Bintang Sekarat, Tembakan Bola Api ke Luar Angkasa



Gumpalan gas super panas, memperbesar melalui ruang dalam fenomena misterius yang telah beraksi selama 400 tahun terakhir. Apa yang sedang terjadi?

Dilansir dalam Nature World News, menurut laporan dari Phys.org, bola api terlihat oleh NASA Hubble Space Telescope. Objek tersebut, diperkirakan dua kali lebih besar dari planet Mars dan jatuh melalui ruang angkasa dengan kecepatan yang akan membawa mereka dari bumi ke bulan hanya dalam 30 menit. Setiap gumpalan memiliki suhu sekitar 17.000 derajat Fahrenheit, membuat mereka hampir panas seperti permukaan matahari.

V Hydrae
V Hydrae (ESA/Hubble [CC BY 3.0], via Wikimedia Commons)
Fenomena tembakan bola api, terjadi sekali setiap 8,5 tahun untuk 400 tahun terakhir. Cannonballs sedang dikeluarkan di dekat bintang sekarat yang disebut V Hydrae, itu kira-kira 1.200 tahun cahaya. Tetapi para ilmuwan mengatakan gumpalan gas tidak bisa datang dari V Hydrae.

Teori terbaik saat ini ialah adanya sebuah bintang pendamping gaib yang memulai peluncuran bola plasma. Bintang ini akan berada dalam orbit elips yang membawa dekat suasana V Hydrae setiap 8,5 tahun, ketika itu akan “melahap” materi. Bahan ini kemudian akan menyesuaikan sebagai piringan pendamping dan menjadi loncatan untuk gumpalan plasma panas melalui ruang sekitar setengah juta mil per jam.

“Model ini memberikan penjelasan yang paling masuk akal, karena kita tahu mesin yang menghasilkan jet akresi disk,” jelas Raghvendra Sahai dari NASA Jet Propulsion Laboratory di Pasadena, California.

Sahai mengembangkan model teoritis dengan rekan-rekannya. “Raksasa merah tidak memiliki akresi disk, tetapi banyak kemungkinan besar memiliki bintang pendamping, yang diperkirakan memiliki massa yang lebih rendah karena mereka berkembang lebih lambat.”

“Kami mengusulkan model yang dapat membantu menjelaskan keberadaan nebula planet bipolar. Kehadiran struktur jet, sepertinya rumit di banyak benda-benda dan nebula planet bahkan multipolar. Kami pikir, model ini memiliki penerapan yang sangat luas.” pungkasnya.



Artikel Terkait dan Link Sponsor

Bintang Sekarat, Tembakan Bola Api ke Luar Angkasa Post in | Last updated: October 16th, 2016 - 23 views
Gravatar Image
Tim Blogger Media Monitoring Club, Founder & First Leader in Rancah Astronomy Club (RAC) - Ciamis - Jawa Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − seventeen =