Kehidupan Mengejutkan di Europa, Bulan Jupiter



NASA telah membuat pengumuman tentang ‘aktivitas mengejutkan’ di bulan Jupiter, Europa. Pengumuman ini disampaikan pada hari Senin, 21 September 2016.

Dilansir dalam Daily Mail, banyak berspekulasi bahwa NASA akhirnya bisa mengumumkan bukti kehidupan di luar Bumi. Bagaimanapun, Badan Antariksa telah menuangkan air dingin untuk klaim ini, diantisipasi tidak akan berhubungan dengan alien.

Jupiter moon Europe
Jupiter moon Europe (NASA/Wikimedia)

Europa, bulan keenam terdekat Jupiter. Ia terletak pada 500 juta mil dari matahari dan memiliki laut di bawah permukaannya. Hal tersebut, membuatnya salah satu tempat yang paling mungkin di tata surya bagi kehidupan untuk berkembang.

Konferensi pers telah digelar pukul 14:00 ET (19:00 GMT) pada hari Senin, dan disiarkan dalam video langsung.

‘Para astronom menyajikan hasil dari mengamati Europa yang unik, yang mengakibatkan bukti mengejutkan dari kegiatan yang mungkin berhubungan dengan keberadaan samudra, bawah permukaan pada Europa,’ tulis pejabat NASA.

Gambar yang disajikan akan diambil oleh teleskop ruang angkasa Hubble.
Karena Europa memiliki potensi untuk memiliki air lebih likuid daripada yang kita miliki di Bumi. Beberapa telah berspekulasi, bahwa kejutan mengungkapkan bisa menjadi bukti bagi kehidupan.

Dengan lebar 1.900 mil (3.100 km) pelabuhan samudra besar Europa, para astronom berpikir laut ini berada dalam kontak dengan mantel berbatu Europa, membuat segala macam reaksi kimia yang kemungkinan menarik.

Hubble menggunakan spektrograf untuk melihat uap air, yang ditunjukkan pada gambar sebagai piksel biru di atas bulan.

“Sejauh penjelasan yang paling sederhana untuk uap air ini ialah bahwa hal itu meletus dari permukaan Europa”, ujar Lorenz Roth dari Southwest Research Institute di San Antonio.

“Jika mereka terhubung dengan bawah permukaan air laut, kami yakin ada di bawah kerak Europa. Berarti, penyelidikan masa depan bisa langsung menyelidiki susunan kimiawi dari lingkungan berpotensi Europa, tanpa pengeboran melalui lapisan es.”, ujar Bill McKinnon, seorang ilmuwan planet di Washington University di St Louis.

“Konfirmasi membanggakan akan menjadi hal yang besar, tapi aku tidak memiliki pengetahuan insider.” pungkas McKinnon.



Informasi ini masuk dalam bahasan:

- Kehidupan bulan jupiter - kehidupan di bulan jupiter

Artikel Terkait dan Link Sponsor

Kehidupan Mengejutkan di Europa, Bulan Jupiter Post in | Last updated: September 26th, 2016 - 13 views
Gravatar Image
Tim Blogger Media Monitoring Club, Founder & First Leader in Rancah Astronomy Club (RAC) - Ciamis - Jawa Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − twelve =