6 Tips Memasak Mie



Sajian mie sangat mudah kita temui di daerah manapun. Bahkan, produk-produk mi instan sering kita jumpai di rumah, seperti mi goreng dan mi rebus. Di semua produk mi, terdapat banyak zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Sehingga, keberadaannya pada mi harus kita hilangkan sebelum kita mengonsumsinya.

Memasak mi kelihatannya mudah, namun ternyata ada beberapa hal yang harus kita lakukan ketika mengolah mi agar hasilnya tidak mengecewakan. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengolahan mi ialah sebagai berikut:

  1. Kita harus cermat ketika memilih produk mi karena beberapa produk memiliki kualitas yang kurang bagus. Misalnya, sering putus-putus ketika dimasak, baunya apek, dan berbau air ki atau air soda. Namun, untuk memilih mi yang terbaik, kita memang tidak bisa menilai tanpa mencobanya terlebih dahulu.
  2. Sekarang ini, banyak mi yang menggunakan pewarna makanan. Dahulu kita ketahui bahwa mi kuning merupakan mi yang dibuat menggunakan telur. Namun, sekarang ada juga mi kuning yang dibuat dengan pewarna. Jadi, jangan terpengaruh karena warna mi-nya.
  3. Sebelum diolah, sebaiknya mi direbus terlebih dahulu untuk menghilangkan zat-zat kimia pada mi. Meskipun mi banyak digemari oleh masyarakat luas dan penggunaannya sangat praktis, kita dilarang untuk terlalu banyak mengonsumsi mi dikarenakan kandungan zat kimianya yang cukup tinggi dapat merusak kesehatan kita.
  4. Ketika merebus mi, masukkan mi saat air sudah mendidih dan jangan terlalu lama juga terlalu cepat mengangkatnya. Terlalu lama merebus mi akan membuat mi-nya jadi lembek. Sebaliknya, terlalu cepat merebus mi dapat membuat teksturnya kurang lembut dan keras. Sebaiknya, ikuti petunjuk pengolahan mi pada kemasannya.
  5. Setelah mi diangkat dari air, segera siram dengan air dingin untuk mempercepat proses pendinginan. Apabila perlu, perciki mi dengan minyak kemudian aduk agar mi tidak lengket satu sama lain.
  6. Biasanya kita membumbui mi ketika dalam proses pemasakan atau selesai dimasak. Hal ini keliru, karena mi yang telah dimasak teksturnya jauh lebih lunak daripada mi sebelum dimasak. Jadi, bila kita membumbui dan mengaduk mi saat dimasak atau setelah dimasak akan membuat mi putus-putus dan bumbunya tidak dapat tercampur rata. Oleh sebab itu, sebaiknya kita membumbui mi sebelum kita mengolahnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari mi terputus-putus dan agar bumbunya tercampur rata. Mi yang tidak putus-putus akan menghasilkan penampilan yang lebih menarik.
Cara memasak mie instan yang benar
Cara memasak mie instan yang benar (Ilustrasi/pixabay)

Sekian tips dari kami. Selamat mencoba!



Informasi ini masuk dalam bahasan:

- 6 Cara memasak Mie Instan - cara merebus mie instant agar tidak putus

Artikel Terkait dan Link Sponsor

6 Tips Memasak Mie Post in | Last updated: October 21st, 2016 - 14 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 − 3 =