7 Hal Yang Wajib Dilakukan Mahasiswa Selama Kuliah



Banyak hal yang wajib dilakukan mahasiswa selama kuliah. Kehidupan seorang mahasiswa terlihat lebih padat dibandingkan masa-masa sekolah SD, SMP, SMA. Padahal, jika dilihat lebih dalam, mahasiswa sekolahnya yang santai. Banyak anak yang jadwal kuliahnya empat hari dalam seminggu, ada pula yang tiga hari atau bahkan satu Minggu full. Sebagai seorang mahasiswa yang jadwal kuliahnya santai, maka harus melakukan banyak hal untuk mengisi kekosongan waktu. Jangan jadi mahasiswa seperti mayat hidup. Jangan jadi Mahasiswa KUPU-KUPU yaitu kuliah – pulang kuliah – pulang. Ada lagi mahasiswa KUDA kuliah – dagang, mahasiswa ini biasanya berjualan di kampus, baik jual makanan, jual jasa mengerjakan tugas, banyak juga yang Online Shop.

Tentunya semua mengetahui bahwa hal yang wajib dilakukan mahasiswa selama kuliah itu ialah belajar, belajar untuk meraih mimpi, cita-cita, belajar hingga lulus. Mahasiswa tingkat 3 dan 4 memang sudah disibukkan dengan skripsi, jadwal sidang, tapi masih banyak hal yang wajib dilakukan sebagai seorang mahasiswa agar hidup lebih menyenangkan, refreshing otak agar tidak melulu berasap karena tugas skripsi.

Hal yang wajib dilakukan oleh mahasiswa
Hal yang wajib dilakukan oleh mahasiswa (Ilustrasi/pexels)

7 Hal Yang Wajib Dilakukan Mahasiswa Selama Kuliah

  1. KulinerTraveler

Hal ini sangat cocok dilakukan para mahasiswa untuk sekedar mencicipi makanan-makanan khas daerah tempat kuliah mereka. Hal ini juga sangat cocok untuk anak kos, terutama anak kos yang mudah bosan tinggal di rumah, dan ingin cari hal-hal yang baru bisa melakukan hal ini.

Menjadi KulinerTraveler sangat menyenangkan, kita bisa Tahu makanan-makanan khas daerah dari makanan berat, camilan, minuman, dan kita pasti akan banyak menemukan makanan-makanan unik yang belum pernah kita rasakan. Dengan hal ini, kalian para mahasiswa juga bisa menambah wawasan tentang makanan-makanan yang enak, kalian bisa menjadi sumber pengetahuan bagi mereka yang belum pernah makan makanan enak tersebut.

  1. Traveling
BACA JUGA  Mahasiswa Termuda Usia 12 Tahun Asal Indonesia

Traveling termasuk hal yang wajib dilakukan mahasiswa selama kuliah, Karena dengan traveling, kalian bisa mengisi kekosongan jadwal kuliah. Weekend dapat digunakan untuk kalian yang ingin eksplor tempat-tempat wisata, tempat yang keren, pemandangannya indah, terutama tempat wisata di kota-kota tempat kalian kuliah. Dengan Traveling, kalian bisa menambah wawasan tentang daerah-daerah yang masih asri, masih rindang, indah. Kalian bisa mengetahui tempat-tempat wisata di daerah baru yang kalian tempati. Kalian juga bisa menjadi pemandu wisata bagi teman-teman yang belum mengenal dengan baik seluk-beluk kota. Hal ini Juga bisa untuk refresh otak yang lelah belajar.

  1. Membaca Buku

Membaca buku termasuk hal yang wajib dilakukan mahasiswa selama kuliah. Membaca buku sangat penting, sangat bermanfaat bagi mahasiswa terutama untuk mengerjakan tugas, menambah wawasan. Jadi, kalian para mahasiswa wajib sering-sering pergi ke perpustakaan kampus. Jangan hanya lewat saja ya,  membaca itu penting. Apapun yang dibaca, baik buku pelajaran, novel, majalah, koran, hanya dengan membaca 1 kalimat saja, maka kalian telah mendapatkan ilmu. Apapun yang dibaca, maka itu adalah ilmu. Maka perbanyaklah ilmu, karena dengan ilmu kalian bisa melakukan apa saja yang kalian inginkan.

