, bahkan tak sedikit pipa PVC yang pecah. Semoga bermanfaat!



Informasi ini masuk dalam bahasan:

- profil fadlizon sebelum jadi anggota DPR

Artikel Terkait dan Link Sponsor

Mengenal Sejarah Pipa PVC Post in | Last updated: October 27th, 2016 - 10 views
Gravatar Image
Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × three =