Bekerja di Luar Bidang?? Siapa Takut



Dengan bersaingnya mendapatkan lapangan kerja, tak jarang membuat kita terjun ke dunia yang sama sekali berbeda. Seringkali kita temui seorang lulusan teknik yang bekerja sebagai administrasi. Hal ini bisa juga dikaitkan dengan lowongan pekerjaan yang tidak mensyaratkan latar pendidikan tertentu, sehingga banyak lulusan yang mengejar kesempatan kerja tersebut, walau dengan alasan sekadar mencari pengalaman.

Bagi sebagian orang hal ini terasa aneh, bahkan ada yang menyayangkan, “buat apa menghabiskan waktu kuliah bertahun-tahun kalau cuma kerja sebagai admin”. Memang bukan hal yang tabu bila bekerja pada bidang yang tidak sesuai dengan pendidikan atau minat. Mengingat hakikat bekerja sendiri tidak mengharuskan kesesuaian pendidikan atau latar belakang. Namun, ” sayang sekali” -nya itu pasti selalu ada baik pada diri sendiri atau dari orang lain. Yang terpenting ialah dengan bekerja, kita mampu memenuhi setidaknya sebagian kebutuhan, bahkan mulai melatih kemandirian.

bekerja di luar bidang
bekerja di luar bidang (Ilustrasi/pixabay)

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan bila sobat bekerja pada bidang yang belum pernah dikenal sama sekali. Antara lain:

  1. Belajar

Karena kita terlanjur berada dalam “dunia asing”, sehingga belajar menjadi kewajiban utama. Akan sangat membantu bila anda seorang “fast learner”; lalu bagaimana bila kemampuannya biasa saja?? Tekun. Kemauan untuk terus belajar akan sangat dihargai. Jangan bersikap masa bodoh atau berkata “aku tak pernah mempelajari ini” atau “ini memang bukan keahlianku”. Akan lebih baik bila memberi sugesti terhadap diri sendiri dengan berkata ” saya akan mempelajarinya dan akan menguasainya”.

  1. Minta bantuan.

Jelas anda akan membutuhkan banyak bantuan. Bersikaplah ramah terhadap senior dan teman-teman anda, agar mereka tidak segan untuk membagi ilmunya. Jangan segan bila minta bantuan mereka bila anda menemui kendala, atau ada yang anda tidak mengerti. Akan sangat membantu bila atasan anda menginstruksikan seseorang untuk mengajari anda, namun bila tidak, manfaatkan kesempatan itu untuk bersosialisasi dengan lingkungan baru.

  1. Manfaatkan kemampuan anda.
BACA JUGA  Bila Kurang Mencintai Profesi

Ya, kemampuan yang saya maksud di sini ialah soft skill. Mulai dari kepemimpinan, sikap asertif, dan lainnya. Karena kampus dan sekolah tidak hanya tempat untuk mendapatkan pendidikan formal atau kertas bertuliskan ijazah saja. Pengalaman anda yang bergabung pada kegiatan kampus atau organisasi pasti membentuk pribadi anda menjadi pribadi yang bisa bekerja sama dengan orang lain, dan bisa diandalkan. Dan pastinya kampus dan sekolah secara tidak langsung pasti membuat anda menjadi “tahan banting”, satu modal yang sangat penting bagi anda yang keluar jalur.

  1. Jangan melupakan ilmu.

Ini berlaku bila anda masih berminat untuk bekerja pada bidang yang sama dengan pendidikan anda. Tetap review apa yang anda pelajari. Dan jangan sampai ketinggalan, cari tahu perkembangan dunia tersebut, jadi bila anda mendapat kesempatan kembali, anda tidak akan tertinggal jauh. Terlebih bila pekerjaan incaran anda mengharuskan anda melalui tahap interview user yang terkadang pertanyaannya lebih bersifat teknis, dan tak jarang menanyakan sesuatu yang dasar dalam pelajaran anda.

  1. Manfaatkan usia.

Hal ini sangat menentukan karir anda. Bagi pencari kerja yang masih bertitel fresh graduate biasanya tidak akan menjadi masalah, karena usia masih dalam rentang yang dipersyaratkan. Namun bila anda masih berminat untuk pindah pekerjaan, usia menjadi salah satu penentu, terlebih bagi anda yang sudah memiliki pengalaman. Jadi bila anda yang sudah terlanjur, peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang sama dengan sebelumnya lebih besar, karena anda dianggap kompeten terhadap pekerjaan itu.

  1. Temukan hal menarik.

Tentunya bila kita berhadapan dengan hal baru, pasti akan menemukan hal yang menarik bagi anda. Jangan ragu untuk menemukannya. Rajinlah mengeksplorasi sekeliling anda. Tentunya bekerja dengan hal yang menarik akan membuat anda bahagia dan lebih menikmati masa bekerja anda.



Bekerja di Luar Bidang?? Siapa Takut Post in | Last updated: February 20th, 2017 - 13 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × two =