Bila Kurang Mencintai Profesi



Halo, temen-temen sekalian, gimana kerjaannya?? Iya, pekerjaan. Bukan rahasia lagi, kalau sudah lulus kuliah yang ditanya pasti, “udah kerja??”. Dan buat yang baru aja resign, “sekarang kerja dimana??” pasti selalu ada. Apa lagi ketemu teman lama, salah satu pertanyaannya “sekarang kerja dimana??”, atau yang lebih halus lagi “sekarang kegiatannya apa??”. Bagaimana pun cara bertanya dan kalimatnya intinya ‘kerjaanmu sekarang apa??’.

Kalo kalian sudah kerja dan masih bekerja, itu bukan masalah kecil, lah bagi sobat yang belum kerja atau masih berjuang dengan lowongan kerja, gimana?? Well… Ini bukan soal pertanyaannya, tapi jawabannya. Masalah pekerjaan terkadang jadi hal yang sensitif bagi sebagian orang, baik yang punya pekerjaan atau yang pengangguran. Loh?? Kan punya pekerjaan harusnya mudah dong jawabnya.

mencintai profesi
mencintai profesi (Ilustrasi)

Orang yang bekerja dengan ‘terpaksa’, baik untuk memenuhi kebutuhan hidup atau status sosial, biasanya akan menjawab pertanyaan tadi dengan berat. Ya, reaksi yang sama akan muncul jika pertanyaan itu sama diajukan pada seorang pengangguran. Ada beberapa hal yang perlu kita lakukan bila ternyata kita jadi salah satu dari penerima pertanyaan dengan kondisi tersebut.

  1. Bersyukur – bersyukur salah satu hal yang penting dalam hidup, ya, itu kunci untuk bahagia. Dalam hal ini cobalah bersyukur atas apa pun yang anda dapatkan saat ini. Anda tidak mencintai pekerjaan Anda?? Setidaknya anda bisa mencukupi kebutuhan pribadi. Masih mencari kerja?? Artinya banyak waktu luang untuk melakukan hal yang menarik hati anda.
  2. Berkembang – yah, pastikan anda tetap punya mutu untuk pekerjaan baru. Apa pun status sobat saat ini, jadikanlah belajar sebagai kebutuhan kita. Baik untuk memperdalam apa yang sedang kita jalani, atau belajar hal baru. Cari hal yang menarik bagi anda, hobi, peluang usaha, atau mau belajar bahasa baru. Percaya atau tidak, kemauan belajar akan sangat membantu dalam pekerjaan.
  3. Tetap produktif – bagaimana pun anda tidak bahagia dengan profesi anda, cobalah tetap produktif. Bekerja secara profesional akan membantu anda untuk terbiasa, dan lama-lama biasa aja. Pekerjaan sampingan juga bisa dicoba. Lah, Saya pengangguran, gimana?? Banyak hal yang bisa dilakukan, ayo coba menulis, blog, cerpen, atau tulisan ilmiah. Apa pun. Freelancer?? Bisa juga, bahkan bisa jadi profesi loh. Atau mau ngajar anak-anak?? Privat atau gabung bimbel.
  4. Pergi Liburan – liburan selalu jadi pengembali semangat. Jangankan pas liburan, baru ngerencanain liburan aja udah semangat. Buat yang kurang mesra ama kerjaannya, yakinlah, gaji kalian yang bakal ngedanain jalan-jalan lu. Pulang liburan bakal semangat lagi ngegendutin
  5. Sabar – yang satu ini klise banget. Gak usah diomongin tetep sabar kok, cin…
BACA JUGA  Pengangguran Produktif

Ok, buat temen-temen dan diri sendiri, semoga saran tadi bisa membantu kita kalo ditanya soal kerjaan.



Artikel Terkait dan Link Sponsor

Bila Kurang Mencintai Profesi Post in | Last updated: January 30th, 2017 - 27 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × four =