  1. Menjadi Pekerja Lepas/ Freelance

Hal ini sangat penting, termasuk hal yang wajib dilakukan mahasiswa selama kuliah.  Dengan bekerja, bisa menambah uang tabungan kalian, tabungan yang akan dipergunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Menjadi pekerja lepas merupakan cara yang baik untuk meringankan beban orang tua, karena dengan menjadi pekerja dapat meringankan beban orang tua. Banyak pekerjaan yang bisa dilakukan, karena menjadi pekerja lepas merupakan suatu pekerjaan yang bisa dilaksanakan di rumah, atau dilaksanakan dalam waktu senggang.

  1. Menabung

Menabung juga sangat penting, sangat wajib dilakukan untuk mahasiswa, terutama anak kos. Anak kos harus bisa irit, hemat, agar tidak menjadi anak kos tanggal tua, yaitu anak kos yang hanya makan nasi dengan garam di tanggal tua. Dengan menabung, kalian bisa sedikit meringankan beban orang tua, apalagi jika mahasiswa tersebut bekerja, sehingga bisa memenuhi kehidupannya sendiri. Menabung juga sangat diperlukan untuk kalian mahasiswa yang ingin traveling, kuliner. Menabung dapat menambah anggaran biaya dalam perjalanan kalian.

  1. Aktif Dalam Organisasi Kampus/ UKM
BACA JUGA  Lomba Esai Bagi Mahasiswa: Jepang di Mata Orang Indonesia.

Mahasiswa harus aktif mengikuti organisasi, karena dengan organisasi mahasiswa bisa mendapatkan banyak relasi. Relasi adalah hubungan, kita harus menjalin hubungan dengan banyak orang. Relasi tersebut yang akan berperan penting saat mahasiswa sudah lulus. Dengan banyaknya relasi, maka banyak juga kesempatan untuk terus maju. Organisasi yang dapat diikuti begitu banyak, baik organisasi di kampus maupun di luar kampus. Banyak cerita yang mengatakan bahwa mahasiswa harus memiliki banyak relasi, karena di kemudian hari, relasi-relasi tersebut yang akan membantu dalam kesulitan.

Contoh saja, saat kita ingin mencari pekerjaan setelah lulus, jika kita memiliki relasi atau teman seperjuangan yang sudah bekerja, maka kita pasti akan dibantu dalam mendapatkan pekerjaan, atau saat kita ingin melanjutkan kuliah, jika kita memiliki hubungan yang baik dengan Dosen atau bahkan Rektor, pasti mereka akan membantu dalam mendapatkan beasiswa dan semacamnya. Jadi ini merupakan hal yang wajib dilakukan mahasiswa selama kuliah. 

  1. Mengikuti Organisasi Ke-Agamaan

Ini menjadi hal yang wajib dilakukan, seorang mahasiswa di suatu perguruan tinggi bukan hanya mahasiswa dari kota-kota yang kalian tinggali, tetapi berasal dari seluruh kota-kota di Indonesia atau bahkan luar negeri. Sehingga, banyak pergaulan yang akan berada di hadapan kita. Dengan mengikuti organisasi ke-agamaan seorang mahasiswa dapat menghandle dengan baik pergaulan yang diterimanya, kebanyakan mahasiswa terjerumus dalam hal yang tidak baik, terjerumus dengan pergaulan yang kurang baik. Jadi mengikuti organisasi keagamaan sangatlah wajib dilakukan, agar mahasiswa tidak terjerumus dalam pergaulan yang salah.

Di atas telah dijelaskan 7 hal yang wajib dilakukan mahasiswa selama kuliah, tentunya dengan menerapkan 7 hal tersebut, harus diiringi dengan hal-hal yang positif. Mahasiswa jangan hanya terfokus pada 7 hal tersebut, jangan sampai melupakan apa yang menjadi kewajiban utama yaitu belajar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.



BACA JUGA  150 Mahasiswa Australia akan Kuliah di Indonesia Tahun 2015

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- jadi mahasiswa harus banyak relasi

Artikel Terkait dan Link Sponsor

7 Hal Yang Wajib Dilakukan Mahasiswa Selama Kuliah Post in | Last updated: December 12th, 2016 - 20 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − 9 =