Bagaimana Menjadi Pegawai yang Sukses?



Dalam sebuah perusahaan, tentunya ada salah seorang atau beberapa pegawai yang negatif. Apa itu pegawai negatif? Pegawai negatif ialah pegawai yang melakukan hal-hal negatif terkait dengan pekerjaan. Misalnya ketika waktu pensiun kurang 2 tahun, kita jadi malas untuk bekerja keras. Atau mengumpat ketika dimarahi atasan karena malas mengangkat telepon yang berdering. Itulah contoh pegawai yang negatif. Mereka tidak memiliki motivasi dan inisiatif, melakukan pekerjaan seadanya dan tanpa semangat.

Adanya jenis pegawai negatif di suatu perusahaan akan membuat perusahaan sulit berkembang. Karena mereka tidak memiliki semangat untuk maju dan berubah. Lalu, bagaimana pegawai yang ideal itu? Pegawai yang ideal pasti memiliki 4 sifat berikut.

  1. Mengerti Arti Kerja Keras

Kerja keras tidak semata-mata untuk mendapatkan reward atau promosi. Arti dari kerja keras sesungguhnya ialah untuk membentuk mental dan menjadikan seseorang berkompeten. Sifat ini merupakan modal awal yang perlu dimiliki untuk menjadi sukses. Kerja keras yang kita lakukan menjadikan usaha kita bermanfaat bagi perusahaan, pelanggan, dan juga negara.

Kunci sukses dalam bekerja
Kunci sukses dalam bekerja (Ilustrasi/pixabay)
  1. Menikmati Pekerjaan

Tentu saja, tidak ada pekerjaan yang sempurna, dan selalu saja ada hal-hal yang membuat pekerjaan menjadi menyebalkan. Tetapi bagi seorang pekerja positif, ia akan menyukai dan menikmati pekerjaannya sesulit apapun itu. Merekalah para calon pegawai sukses.

Coba Anda bayangkan. Misal ketika Anda melakukan hobi yang menyenangkan untuk Anda. Waktu 2 jam, 3 jam, bahkan 1 hari pun pasti tidak akan cukup untuk membuat Anda merasa puas. Seperti inilah cara yang baik untuk menikmati pekerjaan. Anggap saja pekerjaan tersebut sudah menjadi hobi dan pilihan terbaik Anda. Semakin Anda menikmatinya, semakin mudah dan rileks melakukan pekerjaan tersebut.

  1. Positif Thinking

Seorang pegawai positif akan selalu mencari suatu hal yang mampu membuatnya termotivasi. Entah itu di situasi tersulit ataupun termudah. Dengan motivasi yang ia miliki, ia akan lebih mudah menikmati dan menjalani pekerjaannya.

Berbeda dengan pegawai negatif yang seringkali memusatkan perhatiannya pada hal-hal kecil yang mengganggu. Selain merugikan diri sendiri, sikap negatif ini juga dapat merugikan orang-orang di sekitarnya.

Misalnya ketika ada seminar di salah satu hotel kecil. Seorang pegawai negatif akan memberi komentar, “sayang, ya, kursinya tidak nyaman, makanannya pun tidak enak.” Dengan perkataan yang seperti itu, ia akan menghancurkan motivasi orang lain yang mendengar. Tetapi bagi seorang pegawai postif, ia akan melihat dari sudut pandang berbeda dan mencari hal-hal lain untuk membuatnya termotivasi kembali.

  1. Sedikit Bicara, Banyak Pekerja

Motto ini selalu dipegang oleh para pegawai positif. Ketika mereka sudah melakukan apa yang menjadi standar, mereka masih ingin melakukan pekerjaan yang lebih dari itu. Mereka tidak akan puas dengan hasil pekerjaan yang itu-itu saja. Pegawai yang positif akan selalu memikirkan cara bagaimana ia dapat melakukan lebih, bukan kurang. Dengan cara ini, perusahaan pun akan berkembang dan semakin maju.



Artikel Terkait dan Link Sponsor

Bagaimana Menjadi Pegawai yang Sukses? Post in | Last updated: November 20th, 2016 - 12 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three + six =