Kerja Sampingan Sambil Ngantor? Siapa Bilang Tidak Mungkin



Manusia memang tidak akan pernah merasa puas. Walau sudah diberi satu pekerjaan, masih ingin nambah pekerjaan lagi. Pertanyaan pun muncul ‘emang bisa?’ ‘emang mampu?’ Kalau ada niat dan kemauan disitu pasti ada jalan. Yap. Memang sulit untuk menjalankan dua usaha sekaligus. Namun, dengan beberapa tips berikut ini kalian pasti tidak akan kesusahan kerja sampingan sambil ngantor, antara lain:

  1. Perhatikan Posisi Anda Di Pekerjaan Utama

Posisi Anda pada pekerjaan utama mempengaruhi waktu luang Anda. Kenapa? Misalnya jika Anda menjadi seorang manajer maka Anda dapat menentukan sendiri jam kerja Anda di kantor. Anda bisa masuk dan pulang di jam berapa pun Anda mau. Namun, Anda akan kesulitan jika menjadi seorang karyawan yang jam kerjanya sudah diatur oleh perusahaan.

Bisnis sampingan sambil ngantor
Bisnis sampingan sambil ngantor (Ilustrasi/pixabay)
  1. Tentukan Bidang Usaha Yang Dijalani

Langkah kedua ialah menentukan bidang pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan waktu luang Anda. Usahakan untuk tidak memilih pekerjaan yang terlalu berat jika waktu luang Anda sedikit. Sebaiknya pilih pekerjaan yang sesuai dengan hobi Anda agar Anda menjalaninya dengan senang hati.

  1. Tentukan Lokasi Usaha

Lokasi usaha juga menentukan keberhasilan pekerjaan sampingan. Misalnya usaha warung makan, jika Anda menempatkannya di tempat–tempat yang ramai, seperti tempat wisata, akan banyak pembeli yang datang.

  1. Tentukan Pelanggan Dan Cara Promosi

Misalnya jika pelanggannya anak–anak kecil, Anda cukup memasang papan nama. Kemudian, jika pelanggannya orang kantoran, mungkin Anda perlu menyebarkan informasi dari mulut ke mulut dan memasang papan nama. Kalau pelanggannya orang jauh, Anda bisa memasang iklan di internet, TV, dan koran. Ingat, pelanggan adalah raja. Berikan pelayanan sebaik mungkin dan mereka akan datang lagi ke tempat Anda.

  1. Kumpulkan Informasi

Informasi yang cukup merupakan modal utama dalam mendirikan sebuah usaha. Ketahui kelebihan dan kekurangan dari usaha Anda, risiko yang mungkin akan terjadi, dan taktik pemasaran.

  1. Siapkan Modal

Hal ini tentu saja diperlukan dalam mendirikan sebuah usaha apapun usaha itu.

  1. Pilih Tenaga Kerja Yang Mumpuni

Jaman sekarang banyak orang yang bahkan tega membohongi dan mengkhianati teman atau orang yang telah lama dikenalnya. Oleh karena itu, kami sarankan untuk memilih tenaga kerja dari orang yang jujur, baik, ramah, dan terbuka. Lebih baik lagi jika orang tersebut merupakan anggota keluarga Anda sendiri.

  1. Siapkan Rencana Keuangan Dengan Matang

Rencana keuangan diperlukan agar Anda tidak kebingungan memikirkan untung dan rugi usaha Anda. Dalam menyiapkan rencana keuangan, pastikan untuk menyediakan uang darurat, memisahkan uang pribadi dan uang hasil usaha, lalu menghitung untung dan ruginya. Rencana keuangan ini harap ditulis dengan tulisan yang rajin atau diketik.

  1. Disiplin Waktu

Kalau perlu aturlah jadwal Anda, kapan Anda akan di kantor dan kapan Anda kerja sampingan. Jangan lupa sisakan waktu untuk istirahat karena bagaimanapun juga tubuh Anda perlu istirahat yang cukup.

  1. Siap Menghadapi Risiko

Sebelum memulai pekerjaan, pikirkan risiko–risiko yang mungkin akan terjadi dalam usaha Anda. Kemudian, siapkan rencana Anda untuk menghadapi risiko tersebut. usahakan untuk menganalisanya sedetail mungkin.

  1. Pandai Mengatur Waktu

Agar tidak gagal dalam pekerjaan utama dan pekerjaan sampingan, Anda harus berusaha untuk membagi waktu antara pekerjaan sampingan, pekerjaan utama, dan waktu pribadi Anda secara adil.

  1. Penuhi Target Pekerjaan Utama

Pekerjaan utama merupakan pekerjaan yang harus Anda pertahankan, kecuali jika Anda telah memutuskan untuk keluar dari pekerjaan tersebut.

  1. Perhatikan Kesehatan

Kesehatan yang baik merupakan kunci dari semua kerja keras yang Anda jalani. Oleh karena itu, jaga tubuh Anda agar tetap fit dan berkharisma. Makan makanan yang sehat dan bergizi serta olahraga yang rutin minimal 30 menit setiap hari. Dan jika perlu, minumlah vitamin tambahan.



Informasi ini masuk dalam bahasan:

- kerja sampingan sambil kerja di tempat utama

Artikel Terkait dan Link Sponsor

Kerja Sampingan Sambil Ngantor? Siapa Bilang Tidak Mungkin Post in | Last updated: September 19th, 2016 - 13 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 7 =