Asian Games 2014 Incheon



Asian Games 2014 akan resmi dibuka hari ini, Jumat 19 September 2014. Turnamen olahraga terbesar se-Asia itu akan digelar di Incheon, Korea Selatan, dari 19 September hingga 4 Oktober mendatang.

Sebenarnya, para kontestan sudah berjuang memperebutkan medali dari beberapa hari lalu, seperti pada cabang olahraga sepakbola. Namun, resminya Asian Games edisi ke-17 ini akan menggelar upacara pembukaannya di Stadion Utama Incheon Asia.

Upacara pembukaan yang digelar nanti malam ini diprediksi disaksikan sekitar 4,5 miliar manusia di seluruh benua Asia.

Terpilihnya Korea sebagai tuan rumah tak lain karena voting yang digelar oleh Dewan Olimpiade Asia (OCA). Korea yang meraih 32 suara, sukses mengalahkan India yang hanya mendapat 13 suara. (Viva News)

Asian Games Incheon kali ini adalah yang ketiga kalinya dilaksanakan di Korea Selatan setelah Asian Games Seoul tahun 1986, dan Asian Games Busan 2002 lalu. Acara kali ini berslogan ‘Nafas Perdamaian, Masa Depan Asia’ berlangsung dengan skala terbesar dalam sejarah dan menghadirkan 15 ribu atlet dan ofisial dari 45 negara anggota Dewan Olimpiade Asia (OCA). Kehadiran 45 anggota negara OCA yang melepas diri dari berbagai perbedaan ideologi, agama dan konflik menambah kuat makna acara kali ini yang disebut sebagai ‘festival olahraga untuk perdamaian dan titik temu.’ Kontingen Korea Selatan memasuki acara pembukaan di urutan ke-45 atau yang terakhir dengan dipimpin peraih medali gulat di Olimpiade London 2012, Kim Hyun-woo. Kontingen Korea Utara memasuki urutan ke-35 dengan membawa nama negara Republik Demokratik Rakyat Korea.

Para atlet ini akan bersaing ketat untuk meraih 439 buah medali di 36 cabang termasuk renang, atletik, bisbol, sepakbola, dan lain-lain. Pada hari pertama Asian Games Incheon, 18 medali emas akan diberikan kepada pemenang di 8 cabang termasuk tembak, yudo, dan angkat besi. Korea Selatan menargetkan diri menempati urutan ke-2 dengan meraih lebih dari 90 medali emas.

Asian Games 2014 Incheon
Asian Games 2014 Incheon

Asian Games mulai dilaksanakan untuk membangun persahabatan dan perdamaian di dunia setelah berakhirnya Perang Dunia kedua dan dilangsungkan setiap 4 tahun sekali. Saat Olimpiade London tahun 1948 berlangsung, 6 negara yang meliputi Korea, Filipina, Burma, India, Cina, dan Srilanka memutuskan menggelar Asian Games 4 tahun sekali.

Pada tgl.4 Maret 1951, Asian Games di New Delhi, India, dibuka untuk pertama kali. Sebenarnya, acara tersebut dijadwalkan dibuka pada tahun 1950, namun kondisi India belum kondusif, sehingga tertunda 1 tahun. Walaupun Korea adalah salah satu anggota pemrakarsa, namun tidak bisa hadir di acara pertama akibat pecah Perang Korea tahun 1950. India, Indonesia, Jepang, Filipina, Srilanka, Singapura, dan Thailand sudah mengikuti Asian Games tanpa pernah absen hingga sekarang. Sebenarnya, Asian Games ke-6 pernah dijadwalkan untuk dibuka di Seoul. Namun, pemerintah Korea Selatan menyerahkan hak pembukaan itu kepada negara lain akibat situasi yang menyulitkan di tahun 1968. Setelahnya, Korea Selatan menjadi tuan rumah Asian Games ke-10 di Seoul pada tahun 1986, Asian Games ke-14 di Busan, dan Asian Games Incheon kali ini. (KBS World Radio)



Informasi ini masuk dalam bahasan:

- nama-nama negara anggota oca

Artikel Terkait dan Link Sponsor

Asian Games 2014 Incheon Post in | Last updated: September 19th, 2014 - 22 views
Gravatar Image
Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 + 18 =