Kenali 7 Tanda Bulan Sabit Pada Kuku



Bulan sabit berwarna putih pada kuku disebut lunula. Dalam pengobatan cina, lunula dapat menjadi indikasi dalam mengetahui kesehatan tubuh manusia. Lunula merupakan bagian dari akar kuku yang berfungsi untuk pertumbuhan kuku. Walaupun kuku dicabut seluruhnya, maka bagian lunula ini akan tetap ada. Kecuali jika terjadi kelainan pada kuku.

Tujuh tanda lunula yang harus diketahui:

  1. Jika Lunula berwarna biru pucat mengindikasikan kemungkinan diabetes mellitus.
  2. Jika warna lunula kemerah-merahan/ terdapat noda merah bisa kemungkinan mengalami gangguan pada jantung seperti kardiovaskular, penyakit pembuluh darah kolagen, penyakit hematologi malignancies (kanker darah).
  3. Bentuk lunula yang kecil dapat menjadi tanda kalau pencernaan bermasalah. Penyebabnya bisa karena metabolisme tubuh yang lambat atau toksin dalam tubuh yang berlebih.
  4. Jika tidak terdapat lunula pada ibu jari, maka menandakan seorang berpotensi terkena anemia (kekurangan darah) dan kekurangan gizi.
  5. Penyakit Wilson’s Disease dapat ditandakan jika area lunula berwarna biru. Ini merupakan penyakit gangguan genetik karena terjadi penumpukan zat tembaga di organ vital seperti hati, kornea mata dan otak.
  6. Jika lunula pada kuku menghilang dan permukaan kukunya berubah warna menjadi putih atau sering disebut Terry’s nails, bisa jadi hal tersebut mengindikasikan adanya penyakit hati yang berat. Biasanya ini terjadi pada semua jari kuku, meskipun ada juga yang hanya muncul pada satu kuku.
  7. Lunula yang sehat ditandai dengan warna merah muda transparan, karena pembuluh darah di bawahnya yang berbayang. Lunula seperti itu menandakan kondisi tubuh yang sehat juga menunjukkan kondisi akar kuku yang sehat.
arti bulan sabit di kuku
arti bulan sabit di kuku (Ilustrasi/pixabay)

Penelitian mengatakan seseorang harus memiliki minimal 8 tanda sabit dari 10 kuku pada jari tangan maupun jari kaki. Jika kurang dari 8 maka menandakan seseorang itu mengalami kekurangan daya dan kesehatan yang lemah. Namun, hal di atas bukanlah menjadi patokan pasti untuk mendiagnosis seseorang. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit jika mengalami keluhan mengenai lunula pada kuku.



Artikel Terkait dan Link Sponsor

Kenali 7 Tanda Bulan Sabit Pada Kuku Post in | Last updated: January 17th, 2017 - 12 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 1 =