5 Tips Membuat Hari Libur Terasa Lebih Lama

Liburan merupakan hal yang paling dinantikan semua orang, baik bagi para pelajar maupun yang sudah bekerja. Mungkin bagi anak kecil, libur semester yang lama merupakan hal yang sangat biasa bahkan terasa membosankan. Sedangkan bagi orang dewasa, hari libur bagaikan sebuah anugrah yang diberikan untuk menghilangkan penat dan bosan setelah bekerja seminggu penuh.

Bagi orang dewasa, libur pada hari sabtu dan minggu saja terasa berlalu dengan sangat cepat. Lalu, bagaimana cara membuat hari libur kita terasa lebih lama? Caranya yaitu:

  1. Mencoba Hal Baru

Dengan mencoba hal–hal yang baru kita akan mendapat kesan berbeda dari hari libur kita. Contohnya antara lain, mencoba memasak resep baru atau menanam tanaman baru di pekarangan rumah. Kesan berharga akan lebih kita dapatkan jika yang kita lakukan merupakan hal–hal yang menantang, contohnya menjelajah hutan, berkemah, atau outbond. Daripada duduk–duduk santai dengan pemandangan  yang itu–itu saja pasti akan membuat kita merasa lebih bosan, dan tanpa sadar hari libur terlewat begitu saja tanpa ada kesan yang berarti.

Tips Membuat Hari Libur Terasa Lebih Lama
Tips Membuat Hari Libur Terasa Lebih Lama (Ilustrasi/pixabay)
  1. Family Time

Keluarga merupakan tempat bernaung bagi seluruh umat manusia. Manusia merupakan makhluk yang selalu membutuhkan kasih sayang dari manusia lain. Di dalam keluarga yang hangat dan harmonis, kasih sayang tersebut dapat kita peroleh. Keceriaan hari libur bersama orang tercinta membuat hati kita senantiasa tenang dan bahagia.

Jadwal kerja yang padat seringkali membuat kita jarang berkomunikasi bersama keluarga kita, padahal komunikasi yang baik merupakan sarana yang dapat mendekatkan anggota keluarga satu dengan anggota keluarga lain. Jangan sampai alasan kerja membuat perpecahan dalam keluarga Anda.

Solusi yang dapat diambil untuk rencana family time tidak perlu yang rumit–rumit. Contohnya saja kemah di halaman rumah bersama anak–anak, berkebun bersama keluarga, bakar–bakar jagung atau memancing juga bisa dilakukan. Kegiatan–kegiatan tersebut memang terlihat simple namun dapat memberi Anda dan keluarga sebuah pengalaman berharga yang tak terlupakan.

  1. Menulis Diary

Setelah melakukan kegiatan liburan, sempatkanlah diri Anda untuk membuat sebuah catatan pengalaman. Tuangkan apa saja yang Anda lihat dan rasakan selama perjalanan tersebut. Hal ini membuat diri Anda mengerti bahwa apa yang Anda lakukan selama ini bukanlah sesuatu yang sia–sia. Selain itu, menulis diary juga bermanfaat untuk merawat ingatan.

  1. Jangan Kebanyakan Rencana

Terlalu banyak rencana wisata malah membuat Anda bingung sendiri dan pusing memikirkannya. Apalagi kalau kegiatan itu tidak sesuai dengan apa yang telah Anda rencanakan, pasti akan merasa kesal bukan? Ketika Anda merencanakan sesuatu, pikiran Anda berada di masa depan, bukan masa sekarang. Oleh karena itu, jangan terlalu banyak memikirkan apa yang terjadi di masa depan, lakukanlah hal–hal secara spontan.

  1. Ekspresikan Diri Anda

Jika Anda terlalu banyak mencemaskan suatu hal, akan membuat Anda tidak menikmati liburan. Ketika Anda tidak menikmati liburan, otak tidak akan menyimpan ingatan apapun tentang apa yang terjadi di depan mata.

“Emosi layaknya lem yang berfungsi merekatkan memori,” ujar Marc Wittman, psikolog dan pakar persepsi waktu. Kesimpulannya, buanglah rasa cemas dan pikiran yang galau, kemudian mulailah berekspresi dan bersenang–senang dengan hari libur Anda.

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- cara membuat waktu terasa lebih lama - menulis kesan di hari libur

Artikel Terkait dan Link Sponsor

5 Tips Membuat Hari Libur Terasa Lebih Lama Post in | Last updated: September 13th, 2016 - 23 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × five =