Komponen Komponen Dalam AC

Komponen-Komponen dalam AC
Komponen-Komponen dalam AC

Pada sistem kerja AC atau Air Conditoner adalah untuk mendinginkan suhu udara dalam suatu ruangan ataupun sebuah gedung. Di dalam AC terdapat komponen-komponen yang wajib ada disetiap sistem AC. Komponen itu Antara lain:

1. Kompressor AC

Kompressor ini berfungsi sebagai alat sirkulasi (memompa dan mengedarkan) bahan pendingin refrigerant atau biasa disebut Freon ke seluruh AC. Kompressor AC juga berguna untuk membuat dua daerah tekanan, yaitu tekanan tinggi dan tekanan rendah. Dalam penggunaanya Kompressor AC dapat hanya digunakan untuk 1 indoor yang biasa kita sebut dengan split AC, atau dapat juga digunakan untuk mesin lebih dari 2 indoor atau biasa disebut dengan multi split air conditioner. Dalam multi split air conditioner satu kompressor digunakan untuk lebih dari 2 indoor AC.

2. Kondensor AC

Kondensor AC adalah alat yang digunakan untuk merubah kalor dalam AC, untuk merubah Freon dari bentuk gas menjadi cair, dan juga untuk menurunkan suhu pada Freon. Tentunya kondensor ada pada setiap AC baik single maupun multi split air conditioner. Intinya kondensator adalah alat untuk merubah Freon yang awalnya dari gas menjadi cair yang akan mendinginkan evaporator yang selanjutnya ditiup oleh fan sehingga udara menjadi dingin.

3. Evaporator

Evaporator berfungsi untuk menyerap dan mengalirkan panas dari udara yang selanjutnya akan dipertemukan dengan Freon agar suhu udara menjadi turun dan dingin yang selanjutnya akan dihembuskan kembali oleh fan AC. Cara kerjanya adalah evaporator menyerap udara panas, selanjutnya akan dipertemukan dengan Freon AC sehingga udara yang awalnya panas ketika bertemu dengan Freon akan menjadi dingin dan dikeluarkan lagi keluar menjadi udara yang dingin. Adapun komponen pendukung lainnya adalah:

BACA JUGA  16 Tips Membeli dan Merawat Spring Bed

a. Selenoid Valve

Solenoid valve digunakan pada system Multi Split Air Conditioner yang berfungsi sebagai kalp (pengontrol) saat solenoid valve terbuka maka AC dapat beroperasi begitu juga sebaliknya. Cara kerjanya adalah menggunakan tekanan gaya magnet. Gaya magnet ini diperoleh dari kumparan yang ada pada solenoid valve.

b. Strainer

Strainer adalah penyaring kotoran yang ada pada udara yang terbawa oleh Freon di dalam AC. Fungsi strainer sangat vital karena apabila kotoran masuk kedalam AC maka akan menyumbat pipa kapiler yang akan mengganggu kinerja AC

c. Accumulator AC

Fungsi dari accumulator ac adalah sebagai penampung sementara dari Freon. Selain itu accumulator AC juga digunakan untuk mensirkulasi Freon agar dapat disalurkan ke pipa kapiler.

d. Fan atau Blower

Fan atau blower adalah komponen AC yang digunakan sebagai alat untuk sirkulasi udara di outdoor AC maupun di Indoor AC. Untuk di outdoor AC fan digunakan untuk mendinginkan Freon pada kondensator sedangkan pada indoor ac adalah untuk mensirkulasikan udara dalam evaporator.

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- komponen yang digunakan ac
Komponen Komponen Dalam AC Post in | Last updated: April 1st, 2017 - 24 views
Gravatar Image
Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × one =