Kelebihan Membaca Surat Al-Kahfi Pada Hari Jum’at



Membaca surat Al-Kahfi merupakan salah satu amalan yang baik dilakukan pada hari Jum’at. Kenapa Jum’at? Karena Jum’at merupakan hari yang baik bagi umat islam. Surat Yasin merupakan bacaan yang sering dilantunkan pada malam Jum’at maupun pada hari Jum’at. Namun, belum ditemukan dalil khusus yang mensyariatkan membaca surat Yasin pada Hari Jum’at. Sebuah hadits menegaskan untuk membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at yang artinya :

“Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya kepadanya sejauh antara dirinya dan Baitul ‘Atiq” (H.R Al Hakim)

Surat Al-Kahfi terdiri dari 110 Ayat dan merupakan surat Makkiyah. Al-Kahfi berisi tentang kisah pemuda yang tinggal di dalam gua. Membaca surat Al-Kahfi pada malam Jum’at atau hari Jum’at dapat dimulai dari terbenamnya matahari pada Kamis sore hingga terbenamnya matahari pada hari Jum’at. Selain membaca surat Al-Kahfi, sangat dianjurkan untuk menghafalkan 10 ayat pertama dari surat Al-Kahfi berdasarkan sabda Rasulullah yang Artinya :

“Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari Dajjal” (H.R Muslim)

kelebihan surah al kahfi pada hari jumat
Kelebihan surah al kahfi pada hari jumat

Hadits lain mengatakan bahwa yang dihafalkan ialah 10 ayat terakhir surat Al-Kahfi. Surat Al- Kahfi dimulai dengan puji-pujian kepada Allah SWT sehingga dapat menjauhkan dari fitnah Dajjal. Dan bagian akhir dari surat Al-Kahfi mengandung makna mengenai keimanan dan amal-amal Soleh.

Membaca surat Al-Kahfi Juga dapat menjadi cahaya penerang dan petunjuk dari Allah SWT. Dalam sebuah hadits yang Artinya :

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR. Ahmad)

BACA JUGA  Malam Lailatul Qadar

Itu artinya, dengan rutin membaca surat Al-Kahfi terutama di hari Jum’at akan membuat kehidupan seseorang terasa mudah, ringan, dan tenang tanpa perasaan gelisah dalam menghadapi cobaan maupun tidak.

Begitu pula dalam sebuah riwayat dari Abu Sa’idal-Khudrira., dari Ibnu Umar ra., Rasulullah SAW bersabda yang artinya :

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jum’at.”

Hadits tersebut menjelaskan dengan membaca surat Al-Kahfi pada Hari Jum’at kita akan mendapatkan Ampunan dosa dari Allah SWT. Tentunya disertai dengan Taubatan Nasuha dan amalan-amalan yang wajib maupun sunnah dilakukan.



Artikel Terkait dan Link Sponsor

Kelebihan Membaca Surat Al-Kahfi Pada Hari Jum’at Post in | Last updated: January 6th, 2017 - 14 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 6 =