Hal Mistis Keraton Yogyakarta



Sebagian besar penduduk Indonesia tentu mengenal bahkan pernah mengunjungi salah satu keraton yang berdiri di Daerah Istimewa di Indonesia yaitu Keraton Jogja atau  Keraton  Yogyakarta. Tempatnya yang sudah sangat kuno dan hawa-hawa yang sangat mistis membuat bulu kuduk kita merinding saat berada di tempat ini. Lalu pernahkan anda berfikir tentang hal-hal magis  dan mistis yang kerap kali terjadi di Keraton Yogyakarta? Berikut kami akan mengupas tuntas mengenai hal-hal mistis yang terjadi di Keraton Yogyakarta.

Hal mistis yang terjadi di tempat ini berkaitan dengan Sang Ratu Pantai selatan Kanjeng Nyai Roro Kidul atau yang biasa disebut Nyi Roro Kidul. Sejarah Jogja sangat erat kaitannya dengan sosok ratu pantai selatan Nyi Roro Kidul. Hal ini berawal dari Panembahan Senopati atau yang memiliki nama asli Danang Sutawijaya yang berkeinginan untuk membuat sebuah kerajaan baru untuk menggantikan wilayah kerajaan sebelumnya.

Kraton Yougyakarta
Kraton Yougyakarta (By Gunawan Kartapranata (Own work) [CC BY-SA 3.0 or GFDL ], via Wikimedia Commons)
Saat itu, Panembahan Senopati bertapa di Laut Selatan tepatnya di Pantai Parang Kusumo Yogyakarta. Saat itu muncullah sesosok wanita cantik yang mengaku sebagai penunggu Laut Selatan tempatnya bertapa. Kemudian sang Ratu Kidul pun terg*da dengan ketampanan Panembahan Senopati. Awalnya, Nyi Roro Kidul mencoba mengujinya, Sang Ratu menyamar dalam wujud naga dengan api yang panas, tetapi Panembahan Senopati tidak tergoyahkan. Nyi Roro Kidul lalu menjelma menjadi wanita cantik yang tak berbus*na. Namun, Panembahan Senopati  tetap bertahan dan melanjutkan pertapaannya. Akhirnya, Nyi Roro Kidul menanyakan ada perlu apa sehingga ia harus bertapa. Kemudian Panembahan Senopati menjelaskan maksud dari pertapaannya. Sang Ratu Kidul pun akhirnya mewujudkan kenginan Panembahan Senopati, Nyi Roro Kidul memberikan wilayah kerajaan yang disebut Mataram. Namun dengan satu syarat yaitu ia harus mau menikah dengan Nyi Roro Kidul dan semua Raja Mataram harus menikah dengan Nyi Roro Kidul juga. Selain itu, Nyi Roro Kidul juga berjanji akan menjaga dan melindungi wilayah Keraton Yogyakarta.

Selain itu, di Yogyakarta sampai saat ini masih dilakukan sebuah ritual dalam upacara yang diselenggarakan di Keraton Yogyakarta yaitu tarian Bedaya Ketawang. Tarian ini ditarikan oleh sembilan orang penari putri yang belum menikah atau yang masih peraw*n. Dan konon, Nyi Roro Kidul akan ikut menari bersama para penari secara gaib  menjadi penari  yang kesepuluh. Sang penari kesepuluh ini akan terlihat lebih luwes gerakannya dan lebih nampak berkilau dari penari yang lainnya.

Tari Bedaya Ketawang ini konon diciptakan sendiri oleh Sang Ratu Kidul. Tari Bedaya Ketawang adalah sebuah tarian mistik yang berisi tentang kisah cinta atau hubungan batin yang sifatnya gaib antara raja-raja dinasti Mataram dan penerusnya dengan Kanjeng Ratu Kidul. Tari Bedaya itu sendiri terdapat dua jenis yaitu Tari Bedaya Lambangsari serta Bedaya Semang kedua tarian itu ditarikan dalam rangka untuk menghormati serta memperingati Sang Ratu yang telah menjaga wilayah Keraton Yogyakarta.



Informasi ini masuk dalam bahasan:

- hal mistik kraton yogyakarta - hal mistis - keraton yogyakarta mistis

Artikel Terkait dan Link Sponsor

Hal Mistis Keraton Yogyakarta Post in | Last updated: September 27th, 2016 - 12 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 9 =