Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kita Mandi Dengan Air Dingin?



Mandi air dingin telah lama digunakan sebagai terapi menyembuhkan penyakit tertentu. Salah satunya ialah cedera otot. Mandi menggunakan air dingin juga memiliki banyak manfaat apalagi jika dilakukan pada waktu–waktu yang ideal.

Waktu ideal untuk mandi air dingin ialah pada pagi hari, siang hari, atau sore hari. Batasnya sampai pukul 14.00. Sebaiknya, mandi air dingin jangan dilakukan pada malam hari karena dapat menyebabkan kesehatan kita memburuk bahkan menyusutkan syaraf. Oleh karena itu, dianjurkan mandi menggunakan air hangat saat malam hari. Namun, hal ini juga tidak boleh dilakukan terus–menerus karena berbahaya bagi kesehatan kita.

Manfaat mandi air dingin
Manfaat mandi air dingin (Ilustrasi/pixabay)

Masyarakat sering merasa malas jika harus mandi pagi. Padahal pagi hari merupakan waktu yang sangat ideal untuk melakukannya apalagi jika menggunakan air dingin. Berikut manfaat mandi air dingin bagi kesehatan:

  1. Menambah kekuatan sistem kekebalan tubuh

Sentuhan air dingin membuat sel–sel darah putih meningkat. Sel darah putih merupakan sel penghasil antibodi yang memerangi penyakit–penyakit di tubuh kita, termasuk sel kanker. Selain itu, air dingin dapat meningkatkan sistem metabolisme.

  1. Melancarkan peredaran darah

Sistem sirkulasi darah juga bisa disebut sebagai sistem transportasi karena sistem ini mengedarkan makanan, O2, dan zat–zat lain yang diperlukan tubuh. Jantung, darah, dan pembuluh darah merupakan alat peredaran darah.

  1. Mengatur suhu tubuh
  2. Mendorong penurunan berat badan

Mandi air dingin dapat membantu mempercepat pembakaran lemak pada tubuh Anda.

  1. Meminimalkan depresi

Mandi air dingin dapat mendorong otak untuk memproduksi hormon noradrenalin yang dapat meminimalisir depresi.

  1. Meningkatkan gerakan limfatik.
  2. Memperdalam pernafasan

Mandi air dingin bermanfaat untuk membuka paru–paru Anda sehingga Anda dapat bernafas dengan lebih lega. Hal ini membantu meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh dan mencegah kelelahan.

  1. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Air dingin membantu memperkecil pori–pori kulit dan membantu proses detoksifikasi (penetralan racun) yang membuat kulit Anda semakin cerah.

  1. Meningkatkan energi

Anda tahu sendiri bahwa mandi dengan air dingin lebih menyegarkan dibanding mandi dengan air hangat. Rasa segar ini mendorong tubuh Anda untuk lebih bersemangat sehingga dapat meningkatkan energi Anda.

  1. Meningkatkan produktivitas hormon

Paparan air hangat dapat mengurangi jumlah sp***a pada pria. Untuk itu, lebih baik gunakan air dingin untuk mengurangi risiko penyakit sek***l.

  1. Lebih termotivasi


Informasi ini masuk dalam bahasan:

- manfaat mandi air dingin sore hari

Artikel Terkait dan Link Sponsor

Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kita Mandi Dengan Air Dingin? Post in | Last updated: September 4th, 2016 - 10 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − eleven =